Sponsors Link

8 Macam Salep Kulit Gatal Bintik Merah yang Efektif Aman Untuk Anda Coba

Sponsors Link

Kulit memainkan peran yang sangat penting sebagai penghalang untuk bahan kimia dan kontaminan lainnya memasuki tubuh, karenanya apabila terjadi gangguan pada kulit akan dapat mengganggu berjalannya fungsi utamanya tersebut. Karena berinteraksi langsung dengan lingkungan, kulit memainkan peranan penting di dalam sistem  kekebalan tubuh, terutama dalam melindungi diri dari patogen ataupun kehilangan air yang berlebihan. Fungsi lainnya adalah untuk mengatur suhu, sebagai indera perasa, menyerap dan mengolah vitamin D, dan juga sebagai perlindungan dari folat vitamin B.

ads

Tetapi karena fungsinya itulah kulit menjadi rentan terhadap serangan dari benda-benda asing yang ada di luar tubuh, mulai dari benturan fisik (trauma), zat-zat berbahaya, hingga kepada gigitan ataupun sengatan serangga yang tentunya berbeda-beda tingkat risikonya. Pada umumnya, kulit yang terkena gigitan serangga atau zat kimia tertentu akan bereaksi dengan munculnya bintik-bintik merah yang biasanya disertai dengan rasa gatal ataupun rasa menyengat tergantung dari penyebabnya.

Sebelumnya, baca juga beberapa artikel kami terkait penyakit kulit dan kelamin lainnya seperti kenapa kulit wajah berminyak tapi dehidrasi, kemudian apa itu yang dimaksud dengan pruritus senilis, kemudian mengapa keloid keluar nanah, lalu apa saja gejala dan penyebab dishidrosis, dan banyak lagi yang lainnya.

Berbicara tentang penyebab, banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya luka, iritasi, ataupun peradangan pada kulit yang masing-masing akan memiliki ciri yang berbeda-beda, dan begitu pula dengan dampak yang akan ditimbulkan oleh penyebab-penyebab tersebut sehingga anda perlu lebih waspada apabila terkena gigitan serangga atau tersiram zat berbahaya. Beberapa penyebab munculnya penyakit pada kulit yang berasal dari luar tubuh antara lain adalah:

  • Gigitan atau sengatan dari serangga,
  • Terkena zat asing yang berbahaya bagi kulit,
  • Infeksi dari jamur yang menempel pada kulit,
  • Gigitan dari kutu atau tungau,
  • Kuman dan bakteri yang menumpuk pada kulit.

Tidak hanya faktor dari luar saja, penyebab iritasi atau adanya luka dan radang pada kulit juga bisa disebabkan dari dalam seperti dari makanan yang dikonsumsi, reaksi alergi atas suatu makanan atau minuman, paparan zat yang terhirup oleh tubuh, atau sebagai komplikasi dari penyakit lain yang diderita. Kulit yang jarang dibersihkan pun sangat rentan terkena penyakit kulit dikarenakan kuman-kuman serta bakteri yang menempel dalam waktu lama akan semakin menggerogoti lapisan luar dari kulit yang lama kelamaan akan dapat menembus masuk ke dalam yang tentunya akan sangat berbahaya.

Anda juga tidak sebaiknya meremehkan penyakit kulit yang anda rasakan, dan sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter kulit, karena banyak penyakit kulit yang berbahaya berawal dari gejala yang serupa dengan penyakit kulit ringan sehingga diperlukan diagnosa dari ahli medis, dan dalam hal ini adalah dokter kulit atau dermatologis. Untuk mendiagnosis kondisi kulit, dokter biasanya akan mempertimbangkan riwayat medis dan juga gejala yang dialami oleh penderita. Dokter akan menilai dari ukuran, bentuk, lokasi, warna tonjolan, lepuhan, dan ruam yang nantinya akan dapat membantu dokter untuk menentukan penyebabnya.

Salep Kulit Gatal Bintik Merah

Salah satu gejala paling umum adalah munculnya bintik merah pada kulit, yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, dan umumnya berasal dari luar tubuh, meskipun pada beberapa kasus bisa juga terjadi dikarenakan reaksi alergi atas makanan dan minuman yang dikonsumsi. Beberapa penyakit yang mungkin anda derita apabila menemukan bintik-bintik merah tersebut muncul pada tubuh anda antara lain adalah sebagai berikut:

  • Cacar air, yang disebabkan oleh adanya virus dan bisa menular apabila bintiknya pecah dan terkena ke tubuh orang lain, serta dapat menyebabkan demam tinggi, dan bisa menjalar ke bagian tubuh mana saja termasuk ke dalam mulut dan tenggorokan, 
    Sponsors Link

  • Jerawat, yang disebabkan oleh kuman dan bakteri yang bisa dihilangkan dengan cara rajin membersihkan kulit setelah beraktifitas,
  • Campak, yang juga dikenal dengan istilah Rubeola, merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus dan karenanya akan menyebabkan demam seperti pada cacar air sehingga harus segera diperiksakan ke dokter,
  • Biang Keringat, yang biasanya disebabkan oleh suhu yang terlalu panas, dan bisa dihilangkan menggunakan obat berjenis salep, bedak, lotion ataupun gel,
  • Penyakit kulit akibat jamur, yang beberapa diantaranya juga dapat menyebabkan timbulnya bintik merah pada kulit serta sangat menular kepada mereka yang sistem pertahanan tubuhnya lemah sehingga harus segera diobati,
  • Impetigo, yang diakibatkan oleh bakteri dan sangat menular sehingga harus segera diobati dan dijaga aktivitasnya sehari-hari,
  • Selulitis, yang biasanya muncul pada area kaki yang juga disebabkan oleh bakteri, serta bisa sangat membahayakan diri penderita apabila tidak segera diobati karena bakteri akan menyusup masuk ke dalam tubuh,
  • Cacar ular atau cacar api, yang serupa dengan cacar air, disebabkan oleh virus dan bisa hilang sementara kemudian muncul kembali sehingga sangat sulit diprediksi, meskipun bisa dibilang cacar ini bukanlah termasuk ke dalam penyakit yang berbahaya.
  • Alergi, yang merupakan reaksi tubuh apabila terjadi penolakan atas suatu zat-zat yang menjadi alergen bagi tubuh,
  • Gigitan atau sengatan serangga, yang juga bisa menyebabkan kulit gatal-gatal disertai bintik merah pada permukaannya.
ads

