Sponsors Link

4 Perbedaan Jerawat dengan Bisul Pada Wujud dan Ukurannya

Sponsors Link

Jerawat dan bisul adalah salah satu masalah kesehatan yang seringkali muncul dan dialami oleh kita. Jerawat dan bisul mungkin hampir sama yaitu bentuknya muncul seperti benjolan. Jika selama ini Anda mengira jika jerawat dan bisul itu sama maka Anda salah, jerawat dan juga bisul itu merupakan masalah kesehatan pada kulit yang jelas berbeda. Bagi kalian yang mengalami jerawat dan bisul mungkin akan sedikit terganggu. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai perbedaan jerawat dengan bisul sehingga Anda lebih tahu mengenai perbedaannya. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasinya untuk Anda!

ads
  1. Penyebab yang berbeda

Sebenarnya apa yang menyebabkan jerawat dan bisul itu berbeda? Dari namanya saja sudah berbeda ya, salah satu perbedaan yang bisa kita ketahui dari bisul dan jerawat adalah penyebanya yang berbeda. Jerawat yang sering muncul di bagian wajah maupun tempat lainnya seperti punggung itu disebabkan karena penyumbatan minyak atau sel mati. Selain itu, jerawat juga bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri bernama ropionobacterium acne. Berbeda dengan jerawat, bisul yang sering kita alami itu disebabkan oleh bakteri bernama taphylococcus aureus.

  1. Wujudnya berbeda

Selain penyebab dari jerawat dan bisul sendiri berbeda, wujud kedua masalah kesehatan ini pun juga berbeda ya. Untuk jerawat sendiri akan tampak seperti benjolan kecil yang sedikit membengkak dan berwarna kemerahan. Terkadang ada jerawat yang disertai dengan mucnulnya nanah di balik benjolan. Jika wujud dari bisul sendiri adalah seperti benjolan yang terkadang ukurannya lebih besar dari jerawat. Bisul ini berbentuk seperti benjolan, berwarna merah, agak bengkak, dan terkadang akan ada rasa hangat jika disentuh. Bisul berisi nanah yang mana menunjukkan titik putih di ujung atau di puncak bisul itu sendiri.

Baca juga :

  1. Ukuran dan area jangkauan

Perbedaan jerawat dengan bisul yang ketiga adalah ukuran dan juga area jangkauannya. Seperti yang sudah kami sampaikan pada poin nomor 2 di atas tadi jika ukuran dari bisul lebih besar daripada ukuran jerawat. Sedangkan untuk area jangkauan maka area jangkuan dari bisul akan menjadi lebih besar. Bahkan ada beberapa kondisi dimana bisul bisa saling terhubung satu sama lain, kondisi itu disebut dengan karbunkel.

  1. Cara mengobati bisul dan jerawat

Jika tadi kita sudah menyebutkan beberapa penyebab, wujud, dan juga ukurannya. Penganan jerawat dan bisul pun ternyata juga berbeda ya. Jika saat ini Anda sedang mengalami bisul atau jerawat, maka kami menyarankan supaya Anda tahu terlebih dahulu bagaimana cara mengatasi dua masalah ini. Karena dari penyebabnya saja berbeda, tentu saja cara mengatasinya juga berbeda bukan? Tidak usah berlama-lama lagi, berikut adalah bagaimana cara mengatasi jerawat dan juga bisul :

Cara mengatasi bisul :

Yang pertama terlebih dahulu kita akan memberikan infromasi penting kepada Anda semua mengenai cara mengatasi bisul. Karena bisul ini muncul di beberapa bagian tubuh kita tentu saja terkadang itu akan sangat menganggu kita. Oleh karena itu simak beberapa cara di bawah ini supaya bisul bisa segera pulih dan teratasi :

  • Cara pertama ygn bisa kita lakukan adalah dengan mengompres bisul. Terkadang bisul yang muncul di tubuh kita itu akan membuat kita mengalami rasa nyeri dan juga sakit. Untuk mengurangi rasa itu maka Anda bisa menyiapkan handuk kecil yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Cara itu terbukti efektif untuk membantu meringankan rasa sakit.
  • Jika bisul yang kita alami itu mengalami pecah, maka nanahnya akan keluar dan jika nanah itu mengenai bagian kulit yang lain maka bisa jadi muncul infeksi dan bisul bisa muncul di daerah lain. Oleh karena itu kita memerlukan untuk membersihkan bisul menggunakan alkohol dan juga kasa. Teteskan satu tetes alkohol atau sabun antiseptik di kasa kemudian oles di sekitar bisul pecah sehingga Anda terhindar dari bisul yang tumbuh pada area lainnya.
  • Setelah Anda memencet atau mungkin memgangi bisul maka kami menyarankan supaya Anda mencuci tangan Anda menggunakan sabun atau sabun antiseptik sehingga bakteri bisul yang menempel di tangan tidak berpindah ke bagian tubuh lainnya sehingga menyebar bakteri dan kuman bisul.
Sponsors Link

Cara mengatasi jerawat :

Jika tadi kita sudah membahas mengenai bagaimana cara mengatasi bisul, sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi jerawat. Ini dia informasinya untuk Anda :

  • Yang pertama dan wajib Anda semua lakukan ketika mengalami jerawat adalah jangan pernah memencet jerawat. Terutama menggunakan tangan yang kotor, memencet jerawat tidak akan menghilangkannya begitu saja, melainkan akan membuat bekasnya dan malah susah dihilangkan. Jadi mulai sekarang berhentilah memencet jerawat ya.
  • Supaya jerawat kita cepat hilang dan tidak sampai menganggu penampilan maka kita bisa mengatasi jerawat menggunakan bahan-bahan yang alami dan murah. Kita bisa mencoba memanfaatkan timun, memanfatkan ramuan tomat dan campuran minyak zaitun dengan mengoleskannya di wajah kita. Jika melakukan cara alami ini secara telaten maka kita bisa mengatasi jerawat dengan cepat.
  • Jika jerawat sudah parah dan menyebar di seluruh wajah, mungkin Anda juga tidak tahan. Daripada nanti Anda menekan-nekannya lebih baik bawa ke dokter kulit sehingga Anda menadaptkan pengobatan yang lebih pasti.

Baca juga :

Nah itu dia beberapa infromasi mengenai perbedaan jerawat dengan bisul yang bisa Anda semua ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua ya!

Sponsors Link
, , ,