Sponsors Link

4 Obat Salep untuk Bisul Bibir dan Sekitar Dikemaluan Terbukti Manjur

Sponsors Link

Dalam mengobati bisul kemaluan, Anda memiliki beberapa pilihan obat salep yang bisa digunakan. Obat tersebut telah terbukti mampu meredakan gejala serta menyembuhkan bisul Anda terutama bisul di kemaluan. Apa saja obat salep tersebut? Berikut penjelasan masing masing obat salep tersebut. Cari tahu gejala bisul pada kulit.

ads
  1. Benzocaine

Benzocaine dikenal sebagai obat bius yang digunakan oleh masyarakat sebagai pereda atau untuk mengurangi adanya rasa sakit karena iritasi. Penggunaan obat tersebut dapat pada kulit Anda, karena iritasi, luka bakar, atau radang tenggorokan serta adanya iritasi pada vagina Anda. Cara kerja alat ini yaitu dengan mematikan sesaat rangsangan saraf pada tubuh Anda. Pematian saraf tersebut hanya berlangsung sesaat sampai luka atau rasa sakit mulai mereda. Merk dagang benzocaine ini bermacam macam jadi pastikan Anda benar saat membelinya di apotek.

Anda juga disarankan untuk memerhatikan dosis dalam penggunaan obat satu ini. Untuk meredakan bisul di kemaluan, Anda dapat menggunakannya dalam dosis minimum. Hindari penggunaan obat ini pada bagian luka yang basah atau luka yang memerlukan perban untuk menutupinya. Sebab obat tersebut tidak bekerja maksimal jika harus dibalut atau dibungkus. Alangkah baiknya, sebelum menggunakan obat ini, Anda telah mendapatkan rekomendasi dokter sehingga dosis yang bisa digunakan sesuai dengan gejala dan kebutuhan. Waktu yang dibutuhkan obat tersebut untuk meredakan bahkan menyembuhkan bisul yaitu kurang lebih 7 hari paska penggunaan. Jangan lupa membaca aturan pakai dan penunjuk penggunaan lainnya yang dapat membantu Anda mendapatkan arahan yang tepat dalam penggunaan. Hentikan pemakaian jika Anda mengalami sesak napas, demam, pusing, dan pembengkakan setelah menggunakan obat ini untuk menghilangkan bisul di kemaluan. Mengapa bisul sudah pecah tapi masih sakit?

Sama seperti obat pada umumnya, obat ini juga memiliki beberapa efek samping dalam penggunaannya. Tidak semua pasien akan mengalami efek samping tersebut. Namun jika demikian, jangan lupa untuk segera berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis. Berikut beberapa efek samping yang mungkin akan Anda rasakan paska menggunakan benzocaine sebagai obat bisul di kemaluan:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Mual bahkan bisa jadi sampai muntah
  • Demam tinggi
  • Nyeri dan bengkak pada sekitar area mulut

Beberapa pasien mungkin tidak mengalami efek samping yang telah disebut di atas atau bisa jadi mengalami efek samping lainnya. Oleh karena itu, jika Anda menemui adanya perubahan pada diri Anda paska menggunakan benzocaine, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk menindaklanjuti perubahan tersebut.

  1. Mupirocin

MupirocinObat selanjutnya yang bisa digunakan untuk meredakan atau menyembuhkan bisul di kelamin yaitu mupirocin. Mupirocin adalah obat bisul yang mampu mengobati jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri. Salah satu penyakit tersebut yaitu bisul. Penyakit lain yang mungkin yaitu impetigo. Banyak sekali merk dagang dari mupirocin.

Diantaranya yang dapat Anda temui yaitu bactroban, mertus, dan pirotop. Sampai saat ini belum diketahui pasti apakah obat tersebut baik untuk ibu menyusui atau tidak. Oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika sedang menyusui dan berkeinginan menggunakan obat tersebut sebagai solusinya. Mupirocin merupakan salep yang tidak dapat digunakan untuk mengobati beberapa luka yang menganga atau basah. Jadi, hindari penggunaan obat tersebut untuk meredakan atau mengeringkan luka.

Sponsors Link

Penggunaan mupirocin sebagai obat salep bisul cukuplah mudah. Anda cukup mengoleskan salep tersebut pada bisul Anda selama 3 kali dalam sehari. Lakukan hal ini secara rutin selama 7 hari agar bisul segera hilang. Jika bisul terjadi pada anak-anak, Anda tak perlu mengurangi dosis yang diberikan sebab dosis bagi anak maupun dewasa tetap saja sama. Saran pengaplikasian obat ini yaitu gunakan cutton bud yang lembut dan bersih agar krim tersebut teraplikasi dengan merata. Jika Anda berniat menggunakan tangan, jangan lupa mencuci tangan terlebih dahulu agar bakteri atau kotoran tidak tercampur dengan obat salep Anda. Cara mengobati bisul dengan bawang merah.

