Sponsors Link

4 Perawatan Pasca Operasi Hernia Inguinalis yang Wajib Anda Lakukan

Sponsors Link

Hernia adalah salah satu penyakit yang sering menghantui para orang dewasa, terutama pria. Bagaimana tidak, jika ternyata hernia bisa jadi merupakan penyebab mandul pada beberapa orang. Penyakit hernia sendiri adalah sebuah keadaan dimana sebagian dari isi usus atau jaringan di sekitarnya masuk ke sebuah celah yang abnormal. Maka, karena hernia merupakan sebuah kondisi abnormal, penanganan tertentu haruslah dilakukan, salah satunya adalah melalui jalan operasi.

ads

Namun, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana perawatan pasca operasi hernia? Yuk, simak terus artikel kali ini! Istilah hernia sebenarnya bisa digunakan juga untuk mendeskripsikan organ lain selain usus. Hanya saja umumnya istilah hernia ini digunakan untuk kondisi usus yang masuk ke dalam celah abnormal ini. Celah abnormal bisa terjadi dimana saja. Biasanya, kondisi yang paling sering terjadi adalah hernia terjadi di lipatan paha atau inguinal.

Hernia inguinal ini merupakan hernia yang terjadi akibat organ di rongga perut mendorong membran yang melapisi rongga perut, sehingga terjadi benjolan atau pembengkakan di pangkal paha. Bahkan, pada pria benjolan juga bisa terjadi di skrotum atau kantung buah zakar sehingga hernia inguinalis bisa dicurigai sebagai penyebab adanya benjolan di skrotum. Untuk menangani penyakit ini, operasi merupakan tindakan yang sangat dianjurkan untuk meminimalisir resiko lainnya, misalnya resiko usus terjepit.

Pengobatan Setelah Operasi Hernia Inguinalis

Prosedur operasi yang dilakukan bertujuan untuk mengembalikan bagian usus ke rongga perut serta menutup celah inguinal yang tidak normal ini. Biasanya, akibat sebagian usus masuk ke kantung buah zakar, ada cairan pelumas dari perut yang akan masuk ke kantung buah zakar tempat terjadinya hernia ini.

Namun, pasien dapat memperkirakan cairan di dalam buah zakar itu akan menghilang perlahan setelah beberapa bulan pasca operasi. Maka, untuk memastikan semua proses penyembuhan berjalan normal, ada beberapa perawatan pasca operasi hernia inguinalis yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

  1. Konsumsi obat anti nyeri

Pasca meakukan operasi hernia inguinalis, biasanya pasien akan mengalami rasa nyeri yang memang umum terjadi. Hal ini bukanlah hal yang berbahaya, karena umumnya rasa nyeri akan hilang secara perlahan hingga pada akhirnya akan hilang sama sekali dan tidak menggaanggu kegiatan sehari-hari.

Namun, pada beberapa kasus rasa nyeri tidak kunjung hilang bahkan cenderung menetap. Jika hal ini yang terjadi, sebaiknya Anda segera kembali berkonsultasi pada dokter. Ada kemungkinan terjadi kerusakan saraf dari prosedur operasi yang dilakukan. Untuk mengetahui penyebab pasti dan penanganan yang tepat, berkonsultasi pada dokter yang tepat mungkin diperlukan. Hal ini juga harus segera dilakukan jika Anda mengalami kesemutan di area kemaluan.

  1. Kurangi aktivitas fisik yang berat

Hernia merupakan jenis penyakit yang bisa kambuh kembali, bahkan setelah dilakukan operasi. Hal ini terutama terjadi jika pasien masih melakukan aktivitas fisik yang berat. Oleh karena itu, pasca operasi hernia inguinalis pasien dianjurkan untuk tidak lagi melakukan aktivitas fisik yang berat untuk mencegah kekambuhan penyakit hernia. Adapun aktivitas berat yang dimaksud seperti mengangkat beban berat, mengejan saat buang air kecil atau besar, hingga berjongkok.

Sponsors Link

Semua aktivitas yang kita anggap biasa tersebut ternyata termasuk penyebab hernia inguinalis yang jarang kita sadari. Oleh karena itu, hindari segala kegiatan yang bisa meningkatkan tekanan di dalam rongga perut. Anda mungkin bisa kembali beraktivitas seperti biasa, termasuk berolahraga, setelah 4 minggu pasca operasi. Ada baiknya jika Anda kembali berkonsultasi dengan dokter sebelum kembali melakukan aktivitas yang lebih berat daripada biasanya.

  1. Kompres air dingin

Pasca operasi hernia pasien akan mengalami pembengkakan di area yang dilakukan sayatan untuk tindakan pembedahan. Untuk mengatasi pembengkakan ini, pasien bisa mencoba meletakkan kompres dingin di area yang bengkak selama 10 hingga 20 menit setiap 2 jam.

Tindakan ini bisa membantu pasien mengurangi pembengkakan yang terjadi. Jika Anda juga merasakan gejala demam, bekas luka operasi menghangat dan berwarna merah, perubahan warna pada testis ataupun testis membesar dan keras, segera hubungi dokter. Begitu pula  jika Anda menemukan pendarahan di luka bekas operasi jangan tunda lagi untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Sponsors Link

  1. Tunda hubungan seksual dengan pasangan

Setelah melakukan operasi hernia, hendaknya Anda menunda sementara hubungan seksual dengan pasangan, operasi hernia inguinalis merupakan operasi terbuka sehingga membutuhkan waktu untuk penyembuhan luka bekas operasi. Biasanya, pasien baru dapat kembali melakukan aktivitasnya sehari-hari seperti biasa setelah 3 minggu pasca operasi. Dalam waktu ini pula biasanya pasien sudah bisa melakukan hubungan seksual seperti biasa. Namun, jika Anda masih merasakan gejala nyeri di pangkal paha setelah 3 minggu, sebaiknya tetap tunda hubungan seksual untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Operasi terbuka untuk hernia inguinalis memang merupakan cara mengobati hernia inguinalis yang paling umum dilakukan di Indonesia. Pada prinsipnya operasi hernia inguinalis ini bertujuan untuk mengangkat hernia serta memperkuat lapisan di rongga perut yang mulai melemah. Sebaiknya tindakan operasi ini dilakukan segera setelah pasien didiagnosa mengalami penyakit hernia. penanganan sedini mungkin tentu dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi penyakit hernia yang mungkin lebih berbahaya. Semoga lekas sembuh, ya!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan