Sponsors Link

6 Penyebab Rosacea yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Rosacea adalah sebuah kondisi kulit yang cukup banyak diderita orang di sekitar kita. Penyakit ini umumnya muncul di bagian tengah wajah dan ditandai dengan munculnya ruam kemerahan beserta luka berisi nanah. Kelainan kulit ini bisa belangsung berkepanjangan atau kronis. Seseorang yang mengalami penyakit ini mungkin bertanya-tanya apa penyebab rosacea. Maka, di pembahasan kali ini kita akan belajar bersama mengenai penyebab rosacea yang akan membantu kita menghindari penyebab tersebut.

ads

Ada empat jenis rosacea yang masing-masing memiliki gejala khas yang berbeda. Empat jenis rosacea tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rosacea eritematotelangiektasis, yaitu rosacea yang ditandai dengan kulit wajah menjadi kemerahan secara permanen. Pembuluh darah di kulit pasien mungkin juga akan pecah dan akan lebih terlihat di permukaan kulit. Tidak hanya itu, rosacea ini dianggap bisa menjadi penyebab kulit kering bersisik, yang membuat kulit terasa kasar jika disentuh dan sangat mudah memerah.
  • Rosacea papulopustular, dimana pasien akan mengalami kemerahan di kulit wajah beserta adanya benjolan seperti jerawat (pustula).
  • Rosacea fimatosa, yaitu kondisi rosacea dimana kulit tidak hanya memerah namun juga akan mengalami pembengkakan atau penebalan.
  • Rosacea ocular, dimana rosacea juga mempengaruhi mata, membuat penderitanya mengalami sensasi perih dan berpasir di matanya.

Dengan mengetahui beberapa jenis rosacea beserta gejalanya secara singkat di atas, maka kita semakin yakin bahwa pencegahan terhadap penyakit ini merupakan hal yang penting. Untuk itu kita perlu mengenali penyebabnya. Yuk, simak pembahasan berikut.

Penyebab Rosacea

Sebenarnya saat ini para ahli belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya rosacea. Namun, dipercaya bahwa orang yang memiliki kulit putih memiliki kecenderungan mengalami penyakit ini mengingat kulit mereka yang mudah memerah. Namun, selain warna kulit tersebut ada faktor-faktor lain yang juga dipercaya memiliki pengaruh terhadap terjadinya penyakit rosacea. Faktor-faktor tersebut yaitu:

  1. Stress

Seseorang yang sedang stress, tertekan atau mengalami kecemasan yang sangat bisa memicu terjadinya rosacea di kulitnya. Seseorang yang mengalami kondisi stress bisa mengalami tekanan darah tinggi yang bisa memicu penebalan pada kulit serta pembengkakan pembuluh darah. Reaksi seperti ini bisa membuat kulit pun menjadi memerah. Oleh karena itu, orang yang sering mengalami stress lebih rentan untuk terkena penyakit rosacea.

  1. Paparan sinar matahari

Pemicu lainnya yang dipercaya bisa menyebabkan rosacea adalah akibat paparan sinar matahari, apalagi jika berlangsung dalam waktu yang lama. Sinar matahari memang merupakan salah satu penyebab perubahan warna kulit, namun ternyata banyak orang yang menyukainya.

Banyak orang dewasa yang sengaja berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan warna kulit kecokelatan yang dianggap eksotis. Namun, aktivitas berjemur ini bisa menyebabkan peradangan di kulit yang bisa semakin buruk jika dibiarkan dalam waktu lama.

  1. Makanan dan minuman tertentu

Makanan pedas, makanan cepat saji hingga minuman beralkohol dan berkafein juga dianggap bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit rosacea. Dalam kasus seperti ini, rosacea akan muncul dalam bentuk benjolan atau kista berukuran kecil dan terlihat seperti jerawat.

Sponsors Link

Namun, yang membedakan dengan jerawat biasa adalah benjolan ini akan menyebar hingga sebagian besar wajah akan tertutup oleh bintik-bintik kista ini. Oleh karena itu, sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit daripada makanan yang tidak jelas manfaatnya.

  1. Perawatan kulit tertentu

Perawatan kulit tertentu, terutama yang menimbulkan pengelupasan kulit, dianggap bisa menimbulkan penyakit rosacea. Misalnya, penggunaan steroid olesan yang mudah membuat kulit iritasi ataupun perawatan peeling dengan bahan kimia yang bisa membuat kulit mengelupas. Perawatan mikrodermabras, penggunaan tretinoin dan bernzoil peroksida juga dianggap bisa menyebabkan terjadinya rosacea.

Jika Anda termasuk orang yang menggunakan bahan-bahan atau perawatan seperti ini, sebaiknya Anda mengurangi dosis secara bertahap dan bukan menghentikan pemakaian secara tiba-tiba. Hal ini berguna untuk mencegah reaksi yang mendadak pada kulit, seperti reaksi kulit merah seperti terbakar.

  1. Masalah genetik
Sponsors Link

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga mengalami rosacea akan memiliki faktor resiko lebih tinggi untuk juga mengalami penyakit yang sama. Bahkan, jika orang tersebut sudah meminimalisir interaksi dengan penyebaab-penyebab rosacea di atas, dia masih tetap bisa terkena penyakit ini.

  1. Udara ekstrim

Suhu udara yang ekstrim juga dipercaya membuat kulit rentan terkena rosacea. Udara yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat kulit menjadi lebih kering sehingga mudah iritasi dan bisa berlanjut semakin parah menjadi penyakit rosacea. Oleh karena itu, disarankan untuk Anda menjaga kelembaban kulit karena di saat suhu udara ekstrim dengan memakai pelembab dan banyak minum air putih karena kulit juga bisa dehidrasi.

Dengan melihat beberapa hal yang diduga menjadi penyebab rosacea di atas, kita mengetahui bahwa rosacea masih mungkin untuk dicegah. Tidak hanya itu, penyakit rosacea ini juga masih mungkin untuk disembuhkan, meski untuk itu membutuhkan waktu yang lama. Jika Anda atau orang di dekat Anda beresiko mengalami penyakit ini, mengendalikan penyakit mungkin menjadi langkah yang paling tepat. Segera konsultasikan masalah Anda ke dokter terdekat untuk mengetahui bagaimana cara yang aman dan efektif untuk menyembuhkan penyakit ini. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sponsors Link
, , ,