Obat tersebut juga memiliki beberapa efek samping seperti obat sebelumnya. Beberapa efek samping yang akan Anda alami yaitu:

  • Sakit kepala yang menyebabkan adanya keinginan muntah
  • Kulit menjadi lebih kering
  • Adanya pembengkakan pada kulit
  • Ruam dan disertai rasa gatal
  • Terasa panas pada bagian kulit yang menggunakan obat

Jika beberapa indikasi atau efek samping seperti hal di atas Anda alami, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Jangan lupa untuk menghentikan pemakaian agar efek samping tidak bertambah parah dan menambah masalah pada kulit Anda. hal penting lain yang perlu Anda ketahui yaitu, obat ini mampu berinteraksi dengan obat lain jika digunakan secara bersamaan. Obat tersebut yaitu chloralphenicom. Dengan adanya interaksi dengan obat tersebut, maka efek antibakteri yang dihasilkan oleh mupirocin menjadi terganggu dan tidak maksimal. Maka dari itu, jangan gunakan obat tersebut secara bersamaan agar penyembuhan segera terjadi.

  1. Gentamicin
ads

GentamicinObat salep selanjutnya untuk bisul yang Anda alami pada kemaluan yaitu gentamicin. Gentamicin memang obat salep khusus bisul yang dapat Anda temukan di apotek. Obat ini mengandung sifat antibiotik aminoglikosida. Gentamicin berkeja dengan cara menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri yang menyebabkan infeksi bisul. Dengan cara ini, maka bisul pada kemaluan Anda tidak akan berkembang semakin parah dan akan segera sembuh jika obat digunakan sesuai aturan.

Penggunaan obat salep ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan salep pada bagian tubuh yang terjangkit bisul. Pastikan area yang akan diberi salep telah bersih. Begitu juga tangan Anda yang akan mengaplikasian salep tersebut. Lakukan hal ini rutin selama 3 sampai 4 hari. Gunakan dosis yang tepat agar penyembuhan segera terjadi. Sebab antibiotik dapat bekerja dengan optimal dalam membunuh bakteri jika penggunaan dosisnya tepat dan konstan setiap harinya. Gunakan obat secara rutin hingga resep dokter telah habis meskipun gejala bisul telah menghilang. Hal ini bertujuan untuk menghentikan aktivitas bakteri secara permanen sehingga bisul tidak akan muncul lagi pada kemaluan Anda. Baca juga perawatan bisul setelah pecah.

Beberapa hal juga bisa terjadi pada Anda sebagai efek samping penggunaan obat ini. Efek samping tersebut antara lain yaitu:

  • Rasa gatal berlebih
  • Adanya sensasi panas pada area penggunaan
  • Mual dan muntah
  • Pusing berlebih hingga lemas

Bila hal ini terjadi, maka hentikan penggunaan gentamicin dan segera berkunjung ke dokter agar dokter memberikan obat yang sesuai dengan keluhan Anda dan mengganti gentamicin sesuai dengan kebutuhan. Ada hal yang perlu Anda perhatikan lainnya yaitu waktu penggunaan gentamicin. Meski disarankan untuk menggunakannya secara berlanjut hingga resep habis, tidak diperkenankan untuk menggunakannya dalam waktu lebih dari 2 minggu.

  1. Ichtyol

IchtyolIchtyol adalah obat salep yang lebih dikenal dengan obat hitam. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan aanya senyawa ammonium biturminosulphonate yang mengandung cukup banyak belerang. Hal inilah yang menyebabkan warnanya lebih pekat.

Obat salpe tersebut bisa Anda temukan dengan mudah di apotek. Gunakan obat ini sesuai petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan. Biasanya dalam menggunakan oabt ini, Anda tak perlu berkonsultasi untuk mendapatkan resep dokter. Meski demikian, Anda harus tetap berhati hati dan mengikuti cara pakai agar efek samping pada obat ini tidak menyebabkan penyakit lain untuk kulit Anda.

Sponsors Link

Ichtyol memiliki kandungan yang bersifat anti inflamasi, anti bakteri, dan juga anti fungi. Dengan kemampuan tersebut, maka ichtyol sangat cocok digunakan untuk mengobati bisul pada kemaluan. Selain bisul, ichtyol juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit lainnya seperti eksim, jerawat, dan juga psoriasisi. Obat ini juga aman untuk digunakan bersamaan dengan obat tertentu seperti glycerol yang digunakan untuk mengobati infeksi telinga.

Cara penggunaan salep ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada kulit yang terkena bisul. Aplikasikan secara tipis dan merata. Dengan menggunakannya sesuai kebutuhan justru membuat obat bereaksi dengan optimal pula. Aplikasikan 2 sampai 3 kali dalam sehari. Dalam waktu 7 hari, Anda akan menemui bisul semakin kecil dan berangsur sembuh. Efek samping penggunaan obat hitam ini akan terjadi pada pasien yang menggunakannya tidak sesuai dosis yang tepat. Sehingga jarang sekali ditemukan efek samping khusus. Efek samping yang terjadi yaitu adanya iritasi berlebih pada jaringan kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan obat sesuai petunjuk dan dosis yang tertera. Baca juga terkait mengobati bisul pada kemaluan wanita.

Bisul merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Biasanya hal ini terjadi karena adanya gaya hidup yang tidak bersih. Baik dari lingkungan maupun makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, baik dalam upaya penanganan maupun pengobatan, disarankan untuk lebih memerhatikan makanan serta kondisi lingkungan Anda agar bisul tidak tumbuh. Apalagi jika bisul tersebut muncul pada kemaluan. Kemaluan adalah daerah vital seseorang yang memang rentan terkena penyakit. Jika Anda tidak menjaga kebersihan daerah kemaluan, tidak hanya bisul yang akan muncul, tetapi juga beragam jenis penyakit lainnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan