Sponsors Link

4 Perawatan Hidrokel yang Mudah Hanya Untuk Anda

Sponsors Link

Pernahkah Anda mengalami ciri-ciri hidrokel? Penyakit kelamin yang memang tidak berbahaya dan pada umumnya menjangkit anak-anak terutama bayi ini disebabkan oleh bakteri atau virus tertentu. Keadaan ini mengakibatkan skrotum menjadi bengkak akibat cairan yang seharusnya diserap tubuh tidak diserap dengan baik. Sehingga Anda atau bayi akan merasa berat pada kelaminnya. Posisi testis menjadi tidak normal, biasanya lebih tinggi. Penyakit ini tidak memberikan rasa sakit sehingga sulit untuk mengetahui apakah Anda atau bayi Anda mengalami hidrokel atau tidak.

ads

Gejala-gejala yang umumnya didapati oleh pria atau bayi laki-laki antara lain beratnya kelamin, apabila sudah memasuki level yang kronis akan menyebabkan bengkak dan ngilu saat disentuh. Penyakit ini biasanya akan hilang pada bayi yang baru lahir. Secara bertahap cairan yang berada pada skrotum akan terserap tubuh saat tahun pertamanya. Apabila ini tidak terjadi, maka diperlukan penanganan khusus yang akan dianjurkan oleh dokter. Berbeda dengan dewasa, cairan yang mengumpul pada skrotum sulit atau memakan waktu yang lebih lama untuk terserap. Sehingga jelas penanganan yang dibutuhkan akan lebih berat.

Mencegah selalu menjadi hal terbaik agar tidak terkena penyakit. Apalagi hidrokel yang tidak memberikan tanda-tanda khusus sebagai pengingat agar Anda atau bayi Anda waspada. Sehingga apabila hidrokel telah menjangkit kelamin, dibutuhkan beberapa penanganan dan perawatan yang tepat bagi kesembuhan Anda. Apabila menemukan hal-hal yang tidak wajar pada tubuh Anda atau bayi Anda terutama pada kemaluan, segera hubungi dokter dan jangan sampai mengabaikannya.

Perawatan Hidrokel

Sebelum memberikan solusi, dokter pastinya akan melakukan beberapa perlakuan khusus dan tes baik fisik, hormon, maupun darah dan urin. Setelah melewatinya, dokter akan memberikan diagnosis penyebab atau adanya penyakit lain sehingga hidrokel terjadi atau semakin parah. Diagnosis tersebut digunakan untuk memutuskan perawatan mana yang tepat agar sesuai dengan penyakit Anda. Berikut beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan atau dokter sarankan demi kesembuhan Anda.

  1. Membiarkan Sembuh Secara Alami

Membiarkan hidrokel hilang dengan sendirinya bisa menjadi pilihan Anda. Sebab hidrokel umumnya mampu hilang dengan sendirinya pada bayi saat memasuki satu tahun kelahirannya. Jika pada dewasa, hidrokel akan sembuh dengan sendirinya sekitar 12-24 bulan setelah terjangkit.

  1. Operasi

Operasi ini dilakukan apabila hidrokel Anda atau anak sudah meluas dan semakin parah. Biasanya operasi tidak membutuhkan waktu yang lama atau sehari saja. Sehingga tidak menuntut pasien untuk menginap dan dapat melakukan masa penyembuhan dengan rawat jalan.

Proses efek setelah operasi hidrokel ini yaitu memotong bagian kecil pada scrotum atau perut bagian bawah pria sehingga cairan pada skrotum atau daerah yang terjangkit hidrokel keluar dan tidak menimbulkan bengkak lagi. Jarang ditemui hidrokel akan menjangkit Anda setelah melakukan operasi. Tapi tidak menutup kemungkinan hal itu dapat terjadi.

  1. Penyedotan dengan Jarum

Pilihan lain yang dapat Anda lakukan adalah suntik untuk mengambil cairan pada skrotum atau daerah tertentu yang bengkak. Hal ini tentu lebih terasa sakit dibandingkan dengan operasi pada umumnya. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat atau antibiotik agar tidak terkena infeksi. Melakukan check up rutin juga akan dianjurkan oleh dokter agar apabila terjadi masalah yang lebih serius, telah terdeteksi lebih dini.

Sponsors Link

  1. Skleroterapi

Cara ini juga dapat dijadikan pilihan jika Anda atau anak tidak ingin menjalani operasi sebagai penyembuhan. Akan tetapi skleroterapi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dibandingkan dengan melakukan operasi. Jika Anda memilih untuk melakukan operasi apda kelamin sebagai bentuk penyembuhan hidrokel ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan melakukan operasi. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Ceritakan segala keluhan Anda kepada dokter mulai dari nyeri sampai penyebab adanya benjolan di skrotum. Ceritakan pula hal-hal yang Anda lakukan sehingga hidrokel dapat terjadi.
  • Beri tahu dokter obat-obatan yang sebelumnya Anda konsumsi. Ini bisa membantu dokter untuk mendiagnosis adanya penyakit lain.
  • Jelakan juga kepada dokter alergi obat atau antibiotik jika Anda memilikinya.
  • Jangan gunakan lotion, pewangi atau krim apapun sebelum operasi dilakukan.
Sponsors Link

Hidrokel bisa menyerang pria atau bayi yang sebelumnya tidak memiliki riwayat tanda-tanda terkena penyakit kelamin sekalipun. Selain itu, hidrokel juga tidak menyebabkan rasa sakit apapun. Dengan minimnya gejala yang dapat Anda ketahui, maka konsultasi dan pemeriksaan rutin kepada dokter spesialis sangatlah penting. Hal itu adalah satu-satunya cara agar Anda terhindar dari hidrokel terutama para pria.

Selain itu, mengonsumsi buah-buahan segar dan berkhasiat bagi kesehatan Anda terutama kesehatan kelamin juga sangat disarankan. Makan buah dan sayur yang anti-jamur akan mengurangi tumbuhnya resiko hidrokel pada tubuh Anda. Terutama perhatikan pantangan makanan operasi hidrokel. Dikarenakan trauma atau luka karena sesuatu juga bisa menjadi penyebab ringan hidrokel terjadi, upayakan untuk menjaga diri dari faktor penyebab trauma Anda.

Hindari juga penggunaan celana dalam yang terlalu ketat agar kelamin Anda memiliki ruang untuk aktivitasnya. Bagaimanapun, alat kelamin Anda akan tersiksa dan kesakitan jika tidak memiliki ruang yang cukup. Terpenting lagi adalah membersihkan celana dalam secara rutin. Hindari penggunaan bahan-bahan kimia untuk membersihkan kelamin Anda sebab bisa jadi bahan tersebut tidak terekomendasi dan menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan