Sponsors Link

5 Perbedaan Herpes Zooster dengan Herpes Genital yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Banyak masyarakat awam yang masih mengira bahwa herpes adalah salah satu jenis dari Penyakit Menular Seksual (PMS). Padahal, ada berbagai macam jenis penyakit herpes yang telah diklasifikasikan oleh para ahli, dan tidak semua penyakit herpes tersebut tergolong ke dalam penyakit menular seksual.

ads

Di antara berbagai macam jenis penyakit herpes, herpes zooster dan herpes genital adalah dua macam jenis penyakit herpes yang memiliki jumlah penderita paling banyak. Masih banyak yang belum mengetahui perbedaan antara herpes zooster dan herpes genital ini. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan herpes zooster dengan herpes genital yang wajib diketahui oleh Anda.

1. Virus Penyebab

Perbedaan herpes zooster dengan herpes genital yang pertama adalah virus penyebab kedua penyakit tersebut. Herpes zooster disebabkan oleh virus yang sama dengan virus yang menyebabkan cacar air, yakni virus varicella-zoster. Virus ini kemungkinan besar akan menginfeksi kembali orang-orang yang pernah cacar air, terutama oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Selain itu,  turunnnya sistem kekebalan tubuh dan stress juga dapat memicu virus ini untuk kembali aktif.

Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks atau herpes simplex virus (HSV). Ada 2 jenis HSV  yakni tipe 1 dan tipe 2. Tentunya, ada perbedaan di antara HSV tipe 1 dan HSV tipe 2 ini. Akan tetapi, herpes genital kebanyakan disebabkan oleh HSV tipe 2. Herpes genital bukanlah penyakit yang dapat sembuh total. Penyakit ini dapat kambuh kembali utamanya ketika daya tahan tubuh turun.

2Gejala Awal

Gejala awal herpes zooster pada awalnya adalah rasa nyeri tanpa ruam  pada daerah yang terinfeksi. Gejala
lain yg mungkin terjadi adalah perasaan tidak enak pada badan, seperti demam, sakit kepala, mudah lelah, dan sensitif terhadap cahaya, terutama cahaya matahari.

Gejala herpes genital ditandai dengan munculnya bisul bernanah di kemaluan yang terasa perih dan panas. Rasa perih dan panas ini dapat menggangu kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan penderita merasakan sakit ketika menelan makanan.

3. Bagian Tubuh yang Terinfeksi

Perbedaan herpes zooster dan herpes genital selanjutnya, yaitu bagian tubuh yang terinfeksi oleh virus kedua jenis herpes ini. Virus penyebab herpes zooster dapat menjangkit bagian kulit tubuh apa saja. Virus ini hanya menginfeksi bagian satu sisi badan atau wajah saja, karena herpes merupakan penyakit yang menginfeksi saraf.

Bagian tubuh yang dapat terinfeksi oleh penyakit herpes genital biasanya adalah seputaran alat kelamin, dan terkadang mulut. Dalam kasus yang langka, penyakit ini juga dapat menginfeksi bagian tubuh lain seperti mata dan otak.

4. Penularan

Penularan menjadi perbedaan herpes zooster dengan herpes genital. Herpes zooster tidak menular kepada semua orang, tapi hanya menular kepada orang-orang yang belum pernah terkena cacar air saja. Penularan herpes zoster ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan si penderita.

Berbeda dengan herpes zooster yang tidak mudah menular kepada siapa saja, herpes genitalia justru mudah menular kepada semua orang. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung, umumnya melalui hubungan seksual. Virus ini juga dapat menginfeksi bayi yang baru lahir dari ibu penderita herpes jika dilahirkan secara normal.

5. Pencegahan dan pengobatan

Hindari menggunakan barang yang sama dengan si penderita, dan jangan pernah meminjamkan barang pribadi kita, seperti anduk, pakaian, dan alat-alat makan kepada si penderita agar kita tercegah dari penyakit herpes zoster. Suntik vaksin herpes zoster juga cara lain untuk mencegah penyakit ini. Akan tetapi, cara ini hanya disarankan untuk para lansia saja. Untuk menyembuhkan herpes zoster, mengonsumsi antivirus herpes zoster adalah cara yang cukup ampuh. Dalam beberapa hari saja, akan muncul ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh.

Banyak cara untuk mencegah herpers genital, di antaranya adalah dengan tidak berganti pasangan seks dan menjaga kebersihan alat kelamin. Sampai saat ini, belum ditemukan antivirus yang ampuh untuk mengobati herpes genital, tapi antivirus herpes genital yang sudah ada dapat digunakan untuk mengendalikan gejala-gejala yang mucul.

Itulah beberapa perbedaan herpes zoster dengan herpes genital. Semoga artikel ini dapat memberikan anda informasi terkait dengan kedua jenis penyakit herpes tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herpes