Sponsors Link

11 Perbedaan Herpes dan Biang Keringat yang Mudah Dibedakan

Sponsors Link

Beberapa dari Anda mungkin tak bisa melihat perbedaan antara herpes dan biang keringat. Padahal keduanya sudah pasti memiliki gejala hingga tampilan ciri-ciri berbeda. Belum lagi penyebab dari kedua penyakit ini pun bisa dikatakan lain antara satu dengan yang lain. Ada macam-macam penyakit herpes yang biasa menyerang, baik itu pada anak-anak atau pun dewasa. Tak hanya herpes yang merupakan penyakit menular seksual, terdapat jenis herpes kulit atau biasa disebut dengan herpes zoster.

ads

Jenis herpes inilah yang paling sering sulit dibedakan dengan biang keringat. Untuk mengetahui mengenai perbedaan antara herpes dan biang keringat, di bawah ini kami akan memberikan uraian lengkapnya.

1. Herpes kulit atau herpes zoster

Beberapa ulasan bentuk ciri-ciri penyakit herpes zoster sebagai berikut:

  • Merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus.
  • Penyebab dari herpes zoster ini sama dengan penyebab cacar air, yakni virus Varicella zoster. Tepatnya, penyakit herpes zoster disebabkan oleh aktifnya kembali Varicella zoster di dalam tubuh.
  • Penderita penyakit herpes kulit ini adalah mereka yang sebelumnya sudah pernah pernah menderita penyakit cacar air.
  • Jadi ketika virus Varicella zoster di dalam tubuh kembali aktif, ia tidak bisa menjadi cacar air. Melainkan menjadi herpes zoster.

Gejala cacar air serta tanda-tanda terkena cacar air pun sama dengan herpes zoster, sebagai berikut:

  • Mulai dari penderita mengalami demam, pilek, nyeri di persendian, hingga munculnya bintik dan ruam merah yang berair. Bintik air ini mudah meletus hingga nantinya menjadi luka.
  • Hanya saja, penularan herpes zoster berbeda dengan cara penularan cacar air. Begitupun cara menyembuhan herpes hoster yang juga lebih cepat.

2. Biang Keringat

Ada beberapa penyebab bisa terjadinya biang keringat sebagai berikut:

  • Perbedaan biang keringat dengan cacar air, tentunya tidak disebabkan oleh virus Varicella zoster seperti pada herpes zoster. Sebaliknya, biang keringat terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran keringat.
  • Sehingga keringat yang seharusnya dikeluarkan tubuh pada saat udara panas atau ketika metabolisme tinggi, justru tertahan di bawah lapisan kulit. Tertahannya keringat di lapisan kulit dan kelenjar inilah yang akhirnya memunculkan benjolan-benjolan kecil.

Dengan beberapa gejala yang bisa anda ketahui bentuknya, sebagai berikut:

  • Benjolan tersebut memiliki ukuran kecil dan menyebar secara rata di permukaan kulit. Nyaris sama dengan herpes zoster, benjolan ini pun memiliki air di dalamnya.
  • Bila sudah terjadi infeksi bakteri karena tersumbatnya keringat. Namun berbeda dengan cacar air atau pun herpes zoster, bintik dan ruam tersebut tidak mudah meletus serta tidak menjadi luka.
  • Selain itu, penderita biang keringat juga tidak mengalami gejala seperti demam hingga nyeri pada persendian.

Ada beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi, termasuk dengan menggunakan obat biang keringat tradisional. Namun selain itu, juga bisa dengan memastikan kebersihan kulit pada saat udara panas. Serta mengenakan pakaian yang bisa menyerap keringat.

Perbedaan antara herpes dan biang keringat memang nampaknya begitu sepele. Tapi gejala dari kedua penyakit ini, terutama pada bintik-bintik merah dan berair yang muncul membuat orang sering sulit membedakan keduanya. Meskipun bisa dilihat juga dari gejala lain yang sering muncul bersama dengan ruam merah tersebut. Setelah membaca ulasan di atas, tak sulit lagi bukan mencari perbedaan antara herpes dan biang keringat?

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herpes