Sponsors Link

8 Obat Salep Kulit Gatal di Selangkangan yang Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Rasa gatal di selangkangan yang sering terasa dan berkepanjangan menyebabkan perasaan tidak nyaman dan risih. Terlebih jika rasa gatal muncul disaat yang tidak tepat. Seperti ketika sedang mengenakan celana berbahan jeans atau saat berada di keramaian yang tidak memungkinkan untuk mengoleskan salep kulit gatal di selangkangan. Rasa gatal di selangkangan ini umumnya disebabkan oleh infeksi jamur yang disebut juga dengan Tinea Cruris. Jamur memang suka sekali tumbuh di daerah yang hangat dan lembab seperti selangkangan ini. Penting untuk mengetahui cara penularan panu atau penyakit kulit lainnya, yakni melalui kontak kulit, lesi yang menempel di kuku, handuk atau pakaian. Berikut adalah beberapa obat berupa salep kulit gatal di selangkangan karena jamur atau eksim (psoriasis inversa) yang bisa ditemukan di apotik.

ads
  1. Miconazole

Obat luar berupa salep ini bisa untuk mengatasi infeksi jamur di kulit sebagai cara mengobati panu, kurap (tinea), candidiasis, candidiasis oral, infeksi jamur di mulut (candidiasis oral). Meski ada perbedaan kurap dan eksim, namun obat yang digunakan sama. Khusus untuk infeksi jamur di mulut ini ada sediaan oral gel dari Miconazole ini. Salep ini bekerja dengan merusak struktur sel jamur dan menghentikan pertumbuhan sel jamur.

  1. Naftifine

Obat salep Naftifine ini merupakan antijamur yang cara kerjanya mencegah perkembangan jamur. Khusus sebagai obat luar yang mengatasi masalah kulit karena jamur seperti kaki atlet, ringworm, dan jock itch. Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan salep ini di daerah sekitar mata, vagina, hidung dan mulut.

  1. Clotrimazole

Obat antijamur Clotrimazole ini berfungsi mengobati infeksi jamur di kulit seperti penyakit kurap kering, panu dan tinea pedis. Selain itu juga bisa mengobati infeksi jamur di liang telinga (otitis eksterna) dan vagina (candidiasis vaginalis). Obat ini akan menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit.

  1. Ketokonazole

Salep Ketokonazole ini berfungsi untuk membunuh jamur yang menjadi penyebab infeksi kulit dan juga mencegah jamur tumbuh kembali. Salep ini bisa digunakan untuk penyakit kulit seperti kurap yang terdapat pada badan, kaki, lipatan paha, panu, dermatitis seboroik dan juga ketombe.

  1. Oxiconazole

Obat antijamur berupa salep ini bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan jamur di kulit yang menyebabkan berbagai penyakit di kulit. Salep ini bisa digunakan untuk infeksi jamur yang menyebabkan pertumbuhan panu dan kurap yang bisa tumbuh di dada, leher, punggung, lengan, kaki atau dibagian tubuh lainnya.

  1. Kortikosteroid

Obat kortikosteroid ini juga bisa digunakan sebagai salep kulit gatal di selangkangan, namun harus dengan anjuran dokter karena termasuk obat keras yang bisa menimbulkan efek samping jika penggunaan tidak sesuai. Efek samping yang ditimbulkan bisa berupa penipisan kulit, membuat warna kulit menjadi pucat, menghambat penyembuhan luka dan juga meningkatkan resiko infeksi kulit jika penggunaan tidak tepat.

  1. Itrakonazol

Cara kerja salep kulit gatal di selangkangan ini adalah dengan membunuh dan mencegah tumbuhnya kembali jamur pada kulit yang menyebabkan infeksi. Bisa digunakan untuk penyakit kulit seperti kurap, panu dermatitis seboroik dan ketombe.

  1. Terbinafine

Sama dengan obat anti jamur lainnya yang juga bekerja dengan menghentikan pertumbuhan jamur dikulit, Terbinafine ini dapat mengobati infeksi jamur yang terdapat di kulit tubuh, kulit kepala, dan pada kuku tangan serta kaki.

Itulah 8 salep kulit gatal di selangkangan yang  bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal karena infeksi jamur dan juga untuk cara mengobati eksim. Selain menggunakan salep, cara mengobati panu dengan lengkuas juga patut dicoba yang merupakan obat jamur kulit tradisional.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan