Sponsors Link

4 Tanda Biduran Akan Sembuh yang Sangat Mudah Dikenali

Sponsors Link

Biduran atau dikenal dengan nama ilmiah urtikaria adalah penyakit yang disebabkan oleh virus sehingga kulit mengalami beberapa perubahan dan keluhan yang bersifat sementara. Biduran bisa dikatakan penyakit yang ringan karena dalam waktu beberapa minggu saja sudah hilang dan keadaan tubuh Anda akan kembali sehat. Bentuk biduran untuk setiap orang tentunya berbeda. Ada yang memiliki rupa seperti gigitan nyamuk. Ada pula yang biduran dengan rupa bintik merah seperti cacar air.

ads

Cari tahu apa itu pengaruh cacar air dengan menstruasi. Ada pula yang menyerupai cincin dan berkumpul pada daerah kulit tertentu. Biduran lebih sering menjangkit kulit tubuh bagian punggung, lengan atau tidak jarang pula menjangkit wajah. Sayangnya, penyebab biduran sampai saat ini belum dikenali pasti karena apa. Salah satu penyebab yang diyakini oleh medis adalah adanya alergi tertentu sehingga tubuh tidak mampu menerima kehadiran sesuatu yang asing tersebut dan berdampak pada munculnya ruam atau bintik biduran. Cari tahu makanan penyebab biduran yang perlu untuk Anda hindari.

Penyebab Biduran

Banyak orang yang tidak mengetahui apa penyebab pasti  seseorang terjangkit biduran. Hal ini memang terjadi karena tiba-tiba dan tidak diketahui penyebabnya. Bisa jadi Anda mengalami biduran meski sedang dalam keadaan baik dan sehat serta metabolisme yang stabil. Namun dipercaya alergi terhadap sesuatu merupakan penyebab umum seseorang terserang biduran. Alergi tersebut bisa bermacam-macam. Mulai dari makanan seperti susu, ikan laut atau buah dan seyur lainnya, lingkungan, obat seperti macam macam antibiotik, atau adanya gigitan serangga. Selain di atas spekulasi penyebab lainnya yang dipercaya oleh kalangan masyarakat yaitu:

  • Suhu yang dingin secara tiba-tiba
  • Mengalami stress mulai ringan sampai berat
  • Infeksi karena virus tertentu

Penyebab ini belum pasti menjadi penyebab utama seseorang terjangkit biduran. Jadi, Anda harus tetap berwaspada jika menemui beberapa masalah kesehatan terutama pada kulit sebagai bentuk penanganan lebih dini. Baca juga khasiat daun sirih untuk biduran.

Gejala Biduran

Selain tidak memiliki penyebab yang cukup jelas, biduran juga tidak terlalu memberikan gejala yang signifikan di awal hari Anda terjangkit. Artinya, Anda akan menemui atau merasakan gejala tersebut setelah beberapa hari virus penyebab infeksi memasuki dan beraktivitas pada tubuh Anda. Lantas seperti gejala yang bisa ditemui saat biduran?

  • Demam tinggi
  • Tubuh terasa panas seperti terbakar
  • Lemas dan tidak nafsu makan
  • Kulit mengalami perubahan warna. Setiap orang memiliki bentuk bintik yang berbeda

Jika Anda menemui tubuh dalam keadaan demikian, maka disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk mencari tahu penyebabnya berdasarkan keluhan Anda. Dokter akan melakukan beberapa uji medis untuk memastikan diagnosis yang tepat dan penanganan yang harus diberikan. Jangan pernah menunda dalam melakukan konsultasi, agar biduran segera sembuh dan tidak semakin parah. Tahukah Anda obat biduran alami yang dikenal ampuh?

Tanda Biduran Akan Sembuh

Jika Anda telah berobat ke dokter, tentunya Anda akan mendapatkan obat dan beberapa saran yang tepat. Lakukan dan selalu ingat untuk mengonsumsi obat secara rutin agar penyembuhan berlangsung lebih cepat. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai tanda bahwa biduran yang menjangkit tubuh sudah mulai sembuh. Apa saja tanda tanda tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Demam mulai turun
Sponsors Link

Tanda pertama yang bisa menjadi patoka bahwa biduran Anda sudah mulai sembuh yaitu suhu tubuh yang berangsur kembali normal. Hal ini menunjukkan bahwa obat telah bekerja dengan baik. Selain obat, istirahat yang cukup juga memberikan peran atas sembuhnya biduran Anda. Sehingga, disarankan jika Anda ingin suhu tubuh kembali normal, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi obat serta memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Tetap disarankan meminum obat sampai habis meski demam mulai turun. Ini bertujuan untuk membunuh virus penyebab penyakit.

  1. Bintik pada kulit mulai menghilang

Tanda kedua yang bisa menjadi patokan yaitu bintik atau ruam pada kulit Anda mulai menghilang. Hal ini mengindikasikan bahwa virus penyebab penyakit biduran mulai menghentikan aktivitasnya sehingga sistem pada tubuh kembali membaik tanpa adanya gangguan akibat aktivitas virus. Anda bisa memeriksakan diri secara berkala ke dokter untuk mengetahui adanya perubahan pada kulit tubuh Anda. Baca pula jenis-jenis ruam kulit yang perlu Anda ketahui.

  1. Nafsu makan mulai membaik

Tanda selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu adanya perubahan nafsu makan. Jika nafsu makan Anda kembali normal, ini menandakan bahwa sistem pada tubuh terutama daya tahan kembali bekerja seperti umumnya keseharian Anda. Ini menjadi tanda yang baik sebab lambat laun Anda akan kembali sehat. Jangan lupa untuk berkonsultasi terkait makanan yang boleh dan dilarang untuk dikonsumsi saat tubuh hampir kembali pulih. Sebab beberapa orang masih dilarang untuk memakan jenis bahan makanan tertentu yang membuat biduran Anda kembali menyerang tubuh.

ads
  1. Mampu beraktivitas kembali

Ketika tubuh telah memasuki daya tahan tubuh yang stabil dan virus penyebab infeksi telah mati dan tidak melakukan beragam aktivitas lagi di tubuh, maka tentunya Anda memiliki tenaga dan semangat untuk menjalani hari. Ini menjadi tanda bahwa biduran Anda telah sembuh total. Jangan lupa untuk menjaga tubuh dalam keadaan yang baik dan sehat jika telah kembali normal. sebab selalu ada kemungkinan biduran akan kembali menjangkit jika Anda tidak peduli terhadap kesehatan. Benarkah khasiat air kelapa untuk biduran sangat bagus?

Tanda di atas tidak mutlak menjadi penanda bahwa biduran Anda telah sembuh. Sebab setiap orang memiliki tanda masing masing untuk mengetahui apakah biduran yang dialami telah sembuh atau belum. Oleh karena itu, selalu disarankan agar pasien melakukan cek kesehatan minimal satu minggu sekali untuk meninjau perkembangan dan perbaikan tubuh Anda. Umumnya, biduran ringan tanpa disertai penyakit lainnya akan sembuh setelah 6 minggu terjangkit. Waktu tersebut juga bukan ukuran mutlak. Bisa jadi biduran Anda lebih lama atau lebih cepat sembuhnya.

Hal yang perlu diperhatikan saat biduran

Ketika Anda terjangkit biduran, selain dilarang mengonsumsi beberapa makanan yang akan memperparah kondisi penyakit Anda, ada pula beberapa kegiatan atau hal yang juga tidak diperkenankan untuk Anda lakukan. Ketahui beberapa hal penting tersebut dengan menyimak penjelasan berikut.

  • Tidak menggaruk bagian tubuh yang biduran.

Biduran adalah penyakit kulit yang tentunya menyebabkan rasa gatal pada bagian tubuh. Hal ini harus dibiarkan. Jangan sampai menggaruk adalah pilihan Anda untuk mengurangi rasa gatal. Jika Anda lakukan, maka biduran akan semakin parah dan virus penginfeksi akan menyebar pada area tubuh Anda yang lain.

  • Jangan menggunakan baju yang ketat

Kenyamanan Anda dalam berpakaian juga perlu diperhatikan selain makanan. Hal ini tentunya dikarenakan biduran adalah penyakit kulit sehingga baju yang bersentuhan dan  berinteraksi langsung dengan kulit Anda juga perlu diperhatikan. Jika baju terlalu ketat dan tidak menyerap keringat, tentu biduran tidak memiliki ruang untuk mendapat oksigen yang cukup serta adanya keringat yang tidak terserap secara sempurna mengakibatkan bakteri keringat menambah deretan masalah kulit Anda.

  • Jangan mengonsumsi makanan yang menyebabkan alergi

Seperti penjelasan di atas, makanan juga berpengaruh dalam menjaga kesehatan dan kesembuhan biduran Anda. Beberapa orang memiliki daftar makanan tertentu yang menyebabkan alergi. Anda bisa memberi tahu dokter terkait makanan yang menyebabkan Anda alergi agar dokter tahu penyebab biduran Anda jika sewaktu waktu semakin parah. Jadi, usahakan untuk menghindari makanan yang membuat tubuh alergi. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang alergi terhadap obat dan hal tertentu lainnya.

Pengobatan untuk Penyakit Biduran

Sponsors Link

Bagi Anda yang mengalami biduran, sebenarnya tidak ada pengobatan khusus yang dibutuhkan untuk mengatasi biduran. Sebab secara alami, tubuh Anda akan sembuh dengan sendirinya jika Anda menjaga pola makan dan memiliki waktu isitrahat yang berkualitas. Akan tetapi, jika biduran Anda disertai dengan beragam penyakit lainnya yang membuat biduran semakin parah, maka dibutuhkan pengobatan khusus yang diberikan dokter setelah melakukan pemeriksaan.

Beberapa gangguan lain yang menyertai biasanya yaitu adanya pembengkakan pada kulit yang ruam atau berbintik, tangan atau kaki, dan mengalami masalah pernapasan seperti sesak napas. Dalam keadaan yang demikian lah, biduran membutuhkan penanganan khusus berupa obat atau saran lain dari dokter yang lebih relevan. Selama mengalami biduran. Disarankan agar pasien mengonsumsi makanan yang sehat yang tidak menyebabkan alergi, mengonsumsi air putih yang cukup yaitu sehari kurang lebih 2 liter, dan menghindari beberapa kegiatan yang menyebabkan iritasi dan luka pada kulit. Baca pula khasiat jahe untuk mengobati biduran.

Biduran memang bukan masalah serius yang menular atau mematikan. Secara alami penyakit satu ini akan hilang dengan sendirinya. Meski demikian, jika Anda menemui beberapa gejala yang telah disebutkan di atas pada tubuh, segera ceritakan pada dokter untuk memastikan penyakit tersebut. Selain itu, disiplin dalam memilih makanan dan menjaga kualitas istirahat juga diperlukan agar biduran segera sembuh. Jangan sampai Anda mengabaikan hal tersebut dan pada akhirnya biduran semakin parah karena adanya penyakit lain yang menyertai. Sekian penjelasan mengenai biduran dan tanda yang bisa Anda amati ketika biduran mulai sembuh. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Sponsors Link
, , ,