Sponsors Link

10 Berbagai Penyebab Tumor Rahim yang Wajib Diketahui Bahayanya

Sponsors Link

Tumor adalah sebuah penyakit di mana pada pertumbuhan jaringan terdapat proliferasi jaringan yang tidak normal oleh sel-selnya. Kata lain dari tumor adalah neoplasma. Berikut beberapa hal tentang tumor yang wajib Anda tahu,

ads
  • Tumor  umumnya berbentuk seperti massa padat atau terkadang berisi cairan yang ukurannya semakin membesar dari waktu ke waktu.
  • Tumor tidak bisa disamakan dengan kanker. Jika kanker adalah sebuah penyakit akibat keganasan sel, tumor memiliki beberapa sifat. Ada yang tidak berpotensi kanker sama sekali, ada yang jinak, dan ada yang bersifat ganas.
  • Tumor umumnya terbentuk saat sel yang tumbuh dan membelah di dalam tubuh secara berlebihan. Pada keadaan normal, sel-sel baru diciptakan oleh tubuh untuk mengganti sel yang lebih tua usianya atau rusak. Sel yang tua dan rusak akan mati untuk memberi celah bagi penggantinya yang sehat. Keadaan di mana keseimbangan antara sel yang mati dan sel baru yang tumbuh terganggu inilah yang disebut dengan tumor.

Tumor rahim adalah suatu keadaan di mana terjadi pertumbuhan sel yang abnormal yang melekat dan membentuk massa di dalam rahim. Meski tak selalu bersifat ganas, umumnya mendengar kata penyakit tumor rahim mampu membuat para wanita cemas.

Penyebab Tumor Rahim

Berikut beberapa penyebab tumor rahim yang wajib Anda waspadai antara lain,

  • Infeksi virus. Ada beberapa virus yang dapat memicu adanya tumor hingga kanker pada rahim seorang wanita. Salah satunya adalah virus human papilloma. Virus ini langsung menginfeksi organ kewanitaan lewat berbagai media dan menjadi penyebab berbagai jenis penyakit kelamin wanita.
  • Riwayat keluarga. Yang dimaksud riwayat keluarga di sini adalah faktor genetik. Apakah di dalam keluarga sebelumnya ada yang pernah mengidap penyakit tumot rahim serupa? Jika iya, kemungkinan Anda terserang penyakit ini jauh lebih besar dibanding orang yang sama sekali tidak punya riwayat keluarga terserang tumor rahim.
  • Hormonal. Umumnya keseimbangan hormonal juga dapat menyebabkan terjadinya kanker rahim. Ovarium secara rutin akan memproduksi estrogen dan progesteron. Produksi kedua hormon yang dihasilkan pada saat siklus menstruasi ini dapat memicu pertumbuhan fibroid.
  • Kurangnya menjaga kebersihan organ intim. Kebersihan organ wanita sangat penting dijaga agar Anda tidak mudah terinfeksi virus-virus yang berbahaya. Virus HPV di atas sangat mudah tertular atau berpindah melalui media-media seperti cairan, hingga benda-benda pribadi yang digunakan bersama-sama seperti celana dalam atau handuk. Virus ini juga sangat mudah berpindah saat seorang wanita menggunakan toilet umum yang kurang bersih. Sebaiknya Anda mencari tahu cara membersihkan kemaluan setelah haid agar dapat memaksimalkan perawatan organ kewanitaan.
  • Kehamilan. Saat hamil, produksi estrogen dan progesteron di dalam tubuh seorang wanita juga akan meningkat. Hal ini yamh menyebabkan fibroid tumbuh dan berkembang lebih cepat.
  • Pola hidup yang tidak sehat. Pola yang hidup yang buruk juga dapat menjadi penyebab tumor rahim seperti merokok hingga mengonsumsi minuman keras.
  • Pola makan yang buruk. Selain pola hidup, pola makan buruk juga bisa jadi pemicu tumor hingga kanker. Kurangi makan makanan berminyak dan makanan yang dipanggang atau dibakar dengan tidak sempurna. Bagian makanan yang hangus bisa berubah menjadi zat karsinogen yang sangat merugikan tubuh.
  • Kurangnya asupan multivitamin. Seperti yang kita tahu, tubuh memiliki kebutuhan akan vitamin yang cukup. Jika kebutuhan vitamin tidak terpenuhi misalnya vitamin C, vitamin E, dan  asam folat, resiko seorang wanita terserang tumor rahim lebih besar. Hal ini dikarenakan multivitamin yang disebutkan tadi selain berfungsi untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak juga melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang sangat berbahaya.
  • Kurangnya aktivitas fisik. Beberapa penelitian menyatakan, aktivitas fisik yang cukup dapat mengurangi potensi terkena tumor hingga kanker. Bahkan penelitian-penelitian selanjutnya mendukung dengan menyatakan aktivitas fisik dapat membantu wanita melawan berbagai kanker yang menyerang sistem reproduksi wanita.
  • Berat badan berlebih. Seperti yang kita tahu, obesitas sangat mungkin memicu timbulnya berbagai penyakit, salah satunya adalah tumor rahim. Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa menyatakan penurunan berat badan dapat mengurangi resiko terjadinya tumor atau pun kanker.
Sponsors Link

Setelah mengetahui berbagai penyebab tumor rahim di atas, Anda wajib mengetahui gejala-gejala yang umumnya ditimbulkan oleh penyakit tumor ini untuk bisa mewaspadai kemungkinan tumor, antara lain,

  • Nyeri saat berkemih. Meski gejala ini bisa menjadi indikator berbagai penyakit lainnya, namun seorang wanita merasa yang merasa nyeri saat buang air kecil memiliki kemungkinan terinfeksi tumor rahim. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab gejala ini sedari dini. Nyeri kelamin juga bisa menjadi salah satu dari gejala penyakit kelamin lainnya.
  • Nyeri panggul. Selain nyeri kemih, seorang wanita wajib waspada jika mengalami nyeri panggul dalam waktu lama hingga hitungan jam meski tidak sedang mengalami menstruasi.
  • Nyeri saat berhubungan badan. Rasa nyeri yang menyerang saat berhubungan badan dengan pasangan juga  wajib diwaspadai. Nyeri ini bisa saja ditimbulkan akibat tumor yang sudah menginfeksi bagian leher rahim.
  • Perdarahan abnormal. Yang dimaksud perdarahan abnormal di sini adalah perdarahan di luar siklus menstruasi yang dialami seorang wanita. Umumnya, seorang wanita mengalami siklus menstruasi maksimal 15 hari setiap bulannya. Jika Anda mengalami perdarahan di luar jadwal dan melebihi 15 hari, sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.
  • Keluarnya cairan dari vagina. Cairan yang keluar dari vagina berupa lendir hingga keputihan yang mengganggu juga wajib diwaspadai. Jika cairan yang keluar sudah cukup mengganggu, segera ambil tindakan pemeriksaan. Anda juga bisa mencari tahu ciri-ciri keputihan yang berbahaya untuk mengantisipasi.
ads

Meski beberapa gejala di atas tidak spesifik dan bisa saja merupakan penyebab penyakit selain tumor, sebaiknya Anda tetap waspada dan tidak menganggap remeh ketika mengalami salah satu gejalanya. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendeteksi sedari dini penyakit-penyakit yang mungkin saja sedang Anda derita. Mengetahui tumor rahim sejak dini akan memudahkan dokter untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan sebelum terlambat.

Pemeriksaan dan Pengobatan Tumor Rahim

Setelah mengetahui gejala-gejala tumor rahim, berikut beberapa tindakan pemeriksaan yang biasanya diambil dokter dan tenaga kesehatan. Tindakan untuk menindaklanjuti gejala yang dialami penderita terduga tumor rahim dan memastikan sejauh mana perkembangan penyakit seperti,

  • Tes darah secara lengkap
  • Evaluasi fungsi organ secara menyeluruh
  • Pemeriksaan CT, MRI, Pet scan yang diambil untuk memastikan di mana letak pasti tumor di dalam rahim dan seberapa luas penyebarannya
  • Pengambilan sampel tumor atau yang dikenal dengan biopsi. Tindakan terakhir ini dilakukan untuk memastikan apakah tumor yang diderita ganas atau tidak, berpotensi berubah menjadi kanker atau tidak

Setelah dipastikan apakah seorang wanita positif terserang tumor rahim yang berpotensi ganas, dokter akan membantu untuk memberikan pilihan pengobatan yang terbaik. Metode pengobatan yang diambil biasanya tergantuk letak hingga tingkat keganasan tumor yang diderita.

Berikut langkah-langkah pengobatan yang umumnya dilakukan,

  • Radioterapi
  • Kemoterapi
  • Terapi biologis
  • Operasi pengangkatan tumor
  • Terapi target yang langsung mencari dan menyerang sel-sel tumor

Umumnya pasien diberikan kombinasi bebverapa metode di atas, seperti radioterapi, kemoterapi, hingga operasi untuk mengangkat tumor.  Jika tumor ganas masih berada pada satu titik dan belum menyebar organ lain, tindakan yang diambil adalah operasi pengangkatan. Pada tumor jinak, jika tidak menganggu fungsi organ lainnya dan tidak berdampak buruk pada kesehatan si pengidap, tidak perlu dilakukan operasi pengangkatan.

Pencegahan Tumor Rahim

Informasi terakhir yang wajib Anda ketahui agar bisa terhindar dari penyakit tumor rahim adalah cara pencegahan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari resiko terkena penyakit tumor ini antara lain,

  • Atur pola hidup sehat. Mulai sekarang Anda bisa mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengurangi kebiasaan-kebiasan buruk seperti merokok hingga meminum minuman keras.
  • Konsumsi makanan sehat. Hindari junk food dan makanan yang dipanggang dengan tidak sempurna. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran berserat. Anda wajib memenuhi kebutuhan multivitamin harian yang juga berguna sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas penyebab kanker. Anda juga bisa mulai mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan vagina.
  • Olahraga rutin. Aktivitas fisik yang cukup seperti olahraga agar tubuh Anda lebih fit dan terhindar dari resiko penyakit tumor dan berbagai penyakit lain. Olahraga secara teratur juga dapat membantu Anda mengurangi berat badan berlebih yang juga merupakan salah satu pemicu tumor dan penyakit-penyakit lainnya. 
    Sponsors Link

  • Hindari seks bebas. Setialah pada pasangan Anda dan hindari seks bebas karena ini adalah salah satu cara mencegah penyakit menular seksual yang juga bisa memicu timbulnya tumor rahim.
  • Lindungi diri dari paparan bahan kimia. Tanpa disadari, kita sering berinteraksi dan terpapar dengan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Meski dalam jumlah kecil, namun jika terpapar bahan kimia secara terus menerus akan meningkatkan resiko terserang tumor bahkan kanker yang berbahaya. Contohnya seperti polusi yang terhirup saat Anda berkendara. Gunakanlah masker untuk melindungi.
  • Hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan pelindung seperti tabir surya atau lainnya.
  • Jaga kebersihan organ intim Anda dan hindari menggunakan barang pribadi seperti pakaian dalam atau handuk dengan sembarang orang. Anda bisa mencari tahu tentang cara menjaga kebersihan vagina yang baik dan benar. Pastikan juga toilet umum benar-benar bersih sebelum Anda gunakan.
  • Periksa kesehatan secara berkala. Cara pencegahan yang wajib Anda lakukan adalah memeriksakan kesehatan secara berkala, terutama kesehatan organ intim.
  • Vaksinasi. Langkah pencegahan terakhir adalah menjalani vaksinasi yang diperlukan untuk menghindari tumor dan kanker rahim. Salah satu vaksinasi yang bisa Anda lakukan adalah vaksinasi HPV.

Demikian tadi pembahasan penting mengenai tumor rahim mulai dari definisi, penyebab tumor rahim, gejala-gejala tumor rahim, pemeriksaan dan pengobatan hingga cara mencegah terserang tumor rahim yang bisa Anda lakukan. Selalu jaga kesehatan organ intim wanita Anda dengan rajin membersihkan daerah kewanitaan dengan maksimal. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,