Sponsors Link

5 Salep untuk Kulit Kering yang Berkhasiat Paling Ampuh dan Manjur

Sponsors Link

Sebagai organ yang berfungsi sebagai pelindung terluar dari tubuh manusia, kulit sangatlah rentan terhadap penyakit yang bisa ditimbulkan oleh bermaca faktor, mulai dari gigitan serangga, jamur, bakteri, virus, hingga kepada faktor hormon, komplikasi penyakit, dan bisa juga dikarenakan reaksi alergi yang muncul pada penderita.Beragam kemungkinan dampak yang ditimbulkan sangatlah beragam, dari mulai hanya sekedar gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan, munculnya bintik-bintik merah, benjolan, hingga kepada kondisi kulit yang mengering dan mengeras serta pada beberapa kasus juga bisa seakan bersisik.

ads

Kulit kering adalah kondisi kulit yang sangat umum yang biasanya ditandai oleh kurangnya jumlah kadar air di lapisan paling dangkal dari kulit, yaitu lapisan epidermis. Meskipun kondisi kulit kering ini dapat berpeluang terjadi pada pria dan wanita, biasanya faktor umur lah yang lebih mempengaruhi dimana mereka yang lanjut usia akan rentan mengalami kondisi kulit kering. Hal tersebut dikarenakan para lansia  cenderung memiliki kadar minyak dan pelumas kulit alami yang berkurang dikarenakan daya tahan dan juga fungsi organ-organ yang semakin memburuk seiring bertambahnya usia. Area-area tubuh seperti lengan, tangan, dan terutama tungkai bawah cenderung lebih mungkin terkena kondisi kulit kering.

Selain itu, faktor-faktor lingkungan, seperti kelembaban dan suhu, memiliki efek yang cukup besar pada jumlah air yang tertahan di dalam kulit. Kulit kering juga dapat menjadi efek samping dari beberapa obat serta produk sampingan dari penyakit kulit tertentu. Kulit kering bukanlah penyakit yang tergolong serius dan mematikan, tetapi dalam tingkat tertentu akan dapat menjadikan penderitanya tidak nyaman serta akan mengganggu penampilan luar dari si penderita sehingga juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Adapun kondisi kulit kering yang serius, yang biasanya tergabung di dalam suatu kelompok kelainan bawaan yang disebut ichthyosis, terkadang dapat sangat mengganggu. Ichthyosis sendiri merupakan kondisi kulit kering yang cukup akut, dimana kulit menjadi bersisik dan terkadang mengalami penebalan.

Ciri-Ciri Kulit Kering

Ichthyosis dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, ras dan jenis kelamin. Penyakit ini biasanya muncul saat lahir, atau dalam tahun pertama, dan terus mempengaruhi pasien sepanjang hidup mereka. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan kondisi kulit kering, diantaranya adalah dengan menggunakan pelembab, menghindari sabun yang tidak mengandung moisturizer, atau menggunakan salep untuk kulit kering yang akan kami bahas pada artikel kali ini. Namun apabila kondisi kulit kering sudah semakin memburuk, sebaiknya anda mengunjungi dokter kulit guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan juga supaya dapat diberikan perawatan serta pengobatan yang tepat sehingga kondisi tersebut akan berangsur-angsur membaik.

Faktor yang menyebabkan terjadinya kulit kering dibagi dua, yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal, dimana faktor internal disebabkan karena berbagai faktor lainnya dari dalam tubuh seperti usia, genetika, penyakit turunan, dan juga rekam medis anda, sementara faktor eksternal merupakan penyebab yang umum terjadi dan biasanya dikarenakan faktor suhu dan juga kelembaban udara. Lamanya anda mengalami kondisi kulit kering pun sangatlah bervariasi, bisa saja hanya sementara, dalam waktu yang agak lama, ataupun terjadi di sepanjang hidup anda, terutama mengingat faktor penyebab internal yang telah kami sebutkan di atas, faktor eksternal, dan juga bagaimana cara anda menjaga serta merawat kulit dan kelembabannya.

Beberapa ciri-ciri atau tanda dari kulit kering antara lain adalah:

  • Kulit yang terasa dan juga terlihat kasar saat disentuh, bahkan penderita juga akan merasakan mati rasa pada area tersebut, atau rasa sakit yang luar biasa,
  • Gatal-gatal (pruritus) pada area kulit yang mengering atau mengeras dengan tingkat kegatalan yang berbeda-beda tergantung dari seberapa ekstrim kondisi kulit kering yang diderita,
  • Kulit yang mengelupas pada area kondisi kulit kering terjadi,
  • Timbul garis-garis halus atau retak pada kulit yang mengalami kekeringan,
  • Warna kulit kemerahan juga dapat muncul pada area kulit yang kering dan retak,
  • Adanya retakan pada kulit yang dalam beberapa kasus bisa sampai berdarahCobalah kiat-kiat ini untuk menjaga kulit agar tidak terlalu kering.
Sponsors Link

Terlalu sering membersihkan diri ataupun mandi terkadang juga bukan solusi yang tepat untuk mengatasi kulit kering, karena pada saat kita membasuh kulit dengan air terlalu banyak, malah dapat meningkatkan penguapan air dari tubuh yang akan mengakibatkan kulit kering, terutama apabila anda merasa kulit menjadi kencang setelah mandi atau membilas.

Penggunaan sabun batangan juga sebaiknya dihindari karena akan membuat kulit menjadi semakin kering untuk beberapa jenis sabun. Hal itu dikarenakan sabun dapat menap minyak yang ada di dalam tubuh, yang berfungsi untuk melembabkan kulit, sehingga lama kelamaan minyak akan terbawa oleh sabun dan kulit akan menjadi kering. Selain sabun batangan, kebiasaan mencuci pakaian dengan tangan yang bercampur dengan deterjen yang digunakan untuk membersihkan pakaian tersebut, akan dapat menjadikan kulit kering dan juga kasar apabila dilakukan terlalu sering.

Salep untuk Kulit Kering

Selain itu, penggunaan pelembab yang kurang baik kualitasnya juga akan dapat membuat kulit menjadi rusak atau kadar airnya tidak stabil, serta penggunaan bahan pakaian tertentu juga akan menyebabkan kulit mudah kering seperti wol dan serat sintetis yang dapat menimbulkan iritasi. Pengobatan jenis tertentu juga akan sangat mungkin memiliki efek samping dalam bentuk kulit yang mengering seperti pengobatan untuk darah tinggi, obat untuk kolesterol tinggi, obat untuk alergi, obat jerawat, dan lain sebagainya.

ads

Tak hanya itu, kulit kering juga bisa menjadi pertanda bahwa adanya masalah kesehatan pada tubuh, seperti penyakit  eksim alias dermatitis yang biasanya terjadi akibat kulit terkontaminasi zat yang dapat menimbulkan iritasi, kemudian bisa juga anda terkena penyakit psoriasis, diabetes, hipotiroidisme, dan malnutrisi, atau menurunnya beberapa fungsi dan daya tahan tubuh akibat penuaan, Silahkan anda membaca artikel kami lainnya yang terkait dengan obat-obatan untuk kulit lainnya seperti salep untuk cantengan, lalu apa saja salep untuk bercak putih di kulit, kemudian apa pilihan salep untuk ruam kulit pada bayi yang paling efektif, kemudian  macam-macam salep untuk Pruritus, 8 jenis salep untuk Dyshidrotic Pompholyx, dan masih banyak lagi. Apabila disimpulkan, beberapa faktor yang menjadi penyebab kulit kering adalah sebagai berikut:

  1. Cuaca. Kulit cenderung menjadi kering terutama di musim dingin, ketika suhu dan tingkat kelembapan menurun.
  2. Panas. Berada terlalu sering dan lama di ruangan yang pengap dan panas juga akan dapat mempercepat terjadinya kulit kering, misalnya di depan tungku atau di dalam dapur yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik
  3. Mandi air panas. Mandi air panas dalam waktu lama akan dapat membuat kulit Anda kering,
  4. Sabun dan deterjen yang keras. Banyak sabun, deterjen dan sampo malah akan mengurangi kelembaban serta membuat kiulit menjadi semakin kering.
  5. Kondisi kulit lainnya. Orang dengan kondisi kulit seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis rentan terhadap kulit kering.

Selanjutnya kami akan membahas pokok bahasan pada artikel kali ini, yaitu mengenai 6 salep untuk kulit kering yang berkhasiat dan terbukti efektif dalam mengatasi masalah kulit tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Calamine

Salep untuk kulit kering yang bisa anda coba salah satunya adalah Calamine, yang merupakan antihistamin yang mampu mengatasi beragam masalah pada kulit, mulai dari gatal ringan hingga kepada iritasi dan juga kulit yang mengering.

2. Petroleum Jelly

Obat salep untuk kulit kering selanjutnya adalah petroleum jelly yang sangat ampuh digunakan untuk melembabkan kulit kering, termasuk kulit kering yang mengelupas ataupun bersisik pada skala ringan, dalam waktu yang cepat dan malah terkadang kulit kering akan kembali normal pada saat petroleum jelly diusapkan ke kulit yang kering tersebut.

3. Anhydrous Lanolin

Kemudian yang berikutnya adalah Anhydrous Lanolin yang memang dikhususkan sebagai salep untuk kulit kering, bersisik, dan juga gatal-gatal ataupun iritasi ringan pada kulit dikarenakan obat yang satu ini akan berfungsi sebagai pelembab yang baik untuk kulit kering.

4. Elocon

Untuk pennyakit kulit kering yang lebih akut seperti psoriasis dan penyakit eksim, maka Elocon merupakan salah satu salep untuk kulit kering yang sangat baik untuk digunakan dan bekerja dengan cepat.

5. Dermatix

Meskipun tidak dikhususkan untuk pengobatan kukit kering dan lebih kepada pengobatan bekas luka, Dermatix dapat digunakan sebagai slaah satu salep untuk kulit kering yang baik karena mengandung vitamin C yang sangat berguna bagi kulit. Kelima salep untuk kulit kering tersebut bisa anda coba gunakan untuk pengobatan sementara, meskipun tetap disarankan bagi anda untuk mengunjungi dokter kulit atau dermatologis supaya mendapatkan diagnosa yang tepat dan tentunya penanganan yang juga tepat sasaran.

Anda juga bisa membaca beberapa tulisan kami lainnya yang ada di website dokterspkk.com seperti alasan di balik kulit wajah berminyak tapi dehidrasi, lalu mengenal penyakit Pruritus Senilis mulai dari gejala, penyebab, pengobatan, dan pencegahan, kemudian apa saja yang menyebabkan keloid keluar nanah, serta apa saja gejala dan penyebab Dishidrosis, dan banyak lagi yang lainnya. Artikel salep untuk kulit kering ini bukanlah sebagai pengganti ataupun lebih akurat dibandingkan diagnosa dan juga perawatan langsung oleh dokter kulit, dan sebaiknya hanya anda gunakan sebagai referensi dan menambah pengetahuan terkait penyakit tersebut.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan