Sponsors Link

5 Salep Menghilangkan Kutil yang Dijual Bebas di Apotik

Sponsors Link

Papiloma atau kutil adalah penyakit kulit yang berupa benjolan kecil (tumor jinak) yang disebabkan oleh virus papiloma manusia (human papiloma virus, disingkat HPV). Di Indonesia khususnya, penyakit kulit ini terbilang ke dalam penyakit yang sangat umum terjadi. Setiap tahunnya terdapat 2 juta kasus penyakit kutil di Indonesia.

ads

Kutil sangat mudah menular, karena virus penyebabnya dapat menyebar dengan mudah. Hanya dengan adanya kontak fisik langsung dengan kulit penderita atau menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus HVP saja, kita akan terkena kutil. Meskipun demikian, tidak semua orang rentan terkena kutil. Semuanya tergantung dari tingkat kekuatan sistem imun tubuh masing-masing.

Beberapa ciri kutil yang sangat umum atau gejala kutil, antara lain:

  • Adanya tonjolan pada kulit
  • Benjolan terasa kasar saat disentuh
  • Benjolan biasanya berbentuk bulat meskipun terkadang bisa juga berbentuk memanjang tipis
  • Diameter benjolan kutil berkisar antara 0,1 sampai 1 sentimeter
  • Biasanya muncul di tangan atau di permukaan a bisa muncul pada kulit daerah tubuh manapun

Salep Menghilangkan Kutil

Kutil sebenarnya bukan masalah kesehatan yang tergolong berbahaya. Meskipun demikian, kutil harus segera diatasi, sebab penyakit kulit ini sangat menggangu dan membuat tidak nyaman. Terlebih lagi kutil membuat penampilan si penderitanya terganggu jika muncul di area yang bisa dilihat orang lain. Penderita kutil juga bisa mengalami gangguan rasa kurang percaya diri akibat penyakit kutil yang dideritanya.

Kutil pada umumnya bisa disembuhkan tanpa pertolongan dokter. Namun, ada juga jenis kutil yang harus ditangani melalui prosedur operasi. Khusus untuk kutil yang dapat disembuhkan sendiri di rumah tanpa bantuan dokter, biasanya bisa disembuhkan hanya dengan dioleskan oleh salep untuk menghilangkan kutil yang bisa didapatkan dengan mudah di apotik terdekat.

Apa saja salep menghilangkan kutil? Terdapat cukup banyak jenis salep menghilangkan kutil yang bisa dibeli di apotik. Salep ini juga bisa dibeli dengan atau tanpa resep dokter. Akan tetapi, sebelum memilih dan membeli salep kutil, sebaiknya Anda tahu kondisi tubuh Anda sendiri. Hal itu dikarenakan mungkin saja Anda alergi terhadap zat tertentu yang terkandung di dalam salepnya. Untuk itu, sebelum menggunakan salep secara rutin, lebih baik lakukan tes alergi terlebih dahulu.

Di bawah ini adalah sejumlah salep menghilangkan kutil yang bisa ditemukan di apotik:

1. Callusol

 CallusolSalep menghilangkan kutil pertama yang dijual bebas di apotik adalah Callusol. Obat salep ini mengandung asam laktat, asam silsilat, dan polidocanol sebagai bahan aktifnya. Cara kerja salep ini adalah dengan melunakkan dan menipiskan kutil yang tebal. Callusol berperan sebagai agen keratolik yang melarutkan zat keratin (zat penyebab kulit keras). Saat zat keratin larut, kulit akan lebih mudah mengalami penipisan secara bertahap. Untuk itu, salep Callusol sangat ampuh dalam menghilangkan kutil.

Selain itu, asam laktat yang terkandung di dalam salep ini berperan sebagai agen emolien, yakni agen untuk melembabkan kulit. Sehingga kulit yang dihinggapi kutil yang kering dan kasar akan menjadi lembut dan lembab. Sedangkan zat polidocanol yang terkandung dalam salep ini berfungsi untuk menghilangkan rasa gatal akibat kutil. Tidak hanya dapat mengobati kutil, salep ini juga bisa dipakai untuk mengatasi penyakit kulit lainnya seperti penyakit mata ikan, kulit kapalan, dan kulit mengeras. Adapun cara pemakaian salep ini, di antaranya:

Sponsors Link

  • Bersihkan daerah kulit dan kutil yang akan diobati
  • Sediakan kapas atau kasa yang disesuaikan dengan ukuran luas permukaan kutil
  • Tuangkan salep Callusol secukupnya pada kapas atau kasa yang telah disiapkan sebelumnya
  • Tempelkan kapas atau kasa tersebut pada area kutil
  • Tutuplah dengan plester
  • Ganti kapas atau kasa setiap habis mandi pagi dan sore
  • Ulangi terus tahap-tahap di atas sampai kutil mengelupas atau hancur

Catatan: hindari penggunaan salep ini pada kulit normal, karena akan menimbulkan rasa terbakar. Hanya tempelkan salep ini pada permukaan kulit yang terkena kutil saja. Jangan gunakan obat ini untuk mengatasi kutil yang muncul pada kulit area wajah dan kelamin, karena terdapat perbedaan kutil kelamin dan kutil biasa. Berhenti pemakaian salep ini jika kutil tidak kunjung hilang atau jika timbul reaksi alergi tertentu.

2. Collomack

CollomackSalep menghilangkan kutil selanjutnya yaitu Collomack. Pada dasarnya zat aktif yang terkandung di dalam salep ini sama dengan zat aktif yang terkandung di dalam obat salep kutil Callusol, yakni asam laktat, asam silsilat, dan polidocanol. Sehingga mekanisme salep ini juga mirip dengan salpe Callusol, yaitu dengan cara menipiskan, menghaluskan, dan melembabkan kulit yang terkena penyakit kutil secara bertahap.

Salep ini selain indikasinya dapat menyembuhkan kutil juga berindikasi dapat mengatasi bisulan serta masalah kulit lainnya. Cara menggunakan salep ini sangat mudah. Anda hanya tinggal mengoleskannya pada permukaan kulit yang terkena kutil hingga muncul ciri-ciri kutil akan sembuh dan kutil menghilang. Anjuran penggunaan salep ini adalah untuk dioleskan setiap sebelum tidur. Hindari mengoleskan salep kutil Colomack di area sekitar mata. Efek samping yang bisa ditimbulkan adalah berupa iritasi pada kulit, seperti kulit memerah atau gatal.

ads

3. Kutilos

KutilosKutilos adalah salep menghilangkan kutil yang mudah ditemukan di apotik. Tidak seperti salep kutil kebanyakan yang hanya boleh digunakan pada kutil yang muncul di area tertentu saja, salep kutil Kutilos dapat dioleskan pada jenis-jenis kutil yang muncul di permukaan kulit mana saja, baik itu di wajah, leher, tangan, kaki, dan area lainnya. Salep ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak.

Sama seperti salep kutil pada umumnya, bahan aktif yang terkandung di dalam Kutilos adalah asam salsilat, asam laktat, dan polidocanol. Sehingga cara kerja salep ini pun cukup mirip dengan cara kerja salep penghilang kutil lainnya. Tak hanya untuk mengatasi kutil, salep ini juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti mata ikan, kapalan, dan kulit yang mengeras. Cara menggunakan salep ini juga cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan pada kulit yang terkena kutil yang telah dibersihkan setiap 2 kali sehari.

4. Benoson Cream

Benoson CreamBeberapa orang mengklaim kutilnya sembuh karena diolesi oleh salep Benoson Cream. Namun, jika dilihat dari komposisi aktifnya, krim atau salep ini mengandung bahan aktif berupa betametason. Betametason sendiri adalah zat yang tergolong ke dalam zat steroid yang berperan sebagai anti inflamasi atau anti radang, anti gatal, dan pengecil pembuluh darah. Sehingga jika dilihat dari bahan penyusunnya saja, salep ini tidak begitu ampuh dalam menghilangkan kutil, yang merupakan masalah kesehatan pada kulit yang berupa benjolan yang bertekstur keras dan kering.

Meskipun demikian, krim ini bisa digunakan apabila terjadi peradangan atau gatal-gatal pada area tumbuhnya kutil. Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati saat pemakaiannya, karena bisa saja salep ini justru malah akan menimbulkan gejala lain. Untuk itu, lebih baik konsultasikan pada dokter jika ingin menggunakan salep Benoson Cream untuk menyembuhkan kutil Anda.

5. Betadine Salep Antiseptik

Berdasarkan namanya, Betadine salep antiseptik hanya bisa digunakan sebagai agen antiseptik, atau mengatasi infeksi pada kulit. Sehingga Betadine salep ini tidak begitu ampuh untuk menghilangkan kutil. Terlebih lagi salep ini memiliki indikasi untuk mencegah dan mengobati infeksi kulit akibat bakteri dan jamur. Sehingga kurang begitu bisa dalam mengatasi kutil yang pada dasarnya disebabkan oleh virus. Namun, betadine salep antiseptik masih bisa digunakan untuk mengobati infeksi pada kutil, apabila kutil mengalami infeksi. Salep ini juga bisa dioleskan pada area permukaan di sekitar kutil yang mengalalami infeksi.

Pengobatan Kutil Secara Alami

Itulah beberapa salep yang bisa digunakan untuk mengatasi kutil. Selain dengan menggunakan salep menghilang kutil di atas. Di bawah ini adalah beberapa cara sebagai obat kutil kelamin tradisional yang bisa dilakukan untuk mengobati kutil secara alami:

Sponsors Link

1. Minyak Tea tree

Minyak tea tree mengandung antivirus dan antiseptik alami yang dapat membantu menghilangkan kutil. Cara menggunaka minyak tea tree sebagai obat kutil sangat mudah, hanya tinggal meneteskannya pada kapas atau kasa, kemudian tempelkan kapas atau kasa tersebut pada kutil, lalu tuutp dengan plester. Ulangi cara ini sampai kutil rontok.

2. Menempelkan Perekat (Lakban)

Cara ini memamng terdengar aneh, tetapi beberapa orang telah terbukti sembuh kutilnya dengan cara menempelkan perekat pada kutil mereka.

3. Vitamin C

Anda bisa membeli vitamin C berbentuk tablet, kemudian menghancurkannya dan mencampurkannya dengan sedikit air sampai seperti berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta tersebut pada kutil, lalu tutup dengan plester. Buka plester di malam hari, kemudian ulangi cara ini beberapa kali sampai kutil mengelupas.

4. Cuka Apel

Cuka apel terkenal akan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Karena mengandung zat asam, cuka apel dapat digunakan untuk membunuh virus penyebab kutil. Sehingga mengoleskan cuka apel pada kutil bisa menjadi cara untuk menyembuhkan kutil. Cuka apel juga memiliki manfaat cuka apel untuk kutil kelamin.

Demikianlah artikel mengenai salep menghilangkan kutil dan sedikit tip untuk menyembuhkan kutil secara alami. Harus selalu diingat bahwa tidak semua orang yang menderita kutil dapat sembuh dengan salep kutil yang disebutkan di atas, karena kondisi tubuh tiap orang berbeda. Untuk itu,segera hubungi dokter jika kutil tidak kunjung menghilang atau bahkan bertambah parah setelah diolesi salep menghilangkan kutil.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan