Sponsors Link

6 Cara Penyembuhan Hidrokel Tanpa Operasi dan Tanpa Menimbulkan Efek Samping

Sponsors Link

Pernahkah Anda mendengar ciri-ciri hidrokel? Kelainan atau penyakit tersebut menyerang alat kelamin pria. Umumnya hal ini terjadi pada bayi. Namun tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada pria dewasa berumur sekitar 40 tahun. Hidrokel adalah keadaan saat kantung pada kelamin pria berisi cairan yang berada di sekitar testis. Pada umumnya, selama masa pertumbuhan dan perkembangan cairan tersebut diserap oleh tubuh pada tahun pertama bayi lahir. Sedangkan bayi yang mengalami hidrokel tidak mampu menyerap cairan tersebut. Bayi yang prematur memiliki kemungkinan terbesar untuk terjangkit hidrokel dibanding bayi lainnya. tapi hal ini tidak mutlak begitu.

ads

Sedangkan bagi pria yang dulu saat bayi tidak terserang hidrokel, meemiliki kemungkinan juga untuk terjangkit ketika dewasa. Hal ini terjadi ketika saluran testis yang seharusnya tertutup saat turun, justru tidak berfungsi atau terbuka. Sehingga cairan testis masuk pada kantung kelamin. Penyebab lainnya yaitu adanya inflamasi atau luka pada kantung kelamin Anda atau sekitar saluran testis. Inflamasi tersebut berakibat adanya infeksi pada kulit skortum.

Hidrokel memiliki dua tipe yang perlu Anda ketahui yaitu, nonkomunikan dan komunikan. Hidrokel nonkomunikan terjadi ketika kantung kelamin Anda tertutup tetapi tubuh tidak menyerap cairan tersebut. Sehingga cairan yang ada akan terserap perlahan-lahan selama satu tahun pertama kelahiran. Sedangkan hidrokel komunikan terjadi ketika kantung kelamin testis Anda tidak tertutup. Sehingga cairan dengan mudahnya mengalir masuk dan keluar.

Pengobatan Hidrokel Tanpa Rasa Sakit

Apabila Anda khawatir apakah kini terserang hidrokel atau tidak, maka Anda perlu tahu gejala atau tanda-tanda hidrokel. Sayangnya, hidrokel memang tidak menimbulkan rasa sakit pada kelamin Anda. Gejala yang amat sering terjadi dan dapat diidentifikasi hanyalah menggelembungnya skrotum akibat cairan yang tidak terserap tubuh. Sehingga skrotum terasa berat dan ini terjadi lebih sering di pagi hari dibandingkan siang hari atau malam. Dikarenakan bayi tidak  dapat mengetahui gejalanya, maka Anda harus peka jika bayi Anda merasa tidak nyaman pada kelaminnya.

Jika Anda merasa memiliki gejala hidrokel, maka segeralah ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosis yang tepat setelah melakukan uji laboratorium. Uji tersebut dinamakan transillumination. Uji tersebut dengan menggunakan sinar khusus untuk mendeteksi apakah ada cairan pada skrotum Anda. Jika Anda, maka sinar itu tidak mampu menembus skrotum Anda. Selain itu dokter akan menekan perut bagian bawah untuk mengecek penyebab hernia inguinalis. Selain itu, dokter juga akan mengetes darah dan urin Anda untuk tindakan lebih lanjut.

Biasanya dokter akan meminta Anda untuk melakukan pembedahan atau efek setelah operasi hidrokel. Tetapi beberapa perawatan alami dan sederhana dapat dilakukan sebab hidrokel lambat laun akan hilang sendiri. Meskipun ini akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan proses operasi. Apa saja yang dapat Anda lakukan? Berikut penjelasannya.

  1. Melakukan Diet Khusus

Diet yang disarankan adalah mengonsumsi buah dan air putih yang cukup. Buah seperti apel, anggur, nanas, pear, dan lain-lain. Konsumsi buah tersebut tiga kali sehari dengan diimbangi air minum yang cukup juga. Hindari mengolah buah tersebut menjadi jus, sebab akan menambah kadar gula pada buah. Alhasil diet yang Anda jalani tidak sempurna.

  1. Konsumsi Makanan Segar

Mengolah makanan sangat penting terutama pantangan makanan operasi hidrokel. Jika Anda memilih untuk tidak menjalankan diet dan ingin memiliki pola makan seperti biasa, maka mengonsumsi makanan segar menjadi hal yang penting diperhatikan. Disarankan untuk memakan sayur segar yang tidak dimasak ataupun hanya direbus sebagai salad. Telur kocok tanpa garam dan gula serta roti gandum bisa menjadi penambah protein dan karobhidrat Anda. Atur pola makan yang demikian untuk makan saiang dan makan malam Anda.

  1. Hidup Sehat
Sponsors Link

Jika Anda penggemar teh, kopi atau alkohol, maka hindari terlebih dahulu ketiga minuman tersebut. Tiga minuman di atas tidak akan membantu Anda untuk sembuh dari penyakit hidrokel. Merokok juga membuat hidrokel Anda tak kunjung sembuh.

  1. Aplikasikan Es

Gunakan es untuk mengompres kulit kelamin Anda yang mengalami hidrokel. Memang cara ini akan memakan waktu yang lebih untuk sembuh. Tetapi cara ini dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit sekitar daerah yang terjangkit hidrokel dan perut bawah.

  1. Mengonsumsi Teh Hitam atau Yoghurt

Teh Hitam atau Yoghurt mampu mengurangi hernia, rasa sakit dan penyebab adanya benjolan di skrotum Anda. Konsumsi bahan tersebut secara rutin sehingga hasil yang didapatkan maksimal. Konsumsi teh hitam atau yoghurt secara bergantian agar bahan bermanfaat yang terkandung pada keduanya dapat Anda nikmati.

Sponsors Link

  1. Mandi Garam Epsom Hangat

Mandi campuran Garam Epsom 2-3 kali seminggu. Hal ini untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada daerah yang terkena hidrokel. Usahakan air tidak terlalu panas sehingga tidak merusak kulit Anda.

Hidrokel memang penyakit yang tidak berbahaya dan dapat disembuhkan atau akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, apabila Anda terjangkit hidrokel, maka hidrokel bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda terjangkit penyakit lain yang lebih serius seperti hernia inguinal. Hernia inguinal adalah penyakit yang menyebabkan usus dalam dinding Anda menimbulkan kompleksitas yang fatal. Sehingga bagaimanapun, jika Anda mengalami hidrokel maka segera konsultasikan kepada dokter agar penyakit lain yang lebih serius dapat terdekteksi lebih awal. Selain itu, hiduplah lebih sehat agar tidak terjangkit hidrokel. Semoga artikel ini memberi Anda pengetahuan agar waspada atas segala kemungkinan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan