Sponsors Link

Sakit pada Telur Kemaluan Pria – Bahaya, Penyebab, dan Penanganannya

Sponsors Link

Testis atau telur kemaluan pria adalah aset penting yang dimiliki pria. Testis bertanggung jawab atas produksi sperma yang berguna untuk membuahi sel telur wanita. Telur kemaluan pria juga bisa saja mengalami kelainan seperti sakit pada telur kemaluan pria, terkena penyakit menular seksual, atau kanker prostat. Siapapun pasti tidak ingin mengalaminya, dan bagi mereka yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini akan merasa khawatir akan kesehatannya. Karena kesehatan organ resproduksi dan kesuburannya akan dipertanyakan.

ads

Meskipun tidak semua pria mengalami hal ini namun setidaknya mulai sejak dini perlu dilakukan pencegahan untuk mengurangi dampak buruknya yang begitu besar nanti. Seperti rajin berolahraga, menjaga berat tubuh agar proporsional, menghindari kebiasaan merokok, minuman keras serta tidak melakukan seks bebas. Jika hal tersbut rutin dilakukan, maka kesehatan ada di tangan anda. Mereka yang sakit adalah mereka yang tidak peduli akan kesehatannya sendiri. Utamakan kebersihan pada alat kelamin, dapat dimulai dengan membersihkan ujung kemaluan setelah buang air, mencuci celana dalam dengan benar dan rajin mengganti celana dalam. Masih banyak ditemui mereka yang tidak membersihkan kemaluan setelah berkemih, padahal bakteri dan sisa kotoran masih menempel dan menjadi bibit penyakit nantinya.

Penyebab sakit pada telur kemaluan

Penyakit yang timbul pasti memiliki penyebab yang seharusnya kita ketahui untuk mempermudah cara pengobatan. Penyebab juga bisa digunakan sebagai solusi meringankan dampak dari penyakit itu sendiri. Dengan mengetahuinya maka kita akan lebih paham mengenai penyakit yang di derita. Kesalahan yang sering terjadi sebelum dilakukannya pengobatan adalah mengabaikan penyebab dan langsung mengambil poin dari diagnosa yang di deteksi. Menyelesaikan suatu masalah baiknya adalah mengetahui penyebabnya, sehingga akibat dari penyakit tersebut bisa dikelani dan diatasi. Berikut adalah penjelasannya :

  1. Kanker testis

Penyebab nyeri pada ujung kemaluan pria yang lainnya adalah karena kanker testis. Ciri yang ditimbulkan antara lain benjolan pada testis, rasa nyeri yang pedih, atau bahkan terjadi pembengkakan. Kanker testis adalah masalah serius yang tidak boleh diobati secara sembarangan. Penderita akan merasa terganggu ketika menjalani aktifitas karena terhantui oleh rasa sakit dan dampak buruknya bagi kesehatan. Operasi adalah cara yang paling efektif karena terdapat prosedur yang berpengaruh pada kesehatan organ reproduksi anda. Selain itu cara yang bisa dilakukan adalah mengganti testosterone sehingga keadaan kelamin normal kembali. Namun sebelum melakukannya, pikirkan kembali mengenai efek samping yang mungkin saja terjadi. Sebelum anda benar-benar menyesal nantinya.

  1. Hidrokel

Hidrokel adalah penumpukan cairan berlebih pada testis yang membuat skrotum membesar dan terlihat bengkak. Keadaan ini juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir. Ketika merasakan sakit pada telur kemaluan pria tersebut, bayi akan merengek dan menangis karena kesakitan. Hidrokel dapat diatasi dengan menyedot cairan menggunakan jarum suntik steril. Sebelum dilakukannya penyedotan, skrotum di olesi dengan obat bius untuk mengurangi rasa sakit akibat suntikan jarum. Penanganan pasca penyedotan ini harus dilakukan dengan benar, agar penyakit tidak lagi kambuh dan pengobatan bisa total.

  1. Epidimitis

Epidimitis adalah peradangan yang terjadi pada epidimis. Organ tersebut terletak di belakang testis dan berfungsi untuk membawa dan menyimpan sperma. Penyakit tersebut terjadi karena hubungan seks tidak sehat, pola hidup serta faktor keturunan. Lakukan cara mencegah penyakit menular seksual untuk memperkecil risiko penyakit lain yang lebih berbahaya.

  1. Infeksi saluran kemih 

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran kemih dan menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil. Seseorang yang mengalami sakit saluran kencing akan menemui hal aneh seperti air kencing berwarna pekat, berbau dan bercampur darah. Gejala tersebut akan menemui puncaknya dengan sakit demam. Penyakit ini juga menyerang sistem kekebalan tubuh, maka dari itu penderita sebaiknya banyak minum air putih untuk melancarkan buang air kecil dan untuk membersihkan bakteri yang ada. Dianjurkan untuk tidak menahan kencing dalam waktu yang lama, karena efeknya anda bisa mengalami batu ureter yang lebih berbahaya dari infeksi saluran kemih.

Sponsors Link

Bahaya sakit pada telur kemaluan

Selain terdapat penyebab, sakit pada telur kemaluan pria juga bisa menimbulkan bahaya jangka panjang yang mematikan. Karena jik kita mengulas lebih dalam, sakit pada telur kemaluan memang terlihat sepele tapi nyatanya hal tersebut adalah gejala penyakit kelamin awal dari penyakit yang lebih berbahaya. Tidak ada yang tahu dan tidak ada yang menduga kapan bahaya tersebut bisa menyerang tubuh kita. Hal terbaik ketika sudah merasakan beberapa gejala ganjil, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter spesialis kelamin. Tujuannya sudah pasti, agar penyakit segera pergi dari tubuh anda. Untuk lebih jelasnya mengenai bahaya sakit pasa telur kemaluan, simak ulasannya di bawah ini :

  1. Gonore

Gonore adalah infeksi penyakit menular seksual yang ditandai dengan kencing nanah, keluar cairan berupa darah, bengkak berwarna kemerahan pada penis atau rasa sakit pada penis. Jika anda menemui salah satu atau beberapa dari tanda-tanda terkena penyakit kelamin tersebut anda di haruskan untuk segera pergi ke dokter. Karena dengan begitu anda bisa mengetahui penyebab dan cara mengobatinya. Banyaknya nyawa melayang akibat ini disebabkan karena lambatnya penanganan dan rasa malas untuk memeriksakan diri.

  1. Kanker prostat

Kanker prostat adalah mimpi buruk bagi semua pria. Pasalnya jika pria memiliki riwayat penyakit ini akan berpengaruh pula pada kelangsungan hidupnya. Kanker prostat rata-rata terjadi pada usia senja sekitar 50 tahun ke atas. Ciri yang tampak dari kanker prostat adalah sulit berkemih, nyeri pada kemaluan, keluarnya cairan berupa darah dan terdapat darah pada sperma. Kebiasaan minum kopi langsung seduh tanpa disaring ternyata bisa mengurangi risiko kanker prostat yang bisa anda lakukan di rumah atau dimanapun. Tapi bukan berarti kopi café yang di saring menimbulkan kanker prostat, hanya saja kandungan baik pada kopi akan tertinggal pada kertas penyaring sehingga kopi yang diminum kehilangan zat baiknya.

ads

Penanganan sakit pada telur kemaluan

Cara menyembuhkan sakit pada telur kemaluan harus ditangani dengan benar, karena ini merupakan masalah serius yang menyangkut kesehatan organ reproduksi pria. Diagnosa pada sakitnya telur kemaluan memang bisa menghasilkan banyak praduga yang membuat cara penangannya menjadi sulit. Untuk itu ketika sedang menjalani masa pengobatan lakuka saja dengan maksimal dan jangan setengah-tengah, sehingga jika ada bibit penyakit lain yang mungkin bisa menjadi penyakit baru, akan sekalian teratasi keitka pengobatan yang dilakukan maksimal. Tidak ada yang lebih daripada mencegah, selanjutnya anda lah yang berhak menentukan bagaimana cara menjaga kesehatan and sendiri. penanganan sakit pada telur kemaluan pria adalah sebagai berikut :

  • Kompres dengan es batu

Rasa sakit yang terasa dapat diatasi dengan mengompres es batu. Caranya dengan membungkus es batu dengan kain bersih baru kemudian di kompreskan. Es batu memiliki sifat baik sebagai relaksasi dan memberikan rasa nyaman pada kemaluan. Tapi sebaiknya perhatikan dahulu apakah ada lecet pada kulit kelamin pria atau tidak, karena luka terbuka akan semakin perih jika terkena es batu. Meskipun cara pengobatan ini bukanlah cara yang terlalu efektif, tapi setidaknya rasa sakit sedikit teratasi. Siapa sangka cara yang terlihat sederhana bisa mengurangi sakit pada organ penting anda, poin pentingnya adalah berani mencoba.

  • Minum obat antibiotik

Obat antibiotik bermanfaat untuk membunuh virus akibat rasa sakit, serta pengobatan mudah yang bisa dilakukan di rumah. Obat antibiotik sendiri bisa di dapatkan dengan mudah pada apotek atau drug store terdekat. Selain itu, antibiotic alami juga bisa dihasilkan oleh bawang putih, bawang merah, madu, kunyit, jahe dan lain sebagainya. Konsumsi obat baik untuk meredakan rasa sakit yang terasa. Jangan membiarkan rasa sakit begitu lama tanpa penanganan apapun, karena dikhawatirkan virus akan menyebar dan rasa nyeri pada kemaluan terdeteksi berbahaya.

  • Minum obat anti kanker

Sakit pada kemaluan pria memang tidak selalu terbukti bahwa penyakit tersebut berbahaya, upaya terbaiknya adalah melakukan pencegahan dengan meminum obat anti kanker. Obat tersebut bisa di dapatkan dengan mudah, biasanya tersedia dalam bentuk ekstrak kapsul adar praktis dan mudah di konsumsi. Obat anti kanker biasanya terbuat dari ekstrak daun sirsak dan kulit manggis. Keduanya mengandung senyawa anti kanker baik untuk pria ataupun wanita. Cara mengobati kutil kelamin secara alami juga bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi obat ini, tentunya untuk mencegah panyakit lainnya.

Itulah beberapa informasi penting mengenai penyebab, bahaya dan cara penanganan dari sakit pada telur kemaluan yang bisa anda baca untuk memperluas ilmu mengenai kesehatan kelamin. Banyaknya media yang menampilkan beragam informasi harus sering anda manfaatkan untuk memperkaya ilmu diri sendiri. Terlebih lagi jika anda mampu menyebarkannya pada orang lain, maka manfaat ganda pastinya anda peroleh. Jaga kesehatan mulai sekarang, menunggu nanti-nanti akan mengundang penyakit datang lebih dini.

Sponsors Link
, , ,