Sponsors Link

11 Penyebab Testis Besar Sebelah yang Berasal Dari Pola Pikir

Sponsors Link

Testis merupakan bagian dari organ reproduksi pria yang berguna untuk memproduksi sperma. Dalam kebanyakan kasus yang terjadi pada umumnya, testis sebelah kiri cenderung lebih rendah dibanding sebelah kanan, namun ada juga yang berlainan, perhatikan pula apakah perbedaannya terlihat dengan jelas atau tidak.  Jika ternyata perbedaan yang terjadi diantara keduanya cukup jauh, maka anda patut curiga dan segeralah menemui dokter terkait organ reproduksi untuk berkonsultasi penyakit kelamin apa yang sedang anda alami. Testis besar sebelah merupakan hal yang sangat ditakutkan oleh smua pria, karena tidak hanya menganggu aktifitas atau saat berhubungan seksual, testis yang besar sebelah juga menjadi gejala penyakit kelamin yang mungkin saja bisa menjadi berbahaya.

ads

Hal lain yang perlu anda ingat adalah, ukuran setiap testis tiap pria pasti berbeda-beda jadi jangan heran jika ukuran milik anda menjadi besar sebelah apabila kondisi tersebut masih tergolong normal. Biasanya penyebab testis besar sebelah adalah berasal dari pola hidup yang tidak baik, contohnya kebiasaan minum alkohol serta merokok, tidak berolahraga padahal berat badan mencapai titik obesitas hingga penyebab lainnya yang sama bahayanya. Simak penyebab penyakit testis besar sebelah seperti di bawah ini :

  1. Hidrokel

Hidrokel adalah akumulasi cairan yang menumpuk banyak pada kantong zakar atau testis yang membuat testis menjadi bengkak dan biasanya juga akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah timbul rasa nyeri, kulit skrotum menjadi kemerahan, dan penis terasa sedikit tertekan. Cairan yang menumpuk bisa terdapat pada satu sisi testis atau bisa juga keduanya, tergantung cairan mana yang sedang mengalami gangguan. Hidrokel bisa disebabkan oleh trauma atau infeksi yang terjadi pada testis, jika anda mengalami hal seperti ini sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis secepat mungkin.

  1. Varikokel

Jika pada hidrokel terdapat penumpukan cairan yang membuat testis menjadi besar sebelah, maka pada varikokel adalah terjadi pembesaran pembuluh darah pada buah zakar atau testis. Pembesaran tersebut dapat berkembang lebih besar lebih besar menjadi benjolan lunak dan terjadi ketika mengalami masa-masa pubertas, karena pada saat itu hormon sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Varikokel merupakan penyebab testis besar sebelah yang bisa dan tidak juga diiringi dengan gejala yang menyakitkan. Namun ciri yang terasa adalah penderita akan merasa ada cacing pada testisnya ketika mereka sedang berdiri, cacing itu sebenarnya pembuluh darah yang membengkak. Lakukan treatment agar pembuluh darah dapat berfungsi dengan baik, karena jika tidak akan berkumpul pada tempat-tempat yang tidak semestinya, seperti pada testis dan membuatnya menjadi besar sebelah.

  1. Orchitis

Orchitis merupakan inflamasi atau peradangan  yang terjadi pada testis, biasanya penderita akan mengalami gejala demam, keluar darah saat kencing, dan penis terasa sakit saat sedang bergerak. Beberapa diantara tenaga medis menyebutkan bahwa orchitis menjadi salah satu penyebab mandul yang paling ditakuti saat ini. Bagaimana tidak? Peradangan tersebut membuat penderita merasa tersiksa dan berhubungan menjadi tidak nyaman, sampai-sampai titik ejakulasi juga terasa sangat mengerikan akibat sakit yang luar biasa. Orchitis sendiri disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual, gondok dan lain sebagaimnya. Segera obati jika anda menemui masalah seperti pada diri anda.

  1. Kriptorkismus

Penyebab lain yang juga berbahaya adalah kriptorkismus. Yakni kondisi dimana testis tidak turun pada tempat yang seharusnya, maksutnya adalah di dalam skrotum tidak terdapat testis yang berfungsi sebagai pemproduksi sperma. Testis masih berada pada tempat salurannya diatas. Keadaan ini biasanya terjadi pada bayi laki-laki yang lahir secara prematur. Kriptorkismus biasanya terjadi hanya pada salah satu testis, namun ada juga yang terjadi pada salh satu testis saja. Tergantung bagaimana sakit pada telur kemaluan pria tersebut bisa dikatakan akan parah atau bahkan biasa saja. Yang jelas, posisi normal testis adalah di bawah yakni di dalam skrotum sejajar kanan dan kiri diantara penis.

Sponsors Link

  1. Hernia inguinalis

Hernia adalah kondisi yang terjadi ketika bagian perut bawah melemah sehingga akan membuat usus turun ke kantung testis, hal ini tentu menyebabka testis menjadi besar sebelah atau malah keduanya. Benjolan yang terdapat pada testis akan terasa lebih sakit ketika anda sedang batuk atau mengangkat benda berat. Hernia inguialis dapat disembuhkan dengan melalui tahap operasi bedah untuk mengembalikan lagi kondisi testis pada keadaan normal. Penyakit kelamin ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan akan kembali ke posisi normal atau bisa juga hilang sendiri. namun jika terlalu lama didiamkan tanpa ada langkah pengobatan maka ditakutkan akan muncul komplikasi yang lebih mengerikan.

