Sponsors Link

6 Sabun untuk Biang Keringat Pada Bayi yang Mudah Ditemukan

Sponsors Link

Apabila bayi Anda sedang terkena biang keringat, dan Anda ingin tahu sabun untuk biang keringat apa yang cocok dan diperuntukan untuk bayi, Anda berada di tempat yang tepat sebab artikel ini akan memberitahu dan membahas tentang sabun untuk biang keringat pada bayi. Sebelum masuk pada pembahasan mengenai sabun untuk biang keringat pada bayi yang bisa Anda coba untuk mengatasi biang keringat yang sedang menyerang bayi Anda, mari kita bahas mengenai biang keringat terlebih dahulu.

ads

Biang keringat atau disebut sebagai miliaria dalam istilah medis. Gangguan kesehatan ini menyerang kulit si penderitanya. Biang keringat akan terjadi pada kondisi ketika keringat, sel kulit mati, atau mikroorganisme berupa bakteri terperangkap di bawah kulit. Biang keringat biasanya menyerang area permukaan kulit pada anggota tubuh bagian leher, pangkal paha, ketiak, siku, dada, bahu, punggung, serta area kulit lainnya yang lebih mudah berkeringat.

Biang keringat masih sering dianggap keliru sebagai cacar air atau herpes, padahal ada perbedaan biang keringat dan cacar air serta perbedaan herpes dan biang keringat. Biang keringat khususnya, bias menyerang siapa saja tanpa memperhatikan usia atau jenis kelamin. Meskipun demikian, biang keringat lebih cenderung menyerang orang yang tinggal di tempat yang memiliki iklim tropis dan cuaca panas.

Selain lebih cenderung terjadi pada orang yang tinggal di daerah yang bercuaca panas, ternyata ada kriteria kelompok orang tertentu lainnya yang memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena biang keringat. Orang-orang tersebut, di antaranya:

  • Bayi dan anak-anak. Mereka lebih rentan untuk terkena biang keringat sebab kelenjar keringat yang mereka miliki belum memiliki bentuk yang sempurna. Sehingga ketika mereka berkeringat, keringat bisa terperangkap di bawah kulit dan menyebabkan mereka biang keringat.
  • Bayi yang baru lahir sangat rentan sekali terkena biang keringat terutama selama seminggu pertama semenjak mereka lahir.
  • Orang yang menempati wilayah beriklim tropis dan bercuaca panas.
  • Orang yang sering memakai pakaian yang tidak bisa menyerap keringat dan menyebabkan keringat terjebak di bawah kulit.
  • Orang dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Mereka biasanya akan lebih mudah dan sering berkeringat.

Kita tinggal di Indonesia yang mana merupakan salah satu negara yang beriklim tropis dan bercuaca panas. Itulah mengapa biang keringat merupakan penyakit kulit yang cukup umum terjadi di negara kita. Setiap tahunnya saja terdapat lebih dari 150 ribu kasus biang keringat di negara kita ini.

Gejala yang ditimbulkan oleh biang keringat berbeda-beda tergantung jenis biang keringatnya. Meskipun demikian, ada beberapa ciri-ciri biang keringat yang umumnya muncul, di antaranya:

  • Muncul benjolan-benjolan atau bintik-bintik mereah pad permukaan kulit yang terserang
  • Terjadi pembengkakkan ringan pada daerah yang terserang
  • Terjadi ruam kulit
  • Kulit yang terkena biang keringat akan terasa gatal
  • Rasa nyeri dan sensasi perih seperti tersengat juga akan terasa pda kulit yang terserang biang keringat

Sabun untuk Biang Keringat Pada Bayi

Saat bayi Anda menunjukkan gejala biang keringat yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera melakukan tindakan untuk mengatasinya. Sebab meskipun biang keringat bukanlah salah satu masalah kesehatan yang mematikan yang dapat mengancam nyawa orang yang menderitanya, namun biang keringat yang dialami oleh bayi Anda, dapat membuat ia rewel. Hal itu dikarenakan biang keringat membuat kulit terasa gatal dan perih yang sangat mengganggu mereka. Untuk itu, agar bayi Anda ceria kembali, lebih baik segera lakukan tindakan untuk mengobati biang keringat yang dideritanya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Beberapa cara tersebut di antaranya adalah dengan menggunakan obat tradisional biang keringat, dengan memeriksakannya langsung pada dokter, atau dengan melakukan perawatan sendiri di rumah. Salah satu perawatan biang keringat di rumah adalah dengan menggunakan sabun untuk biang keringat pada bayi yang dapat Anda beli di apotik atau toko terdekat.

Sponsors Link

Perlu diingat bahwa sabun untuk biang keringat pada bayi yang dijual bebas, tidak selalu cocok untuk semua bayi. Hal itu dikarenakan setiap bayi memiliki kondisi kulit dan kondisi tubuh yang berbeda satu sama lainnya. Oleh karena itu, perlu kebijakan sebelum dan ketika menggunakan sabun untuk biang keringatnya. Bila perlu tanyakan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan sabun untuk biang keringat pada bayi ini.

Di bawah ini adalah beberapa jenis sabun untuk biang keringat pada bayi yang dijual bebas dan putut untuk dicoba:

1. Johnson Cooling Baby Bath

Johnson Cooling Baby BathSabun untuk biang keringat pada bayi yang pertama adalah Johnson Cooling Baby Bath. Sabun untuk biang keringat yang satu ini mengandung ekstrak bunga honey suckle yang berperan untuk menciptakan sensasi sejuk pada kulit bayi. Sabun ini juga mempunyai indiksi untuk memberikan nutrisi pada kulit bayi, serta telah terbukti klinis lembut digunakan untuk kulit bayi. Tidak hanya itu, sabun ini dapat mencegah biang keringat dan mencegah ruam akibat biang keringat pada bayi. Johnson Colling Baby Bath ini pun tidak perih di mata, sehingga Anda tidak perlu khawatir bayi akan kepedihan matanya saat dimandikan menggunakan sabun ini.

Sabun ini sangat aman untuk digunakan secara rutin pada saat mandi. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Anda hanya tinggal menuangkan sabun pada tangan Anda, kemudian usapkanlah secara lembut pada selurun tubuh bayi Anda. Anda juga dapat menggunakan kain mandi atau sponge untuk mengusap sabunnya. Akan tetapi, jangan pernah mengusap sabun ini menggunakan sponge atau kain mandi yang kasar pada permukaan kulit bayi Anda yang terkena biang keringat. Sebab jika menggunakan kain yang kasar, ditakutkan biang keringan akan semakin parah dan akan menimbulkan ruam pada kulit bayi Anda.

ads

2. Sebamed Baby Bubble Bath

Sebamed Baby Bubble BathSabun untuk biang keringat pada bayi selanjutnya adalah Sebamed Baby Bubble Bath. Sebamed Baby Bubble Bath adalah salah satu sabun untuk bayi yang memiliki ph 5.5 yang mampu mencegah kulit bayi terkena iritasi atau infeksi oleh bakteri. Sabun ini adalah sabun yang khusus dirancang untuk kulit bayi, sehingga sabun ini memiliki tekstur yang super lembut yang sangat cocok sekali untuk kulit bayi yang lembut dan sensitif. Sebamed Baby Bubble Bath juga sangat ampuh untuk meredakan sensasi gatal yang disebabkan oleh biang keringat. Di bawah ini adalah cara menggunakan sabun ini:

  • Basahkan tubuh Bayi Anda menggunakan air hangat
  • Tuangkan sabun Sebamed Baby Bubble Bath pada telapak tangan Anda atau pada kain mandi yang lembut
  • Usapkan secara lembut sabun ke seluruh tubuh bayi Anda hingga berbusa
  • Bilas dengan air hingga bersih

Anda dapat menggunakan sabun ini setiap kali Anda memandikan bayi Anda. Selain itu, sabun ini juga dapat digunakan disela-sela waktu mandi si bayi. Sama seperti sabun untuk bayi pada umumnya, sabun ini juga tidak perih di mata.

3. Lactacyd Liquid Baby

Lactacyd Liquid BabyLactacyd Liquid Baby adalah sabun untuk biang keringat pada bayi selanjutnya yang patut Anda coba. Sabun ini mengandung lactid acid dan lactoserum yang berperan dalam menjaga bakteri baik serta melawan bakteri jahat pada kulit bayi Anda. Sehingga sabun ini bisa digunakan untuk mengatasi biang keringat yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Adapun cara menggunakan sabun ini, antara lain:

  • Campurkan 3 sampai 4 sendok makan sabun Lactacyd Liquid Baby pada air hangat bersih yang akan dipakai untuk memandikan bayi Anda
  • Usapkanlah secara lembut campuran air dan sabun tadi pada seluruh tubuh bayi Anda dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan kain mandi yang lembut
  • Pastikan juga untuk mengusapkannya pada bagian kulit yang terkena biang keringat dan pada bagian kulit yang rawan terkena biang keringat, seperi paha, lengan, leher, kaki, dan punggung.
  • Bilas kembali tubuh bayi Anda dengan memakai air hangat bersih

4. Giovan Healthy

Sabun untuk biang keringat pada bayi selanjutnya adalah sabun Giovan Healthy. Sabun ini termasuk ke dalam sabun antiseptik yang ampuh dalam mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Selain untuk bayi, sabun ini juga baik digunakan setiap hari untuk orang dewasa.

5. Black Walet

Seperti namanya, Black Walet adalah sabun yang dibuat dari sarang burung walet. Sabun ini bisa digunakan untuk memandikan bayi Anda setiap hari sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi Anda. Selain dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat, sabun ini juga memiliki khasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat lembut kulit.

6. Dettol Anti Bakteri

Sabun untuk biang keringat pada bayi yang terakhir adalah sabun Dettol Anti Bakteri. Sabun ini sudah lama dikenal sebagai sabun yang bisa mencegah dan melawan bakteri yang dapat menginfeksi kulit. Sabun ini juga diklaim dapat mengatasi ruam merah pada kulit bayi akibat biang keringat. Untuk menggunakannya, Anda hanya tinggal mencampurkan sabun ini dengan air hangat bersih yang akan digunakan untuk mandi bayi Anda. Kemudian mandikanlah bayi Anda dengan air yang telah dicampur sabun Dettol tadi.

Itulah sejumlah sabun untuk biang keringat pada bayi yang mudah ditemukan dan dapat Anda coba. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untu Anda.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan