Sponsors Link

2 Jenis Salep untuk Bercak Putih di Kulit Paling Cepat dalam Pengobatan

Sponsors Link

Mempunyai kulit sehat dan berpigmentasi normal adalah idaman semua orang, khususnya wanita. Akan tetapi, sebagian orang kerap mengalami bercak putih pada kulit yang sangat umum terjadi. Bercak putih pada kulit ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya seperti vitiligo, pityriasis versicolor atau panu, pityriasis alba, hipopigmentasi, dan lain sebagainya. Sementara pigmentasi ialah pewarnaan kulit seseorang. Jika seseorang tersebut sehat, maka warna kulitnya akan tampak normal berseri.

ads

Dalam keadaan yang kurang normal seperti sakit atau mengalami cedera, kulit seseorang mungkin saja mengalami perubahan warna, bisa menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi), misalnya saja seperti kista kulit, penyakit impetigo, atau mungkin penyakit lainnya. Pigmentasi kulit setiap orang biasanya bervariasi tergantung ras dan genetik seseorang.

Akan tetapi, hal ini juga tergantung pada jumlah paparan sinar matahari yang telah di peroleh. Di butuhkan Salep untuk Bercak Putih di Kulit sebagai pengobatan. Adapun beberapa penyebab bintik putih sebagai berikut:

Penyebab Bercak Putih Pada Kulit

Bercak putih yang terjadi pada kulit umumnya cenderung membuat warna kulit anda menjadi tidak merata, terlebih lagi apabila anda mempunyai warna kulit yang gelap. Penyebab perubahan warna kulit menjadi bercak putih ada beberapa hal, di antaranya bisa anda simak berikut ini:

  • Pityriasis Versicolor/tinea Versicolor atau Panu

Panu merupakan suatu infeksi jamur yang umum terjadi pada kulit, di mana terdapat bercak putih pada kulit area dada serta punggung. Penyakit ini juga mampu membuat kulit anda mengalami bercak kecokelatan hingga bersisik. Keadaan ini paling sering menyerang anak muda dan cenderung lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Serta pada orang yang sering berkeringat banyak juga bisa mengalami kulit bercak putih.

Penyebabnya adalah adanya pertumbuhan jamur dari genus Malassezia, yakni mikroorganisme yang ditemukan pada jenis kulit normal. Kondisi yang seperti ini memang tidak menular dan lebih sering terjadi di iklim yang panas dan lembap, dibanding di iklim sejuk serta kering. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui gejala penyakit panu berikut agar bisa melakukan penanganan cepat.

  • Vitiligo

Penyebab lainnya adalah vitiligo, merupakan kondisi adanya bercak putih pada kulit. Penyebab vitiligo sendiri yaitu kurangnya melanin, alias pigmen di kulit. Keadaan ini mampu memengaruhi area kulit mana pun, tetapi paling sering terjadi pada wajah, leher, tangan, dan bagian lipatan kulit.

Bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh vitiligo umumnya bersifat permanen, dan bukan merupakan penyakit menular, sehingga tidak perlu khawatir. Vitiligo terjadi ketika sel penghasil pigmen atau melanosit telah mati atau berhenti memproduksi melanin. Ketika Anda mengalami kejadian ini segera ikuti cara menyembuhkan vitiligo dan hindari berbagai macam pantangan makanan vitiligo berikut.

Adapun beberapa hal yang mampu menyebabkan dan meningkatkan risiko terjadinya vitiligo adalah adanya gangguan sistem kekebalan tubuh yang telah menyerang dan menghancurkan melanosit pada kulit, adanya riwayat keluarga yang menderita vitiligo yang kejadian ini disebut dengan faktor gen, serta beberapa hal lain seperti paparan sinar matahari, stres, dan juga paparan bahan kimia industri.

  • Pityriasis alba

Pityriasis alba merupakan kelainan kulit yang terjadi karena hipopigmentasi. Bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh pityriasis alba sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebab utamanya. Tetapi hal ini seringkali dikaitkan dengan eksim dan juga alergi. Selain itu, bercak putih pada kulit ini juga terkait dengan paparan sinar matahari dan juga akibat dari kulit kering. Bercak putih akibat kelainan sering kali muncul pada pipi, dagu, leher, dan bahu. Kelainan ini akan sering terjadi dan menyerang anak-anak dan juga remaja.

Sponsors Link

  • Lepra

Lepra adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium leprae. Penyakit lepra atau lebih di kenal dengan kusta merupakan salah satu penyakit tertua di dunia. Kusta mampu menjangkiti siapapun, tetapi 80 persen kasus penyerangan penyakit ini ditemukan pada daerah tropis yang panas dan lembap termasuk Indonesia sehingga Anda perlu menerapkan cara pencegahan kusta ini sebab melakukan pencegahan lebih baik ketimbang mengobati. Gejala awal penyakit kusta seringkali di jumpai pada kelompok usia 10 – 14 tahun dan 35 – 44 tahun. Apabila tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan lantaran kerusakan saraf.

Dengan melihat beberapa hal yang menjadi penyebab bercak putih terjadi, rasanya informasi ini cukup mendukung bahwa anda harus menggunakan Salep untuk Bercak Putih di Kulit sebagai pengobatannya. Di bawah ini akan di sampaikan mengenai hal-hal yang merujuk pada penanganan dengan menggunakan salep.

Salep untuk Bercak Putih di Kulit yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

  1. Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah salep atau obat oles untuk meringankan kondisi kulit yang mengalami bercak putih. Caranya dengan mengoleskan secara tipis saja namun merata, minimal di pakai dua kali dalam sehari. Obat ini di percaya lebih cepat meringankan kondisi kulit yang di keluhkan.

Hindarilah penggunaan obat ini pada wajah, terutama pada wanita hamil yang sama sekali tidak di sarankan. Perlu diketahui juga bahwa salep ini memiliki khasiat yang cukup banyak, mulai dari digunakan dalam cara mengobati hemangioma, penanganan dermatitis numularis, hingga dijadikan sebagai salep untuk biang keringat dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Pimecrolimus

Obat oles lain atau tepatnya salep yang dapat menjadi alternatif adalah pimecrolimus atau tacrolimus. Keduanya adalah obat yang biasa di pakai untuk mengobati eksim. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi apabila telah di gunakan untuk mengobati bercak putih kulit yakni kondisi kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari, munculnya sensasi terbakar atau sakit, serta wajah memerah dan iritasi kulit ketika mengonsumsi minuman keras.

Demikianlah yang telah di sampaikan mengenai Salep untuk Bercak Putih di Kulit, semoga artikel ini sangat membantu.

Sponsors Link
, , , , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan