Sponsors Link

4 Jenis Salep Dan Obat Untuk Kulit Bernanah Ampuh

Sponsors Link

Kulit bernanah terjadi karena luka yang meradang karena infeksi bakteri ataupun jamur. Nanah pada luka ini berbentuk cairan yang berwarna putih kekuningan, kuning atau kuning kecoklatan. Cairan nanah ini juga bisa berubah warna menjadi hijau jika mengandung myoloperoxidase. Cairan nanah yang berwarna kehijauan ini biasanya juga mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau bau busuk.

ads

Kulit yang bernanah ini harus segera mendapat penanganan yang tepat yakni dengan mengobatinya agar nanah segera kering dan tidak menimbulkan bahaya lain pada kulit yang terluka. Waspadai juga jika kamu masih punya bekas bisul bernanah atau bisul sudah pecah tapi masih keluar nanah dan keloid keluar nanah. Berikut adalah obat untuk kulit bernanah yang bisa digunakan.

1. Kalmicetine

Kalmicetine merupakan obat berbentuk salep yang bisa menyembuhkan infeksi kulit hingga bernanah. Salep ini bisa mengatasi infeksi kulit karena bakteri gram positif atau negatif dan bakteri lain yang peka terhadap chloramfenikol. Salep ini merupakan salep jenis antibiotik yang mengandung chloramphenicol dan merupakan antimikroba spektrum luas.

Obat ini bekerja dengan menghambat sintesa protein pada sel mikroba dan membantu merangsang pembentukan sel kulit baru. Obat ini dapat digunakan 1 kali sehari dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang terluka dan bernanah hingga sembuh.

2. Futaderm

Salep lain yang mengandung antibiotik dan bisa digunakan sebagai obat untuk kulit bernanah adalah salep futaderm. Salep Ini mengandung sodium fusidate yang bisa membantu meredakan peradangan dan infeksi pada kulit yang terluka. Salep ini bisa digunakan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari dengan mengoleskan secukupnya pada bagian yang menendang atau terluka. Hanya saja untuk mendapatkan obat luka bernanah ini diperlukan resep dari dokter untuk mencegah timbulnya efek samping lain.

3. Nutacort CR 5G

Salep berikutnya yang efektif dalam menghilangkan dan menyembuhkan luka bernanah di kulit adalah salep antibiotik Nutacort CR ini. Obat ini termasuk dalam golongan antibiotik jenis aminoglokosida yang mengandung hydrocortisone acetate dan neomycin sulfate. Obat ini dapat digunakan 2 kali dalam sehari hingga luka sembuh dan mengoleskannya cukup secara tipis dan merata.

4. Garamycin

Garamycin merupakan obat untuk kulit bernanah berikutnya dalam bentuk salep yang juga mengandung antibiotik. Obat ini berguna untuk mengobati infeksi kulit akibat bakteri gram negatif dengan meredakan infeksi dan peradangan pada kulit. Obat ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit yang menyebabkan infeksi.

Untuk menggunakan salep ini cukup dengan mengoleskannya sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari hingga luka sembuh. Salep ini bisa kamu dapatkan di apotek menggunakan resep dokter.

5. Antibiotik tablet

Selain mengobati kulit luka bernanah dengan menggunakan salep kamu bisa juga mengkonsumsi antibiotik jenis tablet yang bisa diminum. Antibiotik yang biasa digunakan untuk infeksi bakteri adalah jenis penisilin seperti amoxillin, ampicillin oxacillin atau penicillin G. Bentuk mengkonsumsi antibiotik oral ini sebaiknya dengan pengawasan dokter untuk menghindari efek samping yang terjadi akibat kesalahan dosis atau masalah lainnya.

Itulah 4 jenis salep dan obat untuk kulit bernanah yang bisa digunakan dan dikonsumsi agar luka infeksi dan bernanah bisa segera sembuh. Ketahui juga salep untuk kulit kepala bernanah yang aman digunakan. Bintik bernanah pada kulit tidak hanya karena luka, tapi juga bisa dalam bentuk jerawat, cacar air, impetigo atau berbagai jenis-jenis penyakit kulit lainnya. Simak juga salep untuk kulit bengkak dan cara mengobati gudik bernanah.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan