Sponsors Link

9 Salep Untuk Kulit Melepuh yang Terbukti Ampuh dan Teruji

Sponsors Link

Kulit yang merupakan perlindungan terluar dari tubuh, sangatlah rentan terhadap benturan fisik dari benda-benda asing yang ada di sekitar kita, entah itu terkena secara sengaja atau tidak sengaja, dengan tingkat fatal yang berbeda-beda. Mulai dari sekedar goresan kuku, hingga kepada benturan dengan benda-benda keras ataupun benda tajam, akan dapat merusak jaringan kulit yang melapisi tubuh kita, termasuk salah satunya adalah apabila kulit terbakar atau melepuh.

ads

Lalu kenapa kulit melepuh? pada saat tubuh kita terkena gesekan dengan benda asing, terutama benda-benda yang bersuhu tinggi atau gesekan terjadi berulang-ulang sehingga menimbulkan panas, kulit lama kelamaan akan terbuka dan membentuk celah di antara lapisan kulit yang paling atas dengan yang dibawahnya. Celeh itu biasanya berbentuk seperti gelembung dan nantinya mengakibatkan cairan tubuh akan mengalir ke arah celah tersebut dan mengisinya sehingga menyebabkan apa yang kita sebut sebagai kulit melepuh, dan itu juga alasannya kenapa kalau kita sobek kulit yang melepuh tersebut maka akan berisi air. Luka bakar sendiri terdiri dari tiga tingkatan, dilihat dari sejauh mana tingkat keparahan dari luka tersebut, yang oembagiannya adalah sebagai berikut:

  1. Luka bakar tingkat satu, merupakan tingkatan yang paling rendah dimana rasa sakit yang dirasakan juga masih dapat ditahan dan sobekan pada kulit juga tidak terlalu lebar dan dalam, dan biasanya akan dapat sembuh dengan sendirinya.
  2. Luka bakar tingkat dua, dimana pada tingkat ini luka bakar akan lebih parah dibandingkan tingkat satu, dan biasanya ditandai dengan kulit yang melepuh secara luas dan sobekan pun lebih dalam dibandingkan tingkat sebelumnya.
  3. Luka bakar tingkat tiga, yang merupakan tingkatan luka bakar tertinggi dimana pada tingkat ini penderita harus segera ditangani oleh tim medis dikarenakan luka pada tingkat ini juga menimbulkan pendarahan yang parah sehingga harus segera ditutup.

Sebagai catatan, untuk luka bakar tingkat tiga sebaiknya tidak dilakukan pengobatan apapun secara sendiri, karena kulit yang terkelupas dan mengalami pendarahan akan sangat rentan dari terkena infeksi sehingga harus dipastikan penanganan menggunakan alat-alat klinik atau rumah sakit yang sudah terjamin steril. Lebih jelasnya mengenai luka bakar, anda dapat membaca artikel kami lainnya seperti 4 obat untuk kulit terbakar yang bisa anda coba, lalu apa sebenarnya yang mengakibatkan kulit merah seperti terbakar, dan juga beberapa artikel terkait seperti 8 bahaya belerang untuk kulit, 5 bahaya sitrun untuk kulit, dan masih banyak lagi.

Salep Untuk Kulit Melepuh

Anda juga dapat membaca artikel terkait dengan penyakit kulit dan kelamin lainnya seperti 5 ciri-ciri herpes di kulit wajah, kemudian apa saja cara mengobati keputihan dengan albotil, kemudian bagaimana cara untuk menghilangkan keloid dengan bawang merah, kemudian apa saja tanda, gejala, penyebab, dan juga pengobatan serta pencegahan untuk keloid berdarah. Tidak hanya dikarenakan luka akibat terbakar atau benda tajam saja, beberapa jenis serangga seperti serangga tomcat yang cukup terkenal dalam beberapa tahun terakhir ini juga akan dapat menyebabkan kulit melepuh apabila terkena gigitannya, kemudian lebah yang juga sudah banyak dikenal, dan juga serangga lain seperti semut api dan kutu kasur. Tetapi sebenarnya kita tidak boleh menyobek kulit yang melepuh tersebut, baik itu dengan kuku ataupun benda tajam lainnya, karena akan dapat menimbulkan bahaya apabila kuku atau alat-alat yang digunakan untuk menyobek kulit melepuh dalam kondisi tidak steril.

Bahaya yang dimaksud tersebut adalah adanya risiko terjadinya infeksi pada kulit melepuh yang disobek atau dikempeskan menggunakan benda tajam yang tidak steril yang penuh dengan kuman dan bakteri sehingga mereka akan masuk ke dalam jaringan kulit kita. Tidak hanya itu, mengempeskan kulit melepuh tanpa mempertimbangkan kebersihan alat yang digunakan juga meningkatkan risiko menyebarnya luka akibat infeksi tersebut ke area-area lainnya dari kulit tersebut. Lalu bagaimana cara mengobati kulit melepuh yang baik dan benar? apakah dibiarkan saja? bagaimana cara yang paling baik?

Pada beberapa kasus ringan, kulit melepuh akan hilang dengan sendirinya apabila didiamkan, meskipun pada sebagian besar akan meninggalkan bekas luka pada kulit. Tetapi untuk amannya, sebaiknya anda menggunakan obat berupa salep untuk kulit melepuh yang dijamin berkhasiat serta sudah direkomendasikan oleh para ahli medis atau dokter kulit. Tentunya salep yang digunakan akan tergantung dari jenis dan tingkatan luka yang diderita, supaya pengobatan yang dilakukan menjadi tepat sasaran dan diharapkan akan mempercepat penyembuhan luka yang menyebabkan kulit melepuh. Beberapa salep untuk kulit melepuh yang efektif tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

1. Salep Darzyn

Salep ini termasuk salah satu yang umum digunakan sebagai obat untuk luka bakar ringan dikarenakan keampuhannya yang sudah terbukti dan direkomendasikan oleh para ahli medis serta dokter kulit, serta juga dapat menghilangkan bekas luka bakar secara efektif.

2. Salep Bioplacenton

Salep untuk kulit melepuh yang harganya terbilang murah ini (hanya sekitar Rp15rb per botol) juga banyak digunakan untuk mengobati kulit yang terkena luka bakar, tetapi sayangnya pada sebagian orang memiliki risiko dapat menimbulkan reaksi alergi.

Walaupun begitu, obat yang mengandung ekstrak plasenta dan juga Neomycin sulfate ini sangat ampuh digunakan apabila anda tidak memiliki reaksi alergi, karena dapat mengobati berbagai tingkatan luka bakar, dan juga efektif dalam membunuh kuman dan bakteri sehingga luka akan cepat sembuh dan tidak meluas.

3. Salep Minol

ads

Selanjytnya, salep untuk kulit melepuh yang satu ini dibuat dari bahan-bahan yang alami dan aman digunakan oleh anak-anak, serta akan mampu mencegah timbulnya iritasi pada area kulit yang terkena luka bakar atau luka gigitan serangga tersebut.

4. Salep Nutrimoist

Selain minol, salep untuk kulit melepuh lainnya yang juga terbuat dari tumbuhan alami berkhasiat adalah Nutrimoist yang sangat baik untuk digunakan pada semua jenis kulit dan tidak menimbulkan reaksi alergi dikarenakan kandungan bahan-bahannya tersebut.

5. Salep Madecassol

Untuk obat salep yang satu ini, sangat cocok digunakan oleh anda yang kulitnya melepuh akibat tersiram air panas, namun juga terbukti efektif dalam mengobati beragam luka bakar lainnya apapun tingkatannya sehingga banyak digunakan. Salep ini juga terbukti ampuh dalam mengobati penyakit keloid dan juga beragam jenis luka lainnya seperti luka bedah, luka akibat benturan atau trauma, dan juga luka-luka goresan atau lecet dari yang ringan sampai tingkat sedang.

6. Salep Burnazin

Salep untuk kulit melepuh ini sangat baik dan juga banyak digunakan untuk mengobati kulit yang melepuh akibat luka bakar, dikarenakan salep ini juga berkhasiat dalam mencegah timbulnya infeksi sehingga luka tidak akan mudah menyebar atau bertambah buruk kondisinya.

Pemakaian obat ini sebaiknya sangat diperhatikan dan juga mengikuti anjuran dokter kulit anda, karena salep ini termasuk ke dalam obat keras yang di dalamnya mengandung Silver sulfadiazine yang meskipun efektif membunuh bakteri, tetapi bisa menimbulkan efek samping yang cukup mengganggu seperti gatal-gatal yang berlebihan dan juga hipersensitif.

7. Salep Betadine

Sebagai salah satu merk ternama dalam hal obat-obatan yang terkait dengan penyembuhan luka, salep betadine juga dikenal ampuh dalam menyembuhkan luka bakar secara aman dan efektif, dan juga baik untuk digunakan segala usia. Obat ini mengandung iodine povidone yang efektif dalam mengobati infeksi kulit serta luka bakar ringan, baik yang dikarenakan benturan fisik ataupun yang dikarenakan bakteri dan juga jamur, serta aman digunakan secara berulang hingga luka mengering dan menghilang.

8. Salep Octenilin

Obat salep yang satu ini dikenal sangat ampuh dalam mengeringkan kulit yang melepuh dan terbakar, tanpa meninggalkan bekas pada kulit, sehingga menjadi pilihan tepat terutama bagi anda yang menderita luka bakar ringan dan perlu memperhatikan penampilan. Salep ini lebih tepatnya disebut sebagai gel karena warnanya yang bening, dan sangat ampuh dalam mematikan beragam bakteri yang dapat memperparah luka bakar seperti bakteri Streptococus maupun bakteri Staphylococus.

9. Salep Laderma

Obat salep yang satu ini bersifat multifungsi karena dapat membantu menghilangkan berbagai bekas luka tanpa bekas, dan mengandung campuran bahan-bahan alami seperti Aloe Vera yang dikenal manjur untuk menyembuhkan penyakit kulit, dan juga mengandung vitamin-vitamin yang baik untuk kulit seperti vitamin C dan E. Beberapa salep untuk kulit melepuh tersebut bisa anda coba oleskan dan gunakan untuk mencegah infeksi yang menjalar dan juga meningkatkan tingkat perbaikan kulit dengan lebih cepat sehingga luka tersebut akan lebih cepat disembuhkan.

Harap diperhatikan reaksi alergi yang mungkin timbul akibat penggunaan obat-obatan tersebut, dan jangan dianggap sebagai bagian dari proses penyembuhan. Begitu reaksi alergi seperti kulit kemerahan atau rasa gatal yang berlebihan muncul, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan segera periksakan ke dokter kulit guna dilakukan penanganan yang tepat. Mengenai obat untuk penyakit kulit dan kelamin lainnya baca juga tulisan-tulisan kami seperti salep untuk ruam kulit pada bayi, kemudian 5 jenis salep untuk Pruritus yang bisa anda coba, dan juga 8 jenis salep untuk Dyshidrotic Pompholix yang bisa anda coba, obat untuk kulit bernanah, empat macam obat telapak kaki kering yang ampuh, dan lain sebagainya. Diharapkan artikel mengenai 9 obat salep untuk kulit melepuh ini dapat membantu memperluas wawasan anda dan bisa dijadikan acuan sebelum tentunya memeriksakan diri ke dokter kulit apabila menderita penyakit sejenis guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan