Sponsors Link

7 Terapi Kondiloma Akuminata yang Aman dan Bisa Anda Coba

Sponsors Link

Kondiloma Akuminata, biasa disebut dengan kutil kelamin. Kutil tersebut sesuai namanya yaitu terletak di area kelamin, dengan jumlah satu maupun sekumpulan kutil. Penularan kutil kelamin ini melalui infeksi virus human papillomavirus atau HPV yang ditularkan ketika berhubungan seksual termasuk secara oral. Sehingga kutil ini juga dapat ditemukan di area mulut serta tenggorokan.

ads

Kutil kelamin ini berupa benjolan daging yang berbentuk bunga kol dengan ukuran yang kecil. Salah satu gejala yang timbul ialah organ intim terasa gatal hingga perdarahan ketika melakukan hubungan seksual. Area yang dapat terserang oleh kutil ini yaitu : leher rahim, vagina, perineuum, vulva, kantong zakar, penis dan kulit sekitar anus.

Penyebab Kondiloma Akuminata

Kutil tidak hanya menyerang kelamin saja, dan terdapat perbedaan kutil kelamin dengan kutil biasaCara penularan kutil kelamin yaitu melalui kontak fisik. Penyebab kutil kelamin sebagian besar disebabkan oleh tiga hal di bawah ini:

  1. Aktif seksual ketika usia muda.
  2. Sering berganti pasangan berhubungan seksual, apalagi bila pasangan seksualnya memiliki riwayat yang buruk pada kesehatan seksualnya.
  3. Pernah mengalami penyakit menular seksual.
  4. Berhubungan seksual dengan pasangan yang terkena penyakit kutil kelamin.

Pencegahan Kutil Kelamin

Munculnya kutil kelamin bukanlah sesuatu yang bisa dibiarkan begitu saja karena akibatnya dapat berbahaya. Penderita kondolima akuminata dapat mengalami kanker penis, kanker serviks, kanker anus, bahkan kanker mulut maupun tenggorokan. Tentu saja hal tersebut jangan sampai terjadi kepada Anda.

Bahaya lain dari kutil kelamin bahkan dapat membuat bayi yang dikandung wanita hamil yang terkena kondolima akuminata memiliki risiko tertular penyakit ini. Proses persalinan pun dapat terganggu apabila wanita hamil terkena kutil kelamin. Hal ini bukan merupakan hal yang baik bagi tumbuh kembang bayi Anda.

Meninjau akibatnya yang sangat berbahaya di atas, perlu dilakukan upaya pencegahan kutil kelamin sebagai berikut:

  1. Penggunaan kondom ketika melakukan hubungan seksual. Namun perlu dicatat bahwa metode ini tidak sepenuhnya memberikan perlindungan.
  2. Melakukan vaksinasi kanker serviks, yang dapat mencegah datangnya kanker serviks juga kondiloma akuminata.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan pola hidup yang sehat.
  4. Hindari berganti – ganti pasangan hubungan seksual.
  5. Saling memeriksakan diri sebelum memilih pasangan

Terapi Kutil Kelamin

Kutil kelamin yang belum parah dapat sembuh sendiri. Namun sebaiknya jika Anda menemukan kutil kelamin hendaknya segera melakukan cara pencegahan kutil kelamin supaya efek positif segera didapatkan, seperti : rasa gatal dan sakit dapat reda, risiko menyebarnya virus HPV dapat diturunkan, segera mengangkat kutil yang sulit hilang, maupun supaya pasien merasa yakin bahwa ia tidak mengalami kanker.

Kutil kelamin yang tidak kunjung ditangani juga dapat membahayakan kesehatan Anda, dan tentunya berpengaruh pula pada keharmonisan Anda dengan pasangan. Adapun terapi kondiloma akuminata yang dapat Anda lakukan yaitu :

  • Konsumsi Obat – Obatan
Sponsors Link

Obat – obatan ini sebaiknya sesuai petunjuk dan resep dari dokter. Obat – obatan yang mungkin dianjurkan oleh dokter antara lain:

  1. Podofilox, untuk dioleskan ke kutil supaya pertumbuhan sel kutil dapat berhenti. Area yang dioleskan yaitu pada bagian luar kelamin.
  2. Imiquimod, yang berguna untuk memerangi infeksi dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Sinecatechins yang dijadikan salep, terbuat dari ekstrak teh hijau. Salep ini dioleskan pada kutil kelamin yang berada di area kelamin serta anus.
  • Pembedahan. Tindakan ini diperlukan untuk mengangkat kutil dan membuangnya. Anda mungkin akan menemukan bekas operasi pada tubuh Anda namun Anda dapat melakukan cara menghilangkan bekas operasi kutil kelamin.
  • Pembekuan kutil kelamin menggunakan nitrogen cair. Pembekuan ini disebut juga sebagai teknik bedah beku atau cryosurgery.
  • Laser. Kondiloma akuminata juga bisa dihancurkan menggunakan terapi sinar laser.
  • Electrocauteryyaitu metode penghancuran kutil kelamin dengan memanfaatkan arus listrik. Metode ini disebut pula sebagai kauterisasi.
    Sponsors Link

  • Penyuntikan obat seperti Interferon pada kutil. Namun, cara ini masih perlu dievaluasi, dan sebaiknya hubungi dokter.
  • Menggunakan bahan – bahan alami atau obat kutil kelamin tradisional untuk pengobatannya. Contohnya seperti cara mengobati kutil kelamin dengan kapur sirih.

Apabila Anda menggunakan bahan alami, Anda juga perlu mempertimbangkan efek samping yang terjadi. Contohnya efek samping jika menggunakan bawang putih untuk kutil kelamin, seperti iritasi, organ intim menjadi bau, hingga reaksi alergi. Termasuk apabila Anda menggunakan obat – obatan kimia bisa jadi terdapat suatu efek samping.

Sehingga sebaiknya untuk pengobatan kutil kelamin ini, Anda mengkonsultasikan kepada dokter untuk diagnosa yang lebih tepat. Anda bisa mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin sehingga penanganan yang diberikan lebih akurat. Perlu diketahui bahwa kutil kelamin ini tidak sama seperti kutil biasa, dan metode pengobatannya pun berbeda.

Dengan berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin, kesehatan tubuh Anda dapat diperiksa secara menyeluruh termasuk memeriksa jumlah kutil kelamin yang melanda beserta letak atau posisi kutil kelamin tersebut. Dari observasi yang dilakukan, pengobatan yang ditujukan kepada Anda akan lebih sesuai dan terpantau dibandingkan Anda melakukan pengobatan sendiri tanpa konsultasi. Anda juga perlu bertanya selain mengkonsumsi obat, apakah terdapat pantangan makanan maupun kegiatan yang tidak boleh Anda lakukan sesuai hasil pemeriksaan.

Sponsors Link
, , ,