  1. Epidimitis

Hampir mirip dengan orchitis, epidimitis juga tampak dengan ciri fisik peradangan pada epidimis yang tepat terletak di belakang testis. Ciri-ciri penyakit epidimitis yang sering terjadi adalah nyeri ketika berkemih, sakit saat behubungan hingga ketika buang air besar jika di pikirkan tidak ada hubungannya sama sekali. Epidimitis disebabkan oleh penyakit menular seksual atau bakteri yang menyerangnya, faktor imunitas yang melemah juga bisa menyebabkan seseorang dengan mudah terkena penyakit ini.

  1. Trauma atau cedera

Penyebab testir besar sebelah yang satu ini bermula pada kecelakaan dengan benturan yang terjadi pada testis, sehingga pada suatu waktu akan tampak pembengkakan yang mungkin bisa menjadi penyakit lain yang lebih membahayakan. Trauma atau sedera memang bukan menjadi penyebab utama, namun sebaiknya anda perlu lebih berhati-hati agar tubuh anda selalu aman terhadap bahaya apapun. Pria dengan aktifitas berat seperti sering mengangkat beban berat juga memiliki kecenderungan menglalami trauma atau cedera pada testis. Lakukan saja aktifitas sewajarnya dan secukupnya, karena jika terlalu over atau berlebihan maka akan berdampak pada kesehatan diri sendiri, terutama kesehatan organ reproduksi yang harus selalu dijaga. Sebaiknya segera lakukan upaya cara mencegah penyakit menular seksual agar tubuh anda juga mempunyai benteng untuk bisa melawan penyakit ini.  

ads

  1. Torsi testis

Torsi testis adalah sebuah kelainan dimana jaringan seperti tali tempat dimana testis menggantung terpelintir dan membuat aliran darah menjadi terhenti. Keadaan seperti ini akan membuat testis terluka dan dapat terjadi necrosis (terhambatnya aliran darah ke tulang). Torsio testis tergolong penyakit yang jarang terjadi, mungkin hanya 1 dari ribuan orang saja yang mengalaminya. Gejala yang mungkin tampak adalah pembengkakan pada skrotum, sakit perut, posisi testis yang tidak normal atau lebih tinggi dari biasanya, dan lain sebagainya. Perhatikan kesehatan organ kelamin setiap saat, karena terkadang penyakit kelamin tidak menunjukkan gejala awal yang mudah dikenali.

  1. Bedah

Bedah biasanya dilakukan pada penderita hernia yang sudah parah. Karena tidak ada jalan lain selain dilakukannya bedah untuk mengurangi rasa nyeri atau pembengkakan yang terjadi pasa testis. Namun tanpa anda sadari, bedah merupakan salah satu penyebab testis besar sebelah yang jarang diketahui. Mungkin ada sebagian orang yang menyadari akan hal ini, namun tidak ada pilihan lain untuk menghindarkan pembengkakan oleh hernia inguinalis selain dilakukannya bedah. Selalu waspadai setiap penyakit yang bersarang pada tubuh anda, karena sebaik-sebaik menjaga kesehatan adalah mengetahui segala yang menjadi pencegahan, penyebab, gejala hingga cara mengobatinya.

  1. Stress

Tidak hanya menjadi penyebab dari testis yang besar sebelah, stress juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh yang lainnya. Karena penyakit juga bisa datang dari pola pikir yang tidak baik. Terlalu memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi atau berpikiran negative terhadap diri sendiri, juga menjadi gerbang masuknya penyakit dengan mudah. Berpikir dengan baik merupakan salah satu cara hidup sehat diantara makan-makanan bergizi serta rutin berolahraga. tidak diketahui pasti mengapa penyakit bisa datang dari buah pikiran, tapi yang jelas berpikir secara positif memberikan banyak manfaat, terutama untuk kesehatan diri dan kejiwaan.

  1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup sehat dapat anda mulai dengan banyak minum air putih, menghindari alkohol, minuman bersoda, makanan berlemak, bersantan hingga mengurangi konsumsi makanan berpengawet. Cara tersebut bisa anda lakukan dengan mengalihkan kebiasaan buruk tersebut dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, ikan dan lain sebagainya. Istirahat yang cukup dan bagi waktu kerja dengan waktu berlibur juga harus anda perhitungkan dengan baik, karena stress mampu membuat tubuh menjadi tegang dan berakibat buruk pada tubuh. Biasakan mengkonsumsi air putih setiap sebelum dan sesudah bangun hingga sebelum dan seseudah berolahraga. kebiasaan yang baik bisa dimulai sejak din, dengan cara termudah yang bisa anda lakukan.

Itulah beberapa penyebab testis besar sebelah yang bisa berasal dari hal sederhana yang tidak kita sadari pernah melakukannya. Mengawali hidup sehat memang tidak mudah, apalagi di jaman modern seperti sekarang ini kita lebih dimudahkan mengambil jalan pintas dalam mengambil tindakan. Contoh kasusnya seperti memesan makanan berbasis media online dimana kita bisa memesan makanan dan makanan sesuka hati, dan tinggal menunggunya saja di rumah. Perlu anda ketahui, tidak ada yang melarang untuk menggunakan layanan tersebut, namun bahayanya anda  tidak bisa mengendali nafsu untuk terus membelanjakan makanan kesukaan tanpa kendali. Padahal cara menjaga kesehatan kelamin seperti pencegahan orkitis sebaiknya menghindari hal-hal yang sekiranya menganggu kesehatan.

 

Sponsors Link
, , , , ,