Sponsors Link

Inilah 5 Tanda-Tanda Panu Akan Sembuh yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Panu merupakan penyakit kulit yang sangat umum dialami oleh masyarakat Indonesia. Mengapa penyakit ini umum dialami di Indonesia? Salah satu alasannya adalah karena udara Indonesia yang beriklim tropis dan cukup lembab sehingga memudahkan bakteri untuk tumbuh di kulit. Penyakit ini cukup mengganggu karena cukup mudah terlihat sehingga para penderitanya pasti selalu menunggu-nunggu tanda-tanda panu akan sembuh. Apa sajakah itu?

ads

Meski penyakit panu memang merupakan penyakit yang tergolong ringan, namun Anda tidak boleh menyepelekan penyakit ini. Penyakit panu tergolong sulit sembuh dan membutuhkan ketelatenan untuk menyembuhkannya secara total. Bahkan, pada beberapa orang panu bisa mengendap selama bertahun-tahun dan tidak kunjung sembuh sampai-sampai panu menyebar ke banyak area lain di tubuh dan membutuhkan cara mengobati panu yang lebih sulit.

Panu memiliki ciri-ciri utama berupa munculnya noda berwarna putih di permukaan kulit. Dengan adanya ciri-ciri ini, maka tanda-tanda panu akan sembuh cenderung mudah untuk diamati. Berikut ini akan dibahas beberapa tanda panu akan sembuh yang mudah diamati:

  1. Kulit tidak lagi terasa gatal

Seperti penyakit kulit pada umumnya, penyakit panu juga membuat penderitanya merasakan gejala berupa gatal di area kulit yang terdapat panu. Hal ini merupakan gejala yang wajar karena bakteri dan jamur kulit yang tumbuh sebagai penyebab panu memang menimbulkan sensasi gatal pada kulit tempat mereka berkembang biak.

Oleh karena itu, jika panu mulai sembuh tanda-tanda pertama yang paling mudah diamati adalah kulit yang tadinya terasa gatal menjadi hilang rasa gatalnya. Biasanya penderita panu akan merasakan gatal yang hebat, terutama jika berkeringat atau kulit sedang lembab. Ketika panu sudah mulai sembuh, rasa gatal mulai menghilang, bahkan ketika kulit sedang lembab.

  1. Kulit tidak lagi terasa panas

Penderita yang mengalami penyakit panu di kulitnya biasanya juga akan merasakan sensasi panas, terutama ketika area panu terkena keringat. Ketika panu akan sembuh, maka penderita tidak akan merasakan sensasi seperti ini lagi ketika berkeringat. Kulit tidak akan lagi terasa panas menyengat, bahkan ketika berkeringat hebat sekalipun.

  1. Bercak panu mulai mengering

Ciri-ciri selanjutnya dari panu yang mulai sembuh adalah ketika bercak panu mulai mengering. Bakteri dan jamur yang bisa menempel di kulit melalui cara penularan panu dan menyebabkan panu lebih mudah tumbuh di kulit yang lembab, apalagi jika penderitanya termasuk orang yang mudah berkeringat. Oleh karena itu, tanda-tanda panu akan sembuh berikutnya adalah ketika permukaan kulit telah mengering.

Hal ini karena kulit yang kering bisa membuat bakteri atau jamur penyebab panu akan sulit tumbuh dan berkembang. Untuk memeriksanya Anda bisa menyentuh permukaan kulit yang terkena panu. Namun, untuk itu Anda harus berhati-hati agar kulit yang menyentuh panu tidak tertular bakteri bila ternyata panu belum benar-benar sembuh total.

  1. Bercak panu mengelupas

Seiring berjalannya waktu dan panu semakin mengering, lama-kelamaan bercak putih keperakan akibat panu akan mulai mengelupas. Hal ini akan terjadi jika penderita panu terus menjaga agar kulit tidak terlalu lembab dan tetap kering sehingga jamur penyebab panu tidak lagi bisa berkembang biak. Saat jamur telah benar-benar menghilang, maka kulit yang memiliki bercak putih panu akan mengelupas dan tergantikan oleh kulit baru yang sehat.

  1. Bercak panu memudar

Bakteri atau jamur penyebab panu juga menyebabkan kulit yang terinfeksi tampak dengan bercak keputihan atau sedikit keperakan. Bercak panu ini pun akan memudar seiring panu mulai sembuh. Hal ini bisa menjadi tanda-tanda utama panu yang memulai masa penyembuhan.

Sponsors Link

Nah, dengan beberapa tanda-tanda panu akan sembuh di atas, tentu Anda mulai menunggu saat-saat itu terjadi pada panu Anda. Untuk mempercepat penyembuhan, hendaknya Anda melakukan pengobatan panu secara rutin dan teratur, misalnya dengan cara mengobati panu dengan lengkuas. Tidak hanya itu, ketika kulit yang terkena panu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penyembuhan, jangan Anda terburu-buru menghentikan pengobatan, apalagi mulai kembali kurang menjaga kulit tetap kering. Menjaga kulit tetap kering dan melakukan pengobatan panu harus terus dilakukan hingga panu telah benar-benar sembuh dan tidak lagi menunjukkan gejala penyakit panu.

Banyak orang yang menderita panu mengeluh karena merasa panunya tidak kunjung sembuh dan tidak menghilang. Jika menghilang pun, bercak putih di kulit tidak ikut menghilang dan meninggalkan bekas. Hal ini terjadi karena para penderita penyakit panu yang cenderung hanya melakukan pengobatan tanpa melakukan kontrol terhadap faktor yang bisa menyebabkan panu. Karena hal inilah panu yang ada pada kulit tidak kunjung hilang dan tetap meninggalkan bekas di kulit.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin segera bebas dari panu dan melihat tanda-tanda panu akan sembuh, sebaiknya terus menjaga kebersihan kulit dan mnejaga kulit agar tidak terlalu basah atau lembab. Hal ini tentu saja bertujuan untuk cara mencegah penyakit panu kembali terjadi di kulit Anda. Selagi Anda melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan obat-obatan anti jamur yang banyak dijual di apotek sebagai langkah membasmi jamur kulit yang telah berkembang biak dan menyebabkan panu tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Panu