Sponsors Link

4 Bentuk dan Makanan Untuk Ukuran Buah Zakar yang Normal Wajib Ketahui

Sponsors Link

Testis adalah organ penting bagi sistem reproduksi pria. Testis memiliki peran untuk menghasilkan hormon terstosteron dan sperma yang berguna untuk menjaga rasa seksualitas Anda dan sperma yang berfungsi untuk membuahi ovum. Menjadi organ yang cukup penting bagi pria tentu menjadi bagian yang cukup diperhatikan oleh pria. Mungkin banyak pria yang tidak mengetahui bagaimana testis normal seharusnya.

ads

Kebanyakan pria mungkin berpikir mengapa salah satunya lebih besar atau penyebab buah zakar turun berbeda dengan lainnya? Apakah hal ini normal dan dirasakan banyak pria? Mungkin pertanyaan demikian juga menyelimuti perasaan Anda. Maka, pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana testis normal seharusnya. Pembahasan akan meliputi bagaimana ukuran, bentuk dan ciri fisik lainnya sehingga testis Anda tergolong normal.

Penjelasan ini cukup penting untuk Anda ketahui agar Anda dapat menjaga kesehatan testis di luar ukuran dan bentuk testis. Sebab jika Anda mengalami gejala gejala penyakit kelamin namun Anda tidak memperhatikannya, maka ada kemungkinan penyakit ini akan berkembang dan menjadi masalah yang serius. Dengan melakukan pengamatan dan tes rutin ke dokter maka Anda telah melakukan antisipasi dini jika terjadi penyakit kelamin seperti adanya bengkak atau bahkan sel kanker pada tubuh Anda. Pengecekan juga dapat Anda lakukan saat Anda mandi atau akan tidur.

Ukuran dan Bentuk Normal Testis

Bagaimana cara melakukan beberapa pengecekan? Untuk melakukannya sendiri, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama. Sempatkan satu atau dua menit Anda untuk memutar atau memijat dengan lembut testis Anda untuk mencari tahu adakah bengkak, gumpalan, atau sejenisnya yang menyebabkan testis menjadi berbeda ukuran, bentuk, dan kekerasannya. Melakukan ini di depan cermin justru lebih efektif dan memudahkan Anda untuk mendeteksi adanya ketidak normalan pada testis Anda. Jika Anda menemukan perubahan pada testis Anda, segera hubungi dokter dan lakukan uji laboratorium lanjutan untuk memastikan kesehatan Anda. Jangan menunda agar masalah Anda segera ditangani.

Ukuran suatu testis biasanya bergantung pada kondisi kesehatannya dan banyaknya sperma yang dihasilkan. Selain itu kondisi fisik satu orang dengan yang lainnya tentu juga memengaruhi ukuran testis masing-masing. Dengan kata lain ukuran testis yang cukup besar juga akan memengaruhi tingkat atau kadar testosteron pria. Masalah ukuran testis dapat dipengaruhi oleh adanya sindrom Klinefelter atau tidak pada tubuh Anda. Jika iya, hal ini akan menyebabkan testis Anda berukuran lebih kecil pada umumnya dan menurunkan tingkat sperma yang dihasilkan sistem reproduksi Anda. Dengan kata lain, Anda akan mengalami kemandulan.

Tidak ada ukuran khusus bagi testis Anda. Sebab setiap orang memiliki keadaan fisik yang berbeda beda. Tetapi jika Anda mengalami keganjalan pada testis Anda, maka hal ini yang perlu Anda khawatirkan. Seperti adanya pengurangan produksi testosteron pada tubuh Anda yang disebut hypogonadism. Beberapa gejala yang akan Anda temui yaitu:

  • Anda merasa ada perubahan ukuran testis seperti lebih kecil dari biasanya
  • Jaringan pada payudara berkembang
  • Kuantitas rambut kelamin tidak normal
  • Bentuk tubuh yang menyerupai perempuan

Jika Anda mengalami hal yang demikian segera periksakan tubuh Anda ke dokter agar mendapt penanganan yang disebut terapi testosteron. Bisa saja masalah ukuran normal testis seseorang disebabkan karena adanya sel kanker pada tubuh Anda. Maka sangat disarankan untuk Anda agar segera ke dokter jika menemui keganjalan pada testis.

Anda juga perlu tahu bahwa testis juga memasuki masa perkembangan dan pertumbuhan. Saat awal lahir bayi pada umumnya memiliki ukuran testis sebesar 1 cm kubik. Kemudian testis akan mengalami pertumbuhan saat memasuki umur 8 tahun. Saat memasuki masa dewasa maka penis akan bertambah panjang dan besar begitu juga testis meski memiliki perubahan yang tidak signifikan. Ukuran penis umumnya memiliki panjang sekitar 2,5 sampai 5 inchi. Saat memasuki umur dewasa, rambut kelamin juga akan mulai tumbuh di skrotum dan melindungi organ kelamin Anda. Perlu diperhatikan pula bahwa salah satu testis Anda pasti menggantung lebih tinggi dan memiliki ukuran yang lebih kecil atau penyebab testis besar sebelah dari lainnya. Hal ini normal dan tidak perlu Anda khawatirkan.

Sponsors Link

Jika membahas testis, beberapa penyakit pada organ tersebut tentu menjadi perhatian yang tidak boleh dilupakan. Terlebih ada salah satu masalah kesehatan pada testis yang memerlukan perhatian Anda agar diketahui dan dicegah lebih awal. Penyakit tersebut yaitu kanker testis. Seperti apa kanker testis itu? Kanker testis memiliki gejala umum yaitu adanya pembengkakan atau benjolan yang apabila Anda pegang akan ‘berlarian’. Sehingga ada suatu sel yang berkembang di dalamnya.

Penanganan Kanker Testis

Selain itu gejala lain seperti rasa sakit saat testis tersentuh, dan testis terasa lebih berat dibandingkan saat keadaan normal, bisa menjadi tanda bahwa Anda terserang kanker testis. Biasanya kanker testis dialami oleh pria yang berumur 25 sampai 30 tahun. Jika Anda mengalami hal demikian maka segeralah ke dokter. Dokter akan memberikan bebrapa tes kesehatan.

Mulai dari darah, pengecekan melalui sinar ultra, dan beberapa langkah lainnya untuk memastikan adanya sel kanker atau benda asing yang tumbuh pada tubuh Anda.Penanganan awal yang akan dilakukan dokter untuk memberikan diagnosis yang valid atas gejala gejala yang Anda keluhkan antara lain akan dijelaskan di bawah ini:

  • Tes Fisik dan Riwayat Kesehatan
ads

Hal ini akan dilakukan oleh dokter seperti yang telah di jelaskan di awal atau seperti cara Anda melakukan tes rutin saat di kamar mandi. Tetapi dengan melakukan tes bersama dokter maka hasil yang didapat jauh lebih akurat. Dokter akan memeriksa bengkak atau benjolan atau penyebab buah zakar pada anak, perubahan, dan rasa sakit pada area testis Anda. selain itu, wawancaara atau sekadar berbagi cerit tentang riwayat kesehatan mulai dari makanan, cara berhubungan seksual, atau obat obata yang Anda gunakan sangat penting untuk dilakukan juga.

  • Uji Ultrasound

Penggunaan ultrasound ini akan mendeteksi jaringan jaringan yang ada di dalam testis Anda. Dengan kecanggihan teknologi tersebut maka hasil dari uji fisik akan lebih akurat karena perubahan yang ada di dalam akan terlihat mata. Hasil dari uji ultrasound tersebut dikenal dengan istilah sonogram.

  • Uji Darah atau Serum Penyebab Tumor

Uji atau tes ini dilakukan dengan mengambil beberapa darah Anda untuk dijadikan sampel uji laboratorium. Dengan melakukan uji laboratorium, maka dokter akan mengetahui baketri atau virus penyebar sudah menjangkit jaringan mana saja pada tubuh Anda. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mengecek jenis kanker yang telah menjangkit tubuh Anda agar penanganannya sesuai dengan jenis sel kankernya.

  • Orchiectomy

Uji tes ini adalah uji tes terakhir yang dilakukan untuk mengetes sel kanker Anda. Uji ini dilakukan dengan cara mengambil irisan pada jaringan testis untuk digunakan sebagai sampel. Kemudian sampel tersebut di lihat di mikroskop untuk melihat lebih detail sel kankernya. Hal ini juga untuk memastikan cara operasi mana yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Makanan untuk Kesehatan Buah Zakar

Selain melakukan tes rutin, ternyata makanan yang Anda konsumsi juga memberi dampak bagi kesehatan buah zakar atau testis Anda. Dengan menjaga makanan Anda, maka pencegahan atas penyakit kelamin terutama yang menyerang testis Anda dapat dilakukan lebih awal. Apa saja makanan yang dapat Anda konsumsi yang baik abgi kesehatan Anda? Berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan buah zakar Anda.

  1. Padi padian atau Biji bijian

Tidak hanya mengandung banyak karbohidrat, ternyata jenis bahan makanan tersebut mengandung mineral yang mampu menutrisi buah zakar Anda. Kandungan pada bahan tersebut akan menjaga kadar gula pada tubuh Anda. Dengan menjaga kadar gula, maka darah yang mengalir pada penis tidak akan mengganggu proses produksi testosteron atau pun sperma Anda. Banyak cara mengolah bahan tersebut. Anda tinggal memilih sesuai selera dan kebutuhan tubuh.

  1. Buah dan Sayur Kaya Vitamin C

Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C dan anti oksidan akan membantu tubuh menjaga stabilitas sistem imun pada tubuh. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan produksi sperma tidak optimal atau hasilnya akan menggumpal. Selain pencegah hal tersebut terjadi, vitamin C juga berfungsi untuk menjaga makanan yang baik untuk testis dan mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang pada testis Anda.

Sponsors Link

  1. Makanan Kaya Selenium

Zat selenium juga baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda. Zat tersebut dapat Anda temui pada bahan makanan seperti babi, salmon, beras merah, kenari, dan daging merah lainnya. Zat selenium tersebut nantinya akan berperan dan berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan sel sperma yang nantinya berkembang menjadi sel sperma yang memiliki kualitas baik.

  1. Kunyit

Siapa sangka bahan atau bumbu dapur tersebut akan menjadi bahan makanan yang baik bagi kesehatan buah zakar Anda. Baik mengonsumsinya langsung atau dalam bentuk bubuk, sama sama memberikan khasiat yang luar biasa. Kandungan curcumin pada kunyit ternayata dapat meningkatkan kesehatan testis dengan cara membunuh nikotin dan zat berbahaya yang merusak sperma Anda. Anda bisa membuat campuran jahe, kunyit, dan santan untuk dikonsumsi sebagai obat alternatif pilihan Anda. Anda juga perlu tahu bahwa cara mengobati keputihan dengan kunyit.

Demikian itulah beberapa pembahasan bagaimana ukuran bentuk buah zakar yang normal yang bisa anda ketahui, supaya anda wajib tahu untuk kesehatan kelamin anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan