Sponsors Link

3 Salep untuk Mengobati Herpes di Bibir Terbukti Paling Ampuh

Sponsors Link

Herpes memiliki banyak jenis. Salah satunya herpes di bibir atau lebih dikenal dengan herpes simplex. Tak perlu khawatir, herpes ini dapat ditangani meskipun sulit untuk disembuhkan dengan sekadar menggunakan obat atau salep. Namun, menggunakannya juga dapat membantu mengurangi gejala Anda. Penjelasan beberapa salep yang bisa digunakan adalah sebagai berikut. Cari tahu tentang penyebab herpes di bibir.

ads
  1. Acyclovir

Acyclovir merupakan salah satu salep yang bisa digunakan oleh Anda untuk mengobati herpes di bibir atau sekitar mulut. Pada umumnya obat jenis ini tidak mematikan virus penyebab infeksi secara total. Sehingga dampaknya hanya mampu mengurangi gejala dan keparahan yang Anda alami. Untuk mengobati herpes secara total, Anda perlu beberapa perawatan medis dan juga rangkaian terapi yang dianjurkan oleh dokter.

Selain mengobati herpes, acyclovir juga digunakan untuk kepentingan mengobati luka yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salep ini akan membantu luka cepat mengering dan mengurangi rasa gatal yang sering muncul akibat aktivitas virus atau bakteri pada luka Anda. Tidak hanya mengobati herpes dan luka, acyclovir juga bisa diandalkan untuk mencegah adanya virus yang semakin menyebar pada tubuh Anda karena adanya infeksi yang semakin parah.

Pasien yang menderita herpes di bibir atau sekitar mulut, jika Anda ingin menggunkan acyclovir, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda tidak alergi pada bahan yang terkandung di dalamnya. Jika Anda alergi, jelas herpes Anda akan semakin parah. Sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apakah obat ini cocok untuk Anda gunakan. Selain itu, perhatikan pula dosis yang dibutuhkan. Masing-masing pasien memiliki kebutuhan atau takaran yang berbeda. Terlebih jika umur mereka berbeda. Tentunya dosisnya juga berbeda. Hal ini juga perlu dikomunikasikan oleh dokter Anda. Cari tahu bagaimana cara mengobati herpes dengan kunyit.

Selain dosis, ada hal penting lain yang juga harus diperhatikan. Hal tersebut yaitu masa dan cara penyimpanan. Acyclovir perlu didimpan di suhu normal suatu ruangan. Obat ini tidak dapat disimpan atau terkena matahari secara langsung dan juga tidak boleh terkena tempat yang terlalu lembab. Oleh karena itu, biasanya disarankan disimpan pada kotak obat khusus yang memiliki tempat yang sesuai dan jauh dari jangkauan anak-anak dan juga hewan peliharaan jika Anda memilikinya. Hal penting lainnya lagi, hentikan pemakaian jika Anda mengalami perubahan atau justru herpes semakin memburuk setelah beberapa hari menggunakan obat tersebut. Jangan lupa untuk berobat ke dokter demi mendapat penanganan yang tepat.

  1. Famcyclovir

Obat selanjutnya yang bisa digunakan yaitu famcyclovir. Obat ini juga memiliki fungsi yang sama seperti obat lainnya untuk meredakan luka atau herpes di sekitar mulut dan bibir. Selain daerah bibir, obat ini juga bisa digunakan untuk mengurangi herpes di sekitar kemaluan dan anus. Sama seperti obat herpes lainnya, famciclovir hanya mampu mengatasi gejala dan tidak dapat digunakan untuk mengobati herpes secara tuntas. Sehingga suatu saat jika sistem Anda menurun, maka ada kemungkinan Anda akan terkena herpes kembali. Obat ini tidak dapat diandalkan untuk mengobati dan membunuh virus secara tuntas. Sama seperti obat sebelumnya, famciclovir dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal akibat luka yang muncul karena herpes yang Anda rasakan. Cari tahu perbedaan herpes zooster dan herpes genital.

Masih sama dengan obat sebelumnya, famciclovir juga memiliki dosis yang sesuai dengan kebutuhan dan umur penderita. Sehingga disarankan agar pasien mengonsultasikan hal ini kepada dokter terlebih dahulu agar dosis sesuai dan tidak memberikan efek samping yang memperburuk kesehatan Anda. Ceritakan pula riwayat alergi Anda terhadap beberapa jenis obat yang nantinya akan membantu dokter memberikan beberapa alternatif yang setara dengan famcyclovir.

Hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu adanya beberapa efek samping yang bisa Anda dapatkan karena beberapa faktor. Berikut beberapa efek samping yang mungkin Anda alami yaitu:

  • Adanya ruam pada kulit disertai rasa gatal
  • Pusing, bahkan menyebabkan mual dan muntah
  • Mati rasa
  • Sistem pencernaan terganggu sehingga mengalami diare
Sponsors Link

tidak semua penderita akan mengalami hal demikian. Jika iya, maka segera lakukan pemeriksaan dan untuk sementara waktu hentikan penggunaan. Jika terdapat indikasi bahwa tubuh tidak mampu menerima obat tersebut berdasarkan hasil tes medis, maka dokter akan menyarankan Anda untuk berhenti menggunakan obat tersebut dan menggunakan obat alternatif. Bagaimana cara mendiagnosa herpes genital?

  1. Valacyclovir

Obat lain yang bisa Anda andalkan yaitu valacyclovir. Seperti obat herpes umumnya, valacyclovir tidak mampu membunuh virus sepenuhnya dan mampu menjamin tidak akan muncul kembali. Dibutuhkan perawatan dan terapi herpes agar penyakit ini tidak muncul kembali. Jadi dapat dipastikan menggunakan obat apapun dalam mengobati herpes, sejatinya herpes tidak dapat disembuhkan secara total. Penggunaan obat ini juga disesuaikan dengan keluhan serta umur pasien. Maka, silakan Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu oleh dokter agar mendapat dosis yang tepat sebelum menggunakannya. Anda perlu membaca tentang antibiotik untuk herpes.

Sama halnya dengan penggunaan obat lainnya, valacyclovir juga akan memberikan efek samping untuk pasien tertentu. Efek samping ini tidak selalu dialami oleh pengguna. Jika mengalaminya, berikut beberapa efek samping tersebut.

  • Mual yang disertai dengan muntah
  • Sakit kepala yang terkadang disertai pusing
  • Adanya radang pada sistem pernapasan
  • Jumlah sel darah putih menurun

Demikian itulah beberapa penjelasan tentang salep yang bisa anda coba sebagai pengobatan untuk herpes yang anda alami di bibir yang bisa anda coba segera.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan