Sponsors Link

11 Perbedaan Biduran dengan Kanker Kulit yang Bisa Anda Bedakan

Sponsors Link

Masalah kulit tampaknya merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering kita jumpai. Mulai dari masalah kulit yang ringan seperti gatal karena gigitan nyamuk, hingga masalah kulit yang berat seperti luka bakar atau infeksi kulit lainnya. Seringkali kita telah melakukan aneka cara pencegahan penyakit kulit namun penyakit kulit tetap saja datang. Salah satu masalah kulit yang cukup umum kita temui adalah biduran.

ads

Biduran, atau juga bisa disebut sebagai urtikaria, adalah reaksi kulit yang memiliki gejala bilur berwarna merah. Bilur ini terasa gatal dan bisa muncul di beberapa area tubuh dan menyebar ke area tubuh yang lain. Selain terasa gatal, kulit yang terkena biduran juga bisa terasa perih jika digaruk.

Pengenalan Biduran dan Kanker Kulit

Ukuran dan bentuk bilur pada kasus biduran tidak beraturan dan berbeda-beda. Hal ini membuat seseorang yang terkena biduran merasa khawatir, bahkan berpikir bahwa bilur yang muncul adalah kanker kulit. Tentu pikiran ini mengerikan dan bisa membuat penderita terlalu khawatir. Untuk itu, di pembahasan kali ini kita akan mengenali perbedaan biduran dengan kanker kulit.

Berbeda dengan biduran yang muncul sebagai bilur berwarna merah, kanker kulit muncul bisa seperti benjolan, ataupun seperti bercak kemerahan yang bersisik dengan beberapa benjolan keras. Di samping itu, kanker kulit umumnya muncul di area kulit yang sering terpapar cahaya matahari. Artinya, kanker kulit tidak akan mudah menyebar ke area tubuh yang lain, tidak seperti biduran yang bisa muncul dan menyebar di banyak tempat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri biduran yang mudah Anda kenali:

  • Muncul sebagai bilur berkelompok dan berbentuk tidak beraturan
  • Di sekitar bilur atau bintik-bintik terasa gatal
  • Bilur atau bintik-bintik tersebut berwarna merah merata
  • Tekstur bilur halus, sama dengan kulit
  • Penyebab biduran biasanya adalah karena adanya perubahan suhu atau alergi terhadap zat tertentu.

Berbeda dengan ciri-ciri biduran di atas, gejala kanker kulit memiliki ciri-ciri lain yang bisa diamati dan dibedakan dengan biduran, seperti berikut ini:

  • Benjolan di kulit berbentuk tidak simetris
  • Benjolan memiliki warna yang tidak merata. Terkadang, terdapat warna hitam di tengah benjolan
  • Tekstur benjolan kasar atau sedikit kasar
  • Bentuk dan warna benjolan berubah-ubah
  • Benjolan di kanker kulit juga mudah berdarah
  • Biasanya kanker kulit disebabkan akibat paparan cahaya matahari, radiasi, infeksi, atau faktor genetik

Melihat perbedaan antara biduran dan kanker kulit di atas, kita kini tidak perlu terlalu khawatir lagi jika menemukan ada benjolan yang muncul di kulit. Meski biduran tidak termasuk jenis-jenis penyakit kulit yang menular, keduanya tetap harus ditangani dan diobati untuk membuatnya segera sembuh. Jika Anda mengamati bahwa benjolan yang muncul adalah biduran, Anda bisa menggunakan obat biduran alami yang aman untuk Anda gunakan sendiri di rumah. Namun, jika gejala yang muncul adalah gejala kanker kulit, Anda sama sekali tidak boleh menyepelekannya dan harus segera melakukan  cara mengobati kanker kulit.

Kanker kulit jika diabaikan akan sangat mungkin menyebar dan menjadi lebih parah. Pengobatan kanker kulit juga akan semakin sulit jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, pengobatan sedini mungkin sangat dianjurkan. Akan lebih baik lagi jika kita secara aktif melakukan pencegahan kanker kulit, misalnya dengan selalu memakai tabir surya terutama jika sedang di luar ruangan.

Sponsors Link
, ,