Dari beberapa contoh penyakit diatas, bisa anda lihat bahwa dari satu jenis gejala seperti bintik merah saja akan banyak kemungkinan penyakit-penyakit kulit yang dapat diderita sehingga sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit apabila gejala muncul.

Penyakit-penyakit tersebut bukannya tidak bisa diobati dan malah ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna menghilangkan penyakit kulit tersebut dari kulit, misalnya dengan meminum obat seperti antibiotik atau obat anti-alergi, atau dengan cara mengoleskan krim, lotion, gel, ataupun salep kulit gatal bintik merah yang akan kami bahas kali ini. Beberapa jenis salep kulit gatal bintik merah yang dikenal ampuh dalam mengobati penyakit tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bioplacenton

Salep kulit gatal bintik merah Bioplacenton ini biasa digunakan sebagai pengobatan untuk luka berjenis luka bakar, tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati bintik-bintik merah pada kulit dikarenakan kandungan Neomisin Sulfat dan ekstrak plasenta yang berguna dalam membunuh bakteri penyebab bintik merah tersebut.

2. Calamine

Obat salep kulit gatal bintik merah yang termasuk ke dalam kategori antihistamin yang satu ini sangat ampuh dalam mengobati gatal-gatal ataupun iritasi yang terjadi pada kulit, terutama yang dikarenakan zat-zat yang berasal dari tumbuhan-tumbuhan yang mengandung racun.

3. Hidrokortison

Hidrokortison merupakan salah satu jenis obat kortikosteroid yang sangat ampuh dalam menyembuhkan peradangan pada area kulit, kemudian juga dapat digunakan sebagai obat alergi, gangguan pernafasan, serta obat bagi banyak penyakit lainnya terutama yang berhubungan dengan kulit.

Akan tetapi, obat salep kulit gatal bintik merah yang satu ini perlu diwaspadai penggunaannya, karena memiliki efek samping yang cukup membahayakan yaitu melemahkan sistem kekebalan tubuh dan akan membuat penderita akan lebih rentan terkena penyakit lainnya, atau bahkan memperburuk kondisi penyakit yang diderita.

4. Mederma

Mederma adalah merek yang banyak direkomendasikan oleh para dermatologis, terutama bagi anda yang ingin menyembuhkan bekas luka, baik yang masih baru ataupun sudah lama, dan membuat kulit menjadi mulus kembali, serta juga dapat menghilangkan bintik-bintik merah yang muncul pada kulit.

5. Anhydrous Lanolin

Obat ini digunakan sebagai pelembab untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, kulit gatal dan iritasi kulit ringan (misalnya, ruam popok, kulit terbakar dari terapi radiasi). Dengan kandungan Emolien yang merupakan zat yang melembutkan dan melembabkan kulit serta mengurangi rasa gatal dan mengelupas.

6. Elocon

Obat ini digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, alergi, dan ruam-ruam kemerahan yang muncul di permukaan kulit. Obat ini sendiri tersedia dalam beberapa bentuk termasuk krim, salep, dan lotion (bubuk).

7. Dipenhydramine

Sponsors Link

Diphenhydramine adalah antihistamin yang sangat ampuh digunakan untuk mengobati alergi dengan cepat sehingga akan dapat berguna bagi anda yang mengalami bintik merah akibat alergi. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan gatal dan rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar ringan/ goresan, kulit terbakar akibat matahari, gigitan serangga, dan juga iritasi ringan pada kulit

8. Dermatix

Salep kulit gatal bintik merah yang selanjutnya adalah Dermatix Ultra yang merupakan obat yang terbukti efektif dalam penanganan bekas luka. Dengan kandungan cyclopentasiloxane yangh baik dalam meratakan dan melembutkan bekas luka, serta memiliki kandungan Vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit anda. Beberapa salep kulit gatal bintik merah di atas tentunya tidak bisa anda beli sembarangan dan kami juga tidak menyarankannya, karena sebaiknya anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter guna dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga obat yang diberikan akan tepat sasaran.

Anda juga bisa membaca artikel kami terkait obat-obatan untuk kulit lainnya seperti salep untuk cantengan, kemudian salep untuk bercak putih di kulit, lalu ada juga salep untuk ruam kulit pada bayi yang ampuh untuk anda coba,  5 jenis salep untuk Pruritus, dan ada juga 8 jenis salep untuk Dyshidrotic Pompholyx, dan masih banyak lagi. Dengan membaca informasi yang ada pada artikel ini diharapkan anda akan dapat memahami lebih lanjut mengenai apa saja salep kulit gatal bintik merah yang baik untuk digunakan, dan bisa menambah pengetahuan untuk anda jadikan referensi sebelum menemui dermatologis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan