Sponsors Link

5 Salep untuk Luka Lecet di Kelamin yang Efektif dan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Kulit sebagai organ tubuh yang paling besar dari tubuh manusia, melapisi hampir keseluruh area tubuh mulai dari kepala hingga kaki, termasuk pada area kelamin yang juga terlindungi dengan adanya kulit tersebut.Alat kelamin sendiri merupakan salah satu organ yang paling vital pada tubuh manusia, dikarenakan kegunaannya yang multi fungsi, terutama pada pria, yaitu sebagai alat pembuangan zat-zat tidak terpakai di dalam tubuh melalui air seni, dan juga sebagai organ yang berperan penting dalam reproduksi. Karena kegunaannya tersebut, area kelamin sangatlah rentan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit yang melapisinya dikarenakan faktor-faktor seperti kelembaban dan tentunya kebersihan yang harus selalu dijaga oleh anda.

ads

Apabila kebersihan dan kelembaban tidak terjaga dan diperhatikan dengan baik, maka anda akan meningkatkan risiko terkena beragam penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga kepada penyakit kelamin yang sangat berbahaya terutama apabila dibiarkan tanpa perawatan. Hal tersebut dikarenakan fungsi utama kulit yaitu dalam melindungi organ dalam dari benturan dan juga hal lain seperti gigitan ataupun sengatan binatang dan juga serangga, yang terkadang akan memiliki efek samping seperti munculnya bentol, bengkak, bintik merah, luka, dan sebagainya. Tidak hanya binatang yang kasat mata, mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur pun akan dapat menyerang lapisan kulit dan menimbulkan dampak yang tidak bisa dibilang ringan, terutama apabila kondisi terjadi pada area kelamin dan sekitarnya.

Beberapa penyakit kulit di area kelamin dan juga penyakit kelamin yang cukup mengganggu dan bahkan bisa membahayakan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Herpes genital, dimana munculnya penyakit herpes pada area kelamin berbentuk bintik-bintik merah pada area tersebut yang kemudian bisa pecah dan mengakibatkan luka, serta sangat menular terutama apabila luka terbuka dikarenakan penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama HSV (Hsrpes Simplex Virus)
  2. Sipilis, yang merupakan salah satu penyakit kelamin yang berbahaya dan disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum karena dalam tingkat terburuk akan dapat menggerogoti alat kelamin atau pada wanita hamil bisa menyebabkan keguguran.
  3. Eksim, yang bisa menyerang area kulit manapun pada tubuh, termasuk pada area kelamin dimana nantinya penderita akan mengalami peradangan, kulit yang menjadi kemerahan, hingga kepada bengkak dan gatal pada alat kelamin.
  4. Dermatitis, yang juga merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat menyerang alat kelamin, dan bisa membuat area kelamin menjadi meradang, kemerahan, hingga dapat melepuh serta menyebabkan luka

Beberapa penyakit di atas akan dapat menjadi sangat berbahaya apabila dibiarkan, dan selain itu, kemungkinan luka diakibatkan oleh trauma atau benturan fisik juga bisa terjadi pada alat kelamin apabila anda tidak berhati-hati. Sebelum melanjutkan, baca juga beberapa artikel kami terkait pengobatan penyakit kulit dan kelamin seperti obat salep untuk cantengan, obat salep untuk bercak putih di kulit, lalu apa saja obat salep untuk ruam kulit pada bayi yang baik dan aman untuk digunakan, kemudian apa saja jenis salep untuk Pruritus, dan beberapa jenis salep untuk Dyshidrotic Pompholyx, serta masih banyak lagi. Tidak semua penyakit tersebut menunjukkan gejala yang berarti, tetapi tentunya anda akan mulai merasakan pada saat penyakit menimbulkan luka pada kelamin yang tentunya akan sangat menyakitkan dan bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Salep untuk Luka Lecet di Kelamin

Untuk pengobatan yang tepat, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapatkan diagnosa yang sesuai dengan penyakit yang anda derita beserta pengobatan dan perawatan yang juga tepar sehingga penyakit tidak semakin meluas. Jangan sembarangan menggunakan obat untuk penyakit luka lecet di kelamin, karena anda terlebih dahulu harus mengetahui apa penyebab dari luka yang anda derita tersebut, apakah bakteri, virus, jamur, atau luka akibat benturan fisik alias trauma saja. Sebagai acuan, beberapa hal berikut bisa anda jadikan perhatian khusus apabila terjadi pada saat anda juga menderita luka di kelamin:

  • Apabila anda mengalami demam tinggi, menggigil, sakit kepala, ada kemungkinan anda terserang oleh virus atau bakteri pada area kelamin,
  • Rasa nyeri pada saat buang air kecil menandakan anda kemungkinan terkena penyakit kelamin, terutama apabila rasa sakit dirasakan pada area lubang keluarnya urin,
  • Saat buang air kecil merasa panas atau terbakar, bisa menjadi penanda bahwa anda terkena penyakit kelamin Klamidia atau Gonore, terutama apabila urin bercampur dengan darah,
  • Apabila muncul bintik-bintik atau kutil di area kemaluan, kemungkinan besar anda terkena penyakit Herpes, Sifilis, atau HPV
  • Apabila pada area luka juga muncul bercak-bercak putih, kemungkinan anda terkena penyakit Vitiligo,
  • Apabila rasa perih hanya dirasakan di area luka saja, kemungkinan yang anda alami hanyalah lecet biasa dan bisa diobati dengan obat merah dan dijaga kebersihan area tersebut.
Sponsors Link

Ada beberapa obat yang tersedia di apotek apabila anda mengalami luka pada kelamin, dan kali ini akan kami bahas obat-obatan yang berjenis salep untuk luka lecet di kelamin yang sudah terkenal berkhasiat serta ampuh dalam menyembuhkan luka dengan cepat. Beberapa obat salep untuk luka lecet di kelamin tersebut antara lain:

1. Ketomed

Ketomed merupakan salah satu salep yang ampuh dalam mengatasi luka dan gatal karena infeksi, lecet, kemudian juga efektif dalam membasmi jamur dikarenakan kandungan ketoconazole nya yang memang terbukti ampuh. Penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan terlebih dahulu membersihkan area luka dan gatal pada kelamin kemudian oleskan secukupnya pada pagi/siang hari dan menjelang tidur sampai luka dan gatal hilang. Anda akan merasakan rasa panas dan terbakar apabila luka pada kelamin yang anda alami disebabkan oleh jamur.

2. Nizoral Cream

Obat salep untuk luka lecet di kelamin yang satu ini memang agak mahal, dengan perkiraan mulai dari Rp47,000 hingga Rp112,000 tergantung ukuran dan jumlah kandungan kemasan, tetapi sangat efektif dalam mengatasi segala macam infeksi yang disebabkan oleh jamur yang menyerang area kelamin, yang juga menyebabkan gatal dan luka akibat digaruk.

ads

Sama seperti Ketomed, salep Nizoral ini juga mengandung ketoconazole yang ampuh dalam membasmi jamur, dan juga pennyebab lainnya seperti tinea corporis, verticolor, tinea pedis, dan masih banyak lagi yang bisa ditangani. Penggunaannya pun serupa, yaitu dengan membersihkan area luka dan gatal terlebih dahulu sebelum dioleskan secukupnya pada area tersebut sebanyak satu sampai dua kali sehari. Efek samping yang ditimbulkan pun serupa, yaitu berupa rasa panas dan perih yang menyengat, pertanda bahwa obat sudah mulai bekerja.

3. Nosib

Obat salep untuk luka lecet di kelamin selanjutnya adalah Nosib yang memiliki kandungan asam salisilat yang sangat baik dalam menyembuhkan luka, terutama luka yang muncul pada area kemaluan dan juga selangkangan. Tidak hanya asam salisilat, obat ini juga mengandung asam benzoicum yang juga mampu menghilangkan sisik-sisik yang muncul pada kulit kemaluan akibat jamur, serta mengandung mentol yang akan dapat memberikan rasa sejuk pada saat digunakan.

Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan sebanyak tiga kali sehari pada area yang mengalami gatal dan luka, setelah sebelumnya membersihkan area tersebut terlebih dahulu supaya steril dan tidak ada kuman yang menempel. Selama masa penggunaan obat, anda akan merasakan sensasi panas dan perih pada area luka, dan biasanya akan dibarengi dengan pengelupasan pada kulit.

4. Zoloral Cream

Zoloral Cream juga merupakan salah satu salep untuk luka lecet di kelamin yang ampuh dalam membasmi jamur-jamur penyebab gatal yang kemudian bisa mengakibatkan lecet apabila digaruk terlalu keras, dimana rata-rata yang terjadi adalah seperti itu. Obat ini juga mengandung ketoconazole yang juga ada pada obat lainnya dan memang efektif dalam memberantas jamur yang menyerang area kulit. Harga dari obat ini terbilang cukup murah yaitu Rp 29,000 untuk pembelian kemasan 10 gram. Penggunaannya serupa dengan Nosib, yaitu dioleskan sebanyak tiga kali dalam sehari sampai luka dan gatal sembuh atau sudah mulai menghilang, setelah area luka dibersihkan terlebih dahulu supaya terbebas dari kuman.

5. Betadine Salep

Salep untuk luka yang stau ini juga sudah cukup terkenal dalam mengatasi infeksi dan iritasi yang menimbulkan lecet atau luka, dan sangat baik dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak karenanya sehingga bisa dijadikan salah satu alternatif bagi anda yang menderita luka lecet akibat gesekan atau benturan dan bukan karena jamur. Mengingat beberapa obat yang kami sampaikan di atas mengandung ketoconazole, perlu dijadikan catatan bahwa ada beberapa orang yang memiliki reaksi alergi terhadap zat tersebut yang malah akan menimbulkan masalah lainnya apabila menggunakan obat-obatan tersebut.

Karenanya, pastikan terlebih dahulu kepada dokter kulit atau dokter alergi bahwa anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap ketoconazole, atau serahkan perawatan dan pengobatan hanya kepada ahli medis yang anda kunjungi saja. Anda juga bisa membaca tulisan kami terkait penyakit dan kelainan kulit serta kelamin lainnya seperti apa yang menyebabkan kulit wajah berminyak tapi dehidrasi, lalu mengenai segala hal yang terkait dengan Pruritus Senilis, alasan-alasan serta penyebab keloid keluar nanah, dan juga beberapa gejala dan penyebab Dishidrosis yang perlu anda ketahui, serta artikel-artikel lainnya. Disarankan dalam memberikan salep untuk luka lecet di kelamin ini, anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pilihan supaya tidak salah dalam melakukan penanganan dan pengobatan yang malah dapat memperburuk kondisi.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan