Sponsors Link

10 Perbedaan Flu Singapura Dengan Cacar Air Dalam Penularannya

Sponsors Link

Penyakit cacar air memang memiliki tanda-tanda terkena cacar air yang nyaris sama dengan penyakit lain. Entah itu dengan demam berdarah, hingga flu singapura. Belum lagi juga wajib dikenali perbedaan biang keringat dan cacar air serta bagaimana cara penularan cacar air itu sendiri. Perbedaan flu singapura dan cacar air memang cukup sulit diketahui. Terlebih untuk masyarakat umum.

ads

Inilah mengapa di bawah ini kami akan menguraikan apa yang menjadi penyebab cacar air hingga cara mencegah cacar air, serta apa yang membedakan dengan flu singapura. Tentu saja serta gejala dan tanda-tanda dari flu singapura ini sendiri juga.

1. Flu Singapura

Flu singapura termasuk dalam golongan jenis-jenis penyakit kulit menular. Penyakit dengan masa penularan hingga inkubasi sekitar 1 minggu ini disebabkan oleh infeksi dari kelompok enterovirus. Selain disebut dengan flu singapura, penyakit ini sering juga disebut dengan nama Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (Hand-Foot-and-Mouth Disease) dan kerap kali menyerang anak-anak dari pada orang dewasa.

Beberapa tanda-tanda penularan penyakit ini sendiri seperti:

  1. Demam
  2. Hilangnya nafsu makan
  3. Sakit tenggorokan serta batuk
  4. Anak mengalami nyeri dan juga rewel
  5. Sakit pada bagian perut
  6. Tanda-tanda sariawan dan munculnya bintik merah

Perbedaan flu singapura dan cacar air terlihat dari ruam merah yang muncul. Pada flu singapura, ruam merah yang muncul lebih seperti sariawan dan muncul pada gusi, lidah, serta bagian dalam pipi. Setelah masa inkubasi virus terlewati, ruam merah yang terlihat melepuh akan mulai muncul pada bokong, lipatan paha, hingga pada telapak tangan dan kaki.

2. Cacar Air

Diantara perbedaan flu singapura dan cacar air, keduanya memiliki satu kesamaan, yakni muncul karena infeksi virus. Virus varicella zoster yang menginfeksi pada penyakit cacar air memiliki penyebaran dan penularan yang cepat. Gejala cacar air pada anak nyaris mirip dengan flu singapura. Terutama munculnya demam dan hilangnya nafsu makan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan tanda-tanda cacar air.

  1. Suhu tubuh meningkat
  2. Munculnya rasa nyeri pada persendian dan juga otot
  3. Hilangnya nafsu makan yang disusul dengan mual
  4. Munculnya ruam dan bintik merah

Bintik merah pada flu singapura dan cacar air memang nyaris sama. Keduanya sama-sama memiliki cairan di dalamnya. Meskipun pada cacar air, persebaran bintik dan ruam merah ini sifatnya sentrifugal. Dimulai dari bagian tengah tubuh seperti dada, perut, hingga bagian kemaluan. Baru dari sini, bintik merah ini akan menyebar ke bagian tubuh lain. Bintik merah karena cacar air pun biasanya terasa gatal dan dengan cepat menjadi kering. Nantinya ia akan menjadi bekas luka seperti koreng.

Perbedaan flu singapura dan cacar air memang bisa dilihat dari penyebaran bintik dan ruam merah. Keduanya pun kerap kali menyerang anak-anak dari pada orang dewasa. Untuk penyembuhannya, pada cacar air selain mengonsumsi obat anti virus sebaiknya juga mengonsumsi chlorpeniramin maleat (CTM) untuk menghilangkan gatal. Sedangkan flu singapura biasanya diberikan obat anti nyeri dan Parasetamol.

Demikian ulasan pembahasa dari kami. Semoga informasi mengenai perbedaan flu singapura dan cacar air di atas berguna untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Cacar