Sponsors Link

15 Skin Care untuk Wajah Dehidrasi Terbukti Berkhasiat Manjur Untuk Kulit

Sponsors Link

Kulit kering bersisik dan keriput rawan dehidrasi dengan ciri-ciri, yaitu kulit menjadi perih dan pecah-pecah atau terkelupas, kulit kusam, serta penyebab kulit kering bersisik dengan tekstur kasar. Akibatnya, memakai kosmetik apapun tidak akan menempel dengan baik. Sudah tahu belum jenis kulit Anda? Kenali terlebih dahulu jenis kulit, kemudian cari tahu cara mengatasi kulit kering dan kulit dehidrasi. Namun, ternyata kulit juga bisa dehidrasi pada kulit kering, kulit berminyak juga bisa. Kulit dehidrasi disebabkan oleh kurangnya kandungan air pada kulit. Kunci utama untuk menjaga hidrasi kulit adalah konsumsi air putih yang cukup dan memakai produk skin care yang tepat. Artikel ini akan membahas tentang skin care wajah dehidrasi. Berikut ulasannya.

ads
  1. Muka Dibersihkan dengan Cleansing Balm & Milk

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleansing milk atau cleansing balm yang paling ramah untuk kulit kering karena dua produk tersebut memiliki tekstur yang lembap. Kulit menjadi lebih lembap sehingga tidak terasa semakin kering dan tertarik. Cleansing milk tidak akan memberikan rasa perih.

  1. Pakai Sabun Cuci Muka tanpa SLS dengan pH Rendah

Hati-hati dalam memilih sabun cuci muka karena banyak jenis sabun cuci muka yang mengklaim untuk kulit kering malah membuat kulit tertarik. Hal utama yang menjadikan sabun cocok untuk kulit kering adalah kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Selain itu, hindari juga sabun cuci muka yang mengandung SLS dan pH rendah.

  1. Gunakan Hydrating Toner

Gunakan hydrating toner setelah cuci muka untuk mengembalikan kelembapan kulit. Pilih hydrating toner  yang mengandung gliserin dan hyaluronic acid sehingga bisa melembapkan. Jenis toner bermacam-macam antara lain disemprot, diulaskan dengan kapas, dan hanya ditepuk-tepuk dengan tangan.

  1. Tambahkan Serum Hyaluronic Acid

Setelah toner meresap, lanjutkan dengan pemakaian serum yang mengandung Hyaluronic Acid. Serum ini lebih cepat menyerap sehingga kulit muka tidak terasa berat. Cobalah, kulit dijamin akan terasa nyaman.

  1. Gunakan Face Oil

Kulit kering harus dilembapkan dengan produk yang berminyak. Kulit tidak akan terasa berat karena berminyak asalkan memilih produk dengan benar dan tahu caranya. Face oil bisa dipakai sebagai serum atau menggantikan pelembap. Jika merasa tidak nyaman, pakailah face oil pada malam hari sebelum tidur.

  1. Gunakan Hyaluronic Acid Intensive Cream

Produk yang mengandung hyaluronic bisa meningkatkan kelembapan kulit. Hyaluronic acid juga menjadi antioksidan yang memperbaiki sel kalurulit dan memperlambat proses penuaan kulit. Kandungan ini juga bisa memberikan hidrasi pada kulit tanpa meninggalkan tekstur yang berat dan greasy. Produk ini benar-benar cocok untuk kulit kering hingga normal.

  1. Gunakan Produk Black Snail Filtrate

Pilihkan produk yang mengandung 90% Black Snaik Filtrate. Produk ini bisa menjadi pelembap yang menghidrasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi dan keadaan buruk lingkungan lainnya. Produk seperti ini juga bisa mengatasi beragam masalah kulit seperti pori-pori yang besar, komedo, kulit kasar, kulit kusam, dark spot, bekas jerawat, bahkan menjadi cara mengencangkan kulit wajah. Black Snail Filtrate juga baik untuk kulit sensitif.

  1. Gunakan Produk Water Bank Gel Cream

Produk Water Bank yang umumnya berupa gel cream diformulasikan untuk meningkatkan hidrasi kulit secara maksimal. Fungsi produk ini antara lain menghidrasi dan mengunci kelembapan serta mendinginkan dan menenangkan kulit. Ada beberapa efek instan yang dapat dirasakan, yaitu kulit terasa lembut  dan dingin, tidak mengkilat, serta terasa lembap tanpa dry spots. Produk gel cream ini cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

Sponsors Link

  1. Gunakan Snail Bee High Content Lotion

Produk dari lendir siput (snail bee) sangat cocok untuk jenis kulit berminyak,  kombinasi, atau mudah berjerawat (acne prone). Produk ini bisa menghidrasi kulit karena lotion ini diformulasikan dengan snail secretion filtrate yang mampu memperbaiki jaringan kulit dan menyamarkan dark spot. Selain itu, produk seperti ini juga mengandung hyaluronic acid yang meningkatkan kadar kelembapan kulit dan memberikan hidrasi secara mendalam.

  1. Gunakan Produk Ultra Waterfull Clear Cream

Khusus untuk kulit berminyak yang berdehidrasi sebaiknya menggunakan produk berupa ultra waterfull clear cream. Produk seperti ini dapat mengontrol sebum wajah dan menyeimbangkan kadar kelembapan kulit.  Pelembap ini biasanya berbentuk gel sehingga bisa melembapkan kulit secara maksimal tanpa meninggalkan rasa lengket dan berminyak di kulit. Produk ini juga bisa menjadi cara mencegah penuaan kulit wajah.

  1. Pakailah Sheet Mask
ads

Pakailah sheet mask saat senggang pada malam hari sebelum tidur. Sambil bersantai sejenak, keadaan kulit juga dalam kondisi cukup lembab terutama setelah mandi. Baca aturan pakai di balik kemasan sheet mask karena setiap masker memiliki prosedur yang berbeda. Untuk menghidrasi kulit sebaiknya pilihlah sheet mask yang mengandung green tea, bunga mawar (rose), khasiat alpukat untuk kulit, dan mentimun.

  1. Gunakan Water Sleeping Mask

Produk Water Sleeping Mask dari Korea Selatan sedang hits dan nyata pengaruhnya bagi kulit. Produk ini bisa memperbaiki kulit saat tidur dengan efek mousturizing. Gunakan produk ini 3 hingga 4 kali per minggu. Pakailah krim berbentuk gel ini secukupnya ke seluruh permukaan wajah, kecuali area mata and mulut. Biarkan saja krim menyerap saat tertidur. Saat bangun pada pagi hari, bersihkan wajah dengan pembersih yang cocok dengan jenis kulit.

  1. Gunakan Hydrating Product

Bersihkan muka dengan face wash atau miscellar water di pagi hari. Sebaiknya tidak langsung mengeringkan wajah dengan handuk. Saat wajah masih dalam keadaan basah, segera aplikasikan hydrating product yang diikuti dengan moisturizer dan diakhiri dengan sunscreen. Jika memiliki tahapan atau jenis skincare yang lebih banyak tentu lebih baik. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah tepuk-tepuk wajah secara perlahan tiap kali selesai mengaplikasikan satu produk.

Ketahui terlebih dahulu tentang perbedaan hydrating product dengan moisturizer. Hydrating product adalah tipe skin care yang berfungsi melembapkan kulit wajah. Sedangkan moisturizer berfungsi sebagai sealer atau pengunci kelembapan permukaan kulit. Jadi, kulit harus lembap terlebih dahulu sehingga selanjutnya bisa memakai moisturizer. Penggunaan hydrating product sebelum moisturizer sangat penting terutama untuk tipe kulit kering. Saat ini sudah banyak skin care hydrating product yang juga berperan sebagai moisturizer sehingga tidak perlu membeli dua produk. Aplikasikan produk tersebut dalam 2-3 layer sangat direkomendasikan untuk jenis kulit yang kering terutama saat cuaca panas dan suhu udara tinggi.

  1. Facemist dan Sunscreen

Dalam pemakaian make up terdapat istilah touch up agar muka tetap dalam kondisi yang rapi dengan kosmetik tetap melekat. Begitu pula dengan skin care, pengaplikasian ulang moisturizer sangat direkomendasikan setelah wudhu atau kondisi yang mengharuskan terkena air seperti berkeringat. Saat ini telah tersedia produk pelembab dan penyegar berbentuk face mist agar wajah tetap segar. Aplikasikan ulang perawatan wajah saat siang hari dengan face mist sehingga menjadi lebih mudah dan ringkas tanpa menghapus dan mengulang make up dari awal. Pilihlah facemist yang bisa memberikan efek hydrating dan moisturizing yang tidak hanya mengandung air.

Tubuh yang dehidrasi akan berpengaruh ke wajah terutama saat sedang berpuasa atau saat berada di tempat yang sangat panas. Berbeda dengan kulit kering berdasarkan kondisi alaminya, kulit wajah dehidrasi biasanya terjadi karena faktor eksternal seperti cuaca, konsumsi makanan, lingkungan, dan sebagainya. Setelah tahu cara agar terhindar dari kulit wajah dehidrasi sebaiknya disertai dengan minum air putih yang cukup. Selain itu, makanlah buah-buahan yang memiliki kandungan air yang banyak sebagai alternatif untuk mendukung skin care routine agar terhindar dari dehidrasi kulit. Jenis skin care ini sangat populer di Korea dan mulai merambah ke Indonesia. Orang-orang Indonesia yang memang tidak mau kalah biasanya ikut memakai skin care karena suka menonton drama Korea. Para aktris yang tergolong muda biasanya memiliki wajah yang sangat bagus dan cerah (glowing). Ingatlah untuk mengaplikasikan produk perawatan wajah ke kulit yang masih basah. Basah artinya belum dikeringkan dengan handuk setelah mencuci muka.

Sponsors Link

Ada aturan main lainnya dari skin care agar maksimal diterima oleh wajah, yaitu 3 seconds rule. Apakah 3 seconds rule? Jarak antara kegiatan mencuci muka dan mengaplikasikan skin care tidak boleh lebih dari tiga detik. Hasilnya adalah wajah menjadi lebih lembab karena produk perawatan wajah yang digunakan akan mengunci lebih banyak air setelah mencuci muka. Aturan main ini sangat cocok untuk kulit kering, tetapi kulit berminyak yang dehidrasi juga bisa menerapkannya. Tidak sulit untuk mengatasi wajah yang dehidrasi terutama bagi para penduduk daerah tropis seperti Indonesia. Kemauan dan ketekunan untuk merawat wajah juga diperlukan karena untuk mendapatkan wajah yang cerah dan sehat tidak mudah. Perawatan kulit (skin care) membutuhkan waktu yang cukup lama karena tidak ada yang instan untuk memperoleh kulit sehat yang berlangsung lama dan awet muda.

Hal yang perlu diingat dari kulit dehidrasi adalah dampak yang ditimbulkan sehingga sebaiknya mencegah dehidrasi daripada mengobatinya. Segala sesuatu memang seharusnya dicegah karena pengobatan itu melelahkan dan merepotkan. Terlebih saat kulit dehidrasi pasti tidak mengenakkan. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mengatasi dehidrasi daripada mencegahnya. Ada 14 tahap yang harus dilakukan seperti pembahasan artikel ini, sedangkan pencegahan hanya perlu minum air putih yang cukup dan menjaga kelembapan dengan pelembap (moisturizer) yang harganya jauh lebih murah juga. Layaknya pengobatan penyakit, kulit yang dehidrasi juga harus diobati dengan biaya yang tidak murah.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan