Sponsors Link

9 Perbedaan Herpes Zooster dan Herpes Simplex yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Ketika mendengar mengenai penyakit herpes, yang terbayang memang penyakit menular seksual. Padahal terdapat macam-macam penyakit herpes yang diakibatkan oleh cara penularan berbeda. Misalnya, herpes zooster. Perbedaan herpes zooster dan herpes simplex terdapat pada virus yang menjadi penyebab penyakit ini serta cara penularannya. Selain itu juga, gejala herpes genital atau simplex dan herpes zooster yang berbeda.

ads

Anda tentu saja sedikit banyak akan mengaitkan kedua penyakit herpes ini dengan bisul bernanah di kemaluan, kenapa dan apa bahayanya? Namun selain itu, perbedaan herpes zooster dan herpes simplex juga terdapat pada beberapa unsur lain. Untuk mengetahui lebih jauh, sehingga Anda pun bisa lebih mewaspadai untuk pencegahan herpes simplex, di bawah ini kami akan berikan uraiannya. Mulai dari dari gejala hingga cara mencegah herpes genital ini sendiri.

Perbedaan herpes zooster dan herpes simplex berikutnya adalah cara penularan.

  • Herpes Simplex merupakan penyakit menular seksual yang ditularkan melalui aktifitas seksual. Nyaris sama dengan cara penularan sifilis melalui air liur.
  • Herpes Simplex dibedakan menjadi dua, yakni tipe satu dan juga dua. Seperti halnya adanya perbedaan HSV 1 dan 2, kedua tipe Herpes Simplex ini pun berbeda. Salah satunya merupakan herpes genital dan juga oral. Namun penularan tetap melalui hubungan seksual.
  • Selain itu, gejala pada Herpes Simplex merupakan munculnya bintik merah dan berair di area genital dan juga mulut. Untuk Herpes genital, bintik ini pun akan muncul di area tersebut begitu pun pada herpes oral.
  • Pengobatan Herpes Simplex paling ampuh terdapat beberapa cara. Namun sebenarnya virus penyakit ini tidak bisa benar-benar hilang dan tetap akan kambuh nantinya.
  • Herpes Zooster memiliki ciri-ciri yang nyaris sama dengan cacar air. Mulai dari munculnya bintik merah yang berisi cairan di beberapa bagian tubuh. Hingga terdapat gejala seperti demam dan juga pilek. Hanya saja, Herpes Zooster tidak mudah menular seperti halnya cacar air.
  • Virus varicella zoster pada penderita Herpes Zooster hanya bisa menular bila terjadi sentuhan langsung dengan bintik merah yang masih basah. Tak bisa melalui udara atau pun cairan liur. Cara pengobatan herpes zooster ini pun nyaris sama dengan cacar air.
  • Herpes Zooster Penyakit satu ini bukan termasuk dalam golongan penyakit menular seksual atau sexual transmitted disease (STD). Ini merupakan perbedaan herpes zooster dan herpes simplex yang pertama.
  • Herpes Zooster atau shingles disebabkan karena adanya infeksi virus varicella zoster. Ya, Anda mungkin sudah sering mendengar mengenai virus varicella zoster ini sendiri.
  • Virus varicella zoster merupakan penyebab dari cacar air atau chickenpox. Namun karena seseorang hanya bisa terkena infeksi virus varicella zoster ini satu kali sepanjang hidup, ketika virus yang sama kembali aktif dalam tubuh akan menjadi penyakit Herpes Zooster.

Uraian di atas memang menjelaskan dengan cukup rinci mengenai perbedaan herpes zooster dan herpes simplex. Dimana keduanya dibedakan berdasarkan dari cara menyembuhkan, penularan dan juga gejala yang dialami oleh penderita. Semoga informasi di atas berguna untuk Anda ya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herpes