Sponsors Link

Tidak Usah Operasi, 12 Salep untuk Mengobati Keloid Terbukti Berkhasiat Ampuh!

Sponsors Link

Tahukah Anda apa itu keloid? Ciri-ciri keloid adalah luka pasa kulit yang mirip benjolan tetapi memiliki ketebalan yang begitu nampak mata. Biasanya keloid menyerang dada, kepala, atau bahu Anda. Keloid umumnya menyerang anak berumur 10 tahun atau dapat juga yang berumur dewasa sekitar 30 tahun. Beberapa studi mengatakan bahwa keloid termasuk kelainan yang dibawa genetik. Itu artinya, bagi keluarga yang memiliki riwayat keloid, maka keturun keturunannya memiliki resiko terjangkit keloid pula.

ads

Penyebab keloid membesar adalah adanya luka pada kulit. Biasanya luka seperti luka bakar, tato, luka tindik, atau cakar adalah penyebab umum. Karena adanya gangguan pada jaringan kulit, maka luka tersebut menjadi tebal dan berubah warna. Tentunya keadaan tersebut membuat Anda merasa tidak percaya diri. Tetapi Anda tak perlu khawatir sebab keloid dapat di atasi dengan beragam cara diantaranya:

  • Operasi
  • Suntik
  • Laser
  • Obat salep
  • Radiasi

Kali ini akan dibahas cara menghilangkan keloid Anda dengan menggunakan obat oles atau salep. Simak baik baik penjelasannya.

Salep untuk Penyembuhan Keloid

Bagi Anda yang terkena keloid, Anda tak perlu cemas karena keloid dapat disembuhkan dengan beberapa obat oles. Obat oles ini bisa Anda dapatkan di berbagai apotek. Tapi dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan obat obat berikut atas saran dokter setelah melakukan konsultasi terlebih dahulu. Apa saja obat oles tersebut? Mari cari tahu pada penjelasan di bawah.

  1. Obat Oles Contractubex

Obat oles jenis ini lebih sering dan sangat dianjurkan digunakan oleh penderita keloid. Selain keloid, contractubex juga bisa digunakan untuk jenis penyakit kulit lainnya yang bersifat tidak menular. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Aplikasikan obat pada daerah yang terkena keloid. Gunakan rutin sambil dipijatkan selama dua sampai tiga menit.

Dalam sehari Anda boleh mengoleskan obat ini dua sampai tiga kali. Untuk gejala yang masih awal biasanya membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 4 minggu. Tetapi jika luka sudah tergolong lama, maka penyembuhan membutuhkan waktu yang lebih lama pula sekitar 2 sampai 3 bulan. Jika Anda mengalami alergi terhadap obat ini dengan munculnya gejala panas, memerah, dan gatal yang luar biasa, maka hentikan pemakaian dan segera menghubungi dokter untuk mendapat penyembuhan serte saran obat alternatif lainnya.

  1. Obat oles heparin

Obat oles selanjutnya yaitu heparin. Beberapa kandungan yang ada pada heparin yaitu: benzyl nicotinate, heparin sodium, dan benzocaine. Heparin bekerja dengan cara menyembuhkan terlebih dahulu pusat inflamasi Anda, setelah itu akan menyembuhkan gejala gejala lainnya  yang muncul pada tubuh. Dosis yang dibutuhkan dalam penggunaan heparin lebih sedikit dibandingkan contractubex.

Dalam sehari Anda bisa mengaplikasikannya dua sampai tiga kali secara perlahan pada kulit yang terjangkit keloid. Aplikasikan secara rutin sampai Anda mengalami perubahan yang baik pada kulit. Jika terjadi alergi hentikan pemakaian dan segera hubungi dokter. Ada juga obat tradisional untuk keloid.

  1. Dermatrix

Obat oles yang ketiga yang bisa Anda gunakan untuk mengobati keloid yaitu dermatix. Dermatrix ini memiliki sifat yang berbeda dengan obat oles sebelumnya. Obat ini mudah meresap ke kulit sehingga tidak menimbulkan bekas setelah penggunaan. Sehingga penggunaannya pun tidak terlalu rumit. Anda tinggal mengaplikasikan secukupnya pada kulit yang terjangkit keloid.

Sponsors Link

Tidak hanya menyembuhkan dasar kulit, dengan sifatnya yang mampu meresap, maka dermatrix juga akan membantu mengurangi rasa panas dan gatal yang juga merupakan gejala keloid Anda. penyembuhannya pun juga terbilang cukup singkat. Dalam waktu kurang lebih 4 minggu Anda akan merasakan kulit Anda mulai membaik.

  1. Obat oles clearwater

Sifat obat ini hampir sama dengan dermatrix. Selain menyembuhkan keloid, obat oles tersebut juga mampu membantu adanya sel sel baru. Obat ini juga dapat digunakan oleh ibu yang telah melahirkan untuk mengurangi stretch mark pada bagian tubuh tertentu Anda.

Gunakan obat oles tersebut dua kali sehari. Untuk hasil yang optimal, Anda dapat mengaplikasikannya sesaat sebelum tidur. Untuk luka yang masih tergolong awal tentu proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lebih singkat sekitar 4 minggu. Sedangkan untuk luka yang cukup lama, maka penyembuhan yang dibutuhkan sekitar 3 bulan.

  1. Obat oles vishnevsky

Obat ini cenderung berfungsi untuk menghilangkan bekas atau perubahan pada kulit yang terserang penyakit keloid. Jadi dapat disimpulkan obat oles tersebut lebih disarankan pasca keloid sembuh. Sebab jika digunakan untuk mematikan bakteri penyebab infeksi, vishnevsky dirasa kurang cukup berhasil. Obat oles ini biasanya juga digunakan untuk penyembuhan luka pasca operasi.

ads

Pengaplikasian obat ini juga mudah seperti obat oles pada umunya. Penggunaannnya lebih baik sesuai saran dokter karena dosisnya tergantung seberapa parah keloid Anda dan juga bergantung pada umur Anda. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu, Anda juga bisa mengetahui apakah Anda alergi terhadap bahan bahan yang terkandung atau tidak. Sehingga kesehatan lebih terjamin.

  1. Obat oles methyluracil

Obat lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu methyluracil. Obat tersebut tidak hanya membantu menyembuhkan keloid Anda, melainkan juga membantu terbantuknya sel baru lagi. Apabila obat oles yang digunakan biasanya membutuhkan dua sampai tiga kali penggunaan dalam sehari, maka methyluracil hanya membutuhkan sekali saja dalam satu hari untuk penggunannya. Obat ini akan memebrikan hasil setelah 15 sampai 30 hari penggunaan. Apabila tidak terjadi perubahan selama penggunaan dan atau adanya alergi pula, maka segera konsultasikan kepada dokter untuk penanganan yang lebih lanjut. Anda bisa mencoba cara menghilangkan keloid dengan bawang merah.

  1. Salep zinc

Obat satu ini juga cukup terkenal karean sifatnya anti flamasi, anti virus, dan anti bakteri, maka dapat digunakan untuk penyembuhan keloid Anda. Selain menyembuhkan keloid, obat ini juga mampu melindungi kulit dari bermacam masalah kulit. Isi obat ini lebih seperti gel yang memiliki sifat dingin saat diaplikasikan. Sehingga cocok untuk meredakan rasa panas yang menjadi gejala keloid. Anda cukup mengaplikasikan obat tersebut pada area yang terkena keloid dua sampai tiga kali sehari. Dalam waktu sebulan Anda akan menemukan keadaan kulit Anda yang semakin membaik. Namun jika sebaliknya, maka hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat alternatif lainnya.

  1. Salep Tetracycline

Tetracycline mengobati keloid dengan membunuh bakteri atau patogen penyebab keloid dengan cara menghambat pertumbuhannya. Setelah itu membantu perbaikan sel sel kulit yang terjangkit keloid. Anda dapat mengaplikasikannya tidak hanya pada kulit yang terkena keloid, namun juga dapat pada daerah sekitar luka yang ada. Ini juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar luka keloid Anda.

Dosis yang digunakan umumnya sesuai dengan anjuran dokter. Sehingga dibutuhkan adanya konsultasi terlebih dahulu agar dosisnya tepat. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan oleh obat jenis ini pun juga beragam tergantung tingkat parahnya keloid. Bagi Anda yang laergi terhadap kandungan pada obat tersebut, maka katakan pada dokter agar dokter memberikan obat alternatif yang sesuai.

  1. Salep Solcoseryl

Obat oles satu ini bisa menjadi solusi atau pilihan Anda selain yang telah disebut di atas. Sebelum menggunakannya, usahakan kulit Anda telah bersih dan kering. Aplikasikan solcoseryl pada kulit dan sekitarnya yang terkena keloid. Anda bisa menggunakannya satu atau dua kali dalam sehari. Gunakan rutin agar mendapat hasil yang optimal. Biasanya perubahan akan dapat dilihat setelah 4 minggu penggunaan. Jika terjadi alergi, segera konsultasikan kepada dokter. Baca juga efek samping menggunakan bawang putih untuk keloid.

  1. Obat oles chinese

Obat oles selanjutnya yang direkomendasikan yaitu chinese. Sebelum menggunakannya, pastikan kulit Anda telah bersih dan kering. Kemudian aplikasikan pada kulit yang terkena keloid. Diamkan dalam waktu dua sampai tiga menit. Kemudian basuh kulit Anda bisa menggunakan kain basah atau diusap secara halus menggunakan handuk. Lakukan hal tersebut secara rutin tiga kali sehari agar proses penyembuhan segera nampak. Biasanya penggunaan obat ini membutuhkan waktu sekitar 30 hari sampai luka keloid benar benar sembuh.

Sponsors Link

  1. Obat oler rescuer

Obat jenis ini memiliki kandungan bahan yang lebih alami dibanding obat lainnya. kandungan tersebut antara lain: vitamin E, propolis, minyak ekstrak lavender, minyak daun teh, rosemary. Dengan melihat kandungannya, tentu obat ini membantu penyembuhan keloid dengan lebih aman. Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Aplikasikan sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. Maka, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Setiap orang memiliki dosis yang berbeda beda. Masa penyembuhan masing masing orang juga berbeda. Tergantung seberapa parah keloid yang menjangkit kulit Anda.

  1. Obat oles hydrocortisone

Sifat obat satu ini sama dengan obat obat lainnya yaitu membunuh bakteri penyebab keloid dengan menghentikan pertumbuhannya. Hydrocortisone memiliki sifat anti inflamasi dan memiliki rasa dengan sensasi dingin sehingga dapat menghilangkan rasa panas saat keloid menyerang. Cara menggunakannya pun mudah. Aplikasikan obat tersebut dua sampai tiga kali sehari. Saat mengaplikasikannya, Anda juga dapat memijatnya perlahan laha. Lakukan rutin selama 30 hari dan obat akan memberikan hasil yang baik. Namun, obat ini jika bisa menyebabkan alergi pada beberapa penggunanya. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya, konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Di atas telah disebutkan beragam salep yang bisa digunakan mengurangi gejala keloid Anda. apapun obatnya, pastikan telah mendapat persetujuan dari dokter. Sebab umumnya obat salep tersebut menimbulkan alergi pada sebagian pasien yang tidak tahu. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Anda dan keloid Anda cepat sembuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan