Sponsors Link

3 Penyebab Perubahan Warna Kulit Paling Banyak Dirasakan

Sponsors Link

Warna kulit dimungkinkan dapat berubah dari warna asli kulit anda. Banyak yang memfaktori perubahan warna kulit. Setiap kulit seseorang memiliki zat warna atau pigmen yang biasa disebut dengan melanin. Melanin merupakan jenis zat warna yang terdapat pada kulit dan dapat menghasilkan sel yang disebut dengan melanosit. Melanosit tersebut memiliki fungsi sebagai alat serap dari sinar UV dari matahari dan akan mencegah kerusakan kulit. Zat melanin tersebut yang memberikan warna pada kulit anda sehingga setiap orang memliki warna kulit yang berbeda-beda. Pigemn melanin yang dihasilkan kulit merupakan faktor kulit menjadi banyak warna seperti hitam, putih, sawo matang, ataupun kelainan kulit albino. Pigmentasi yang terjadi dihasilkan dari asam amino tirosin yang tersedia dalam kulit akan dipengaruhi oleh radikal bebas dan akan mengalami reaksi dari oksidasi. Pada artikel ini akan menjelaskan tentang penyebab bagaimana penyebab perubahan warna kulit seseorang.

ads
  1. Masalah kulit melasma

Penyebab perubahan warna kulit ini bisa disebabkan oleh adanya timbul bercak-bercak yang berwarna hitam yang biasa terlihat pada kulit pipi, dahi, batang hidung, dagu, leher, dan tangan. Selain itu, penyakit kulit melasma ini biasa terlihat pda area tubuh yang sering terpapar sinar matahari. Melasma sendiri lebih sering dialami oleh wanita hamil. Nama lain dari penyakit melasma biasa disebut juga dengan chloasma. Penyakit kulit ini bisa hilang dengan sendirinya dan setelah msa kehamilan telah selesai maka bercak-bercak tersebut dapat diobati dan dihilangkan dengan menggunakan krim kuli dan penting untuk mengetahui  makanan sehat untuk kesehatan kulit.

  1. Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh hilangnya warna kulit asli. Penyakit kulit ini akan timbul bercak-bercak berwarna putih yang terihat pada kulit. Vitiligo ini biasa terjadi dikarenakan berkurangnya melanin yang terdapat pada lapisan kulit dan terjadi secara lokal dan hanya ada pada daerah kulit tertentu. Perubahan warna akan muncul pada daerah yang terpapar sinar matahari seperti bagian tangan, kaki, wajah, dan lainnya. Informasi tentang mengetahui  cara mengobati jamur kulit untuk mengetahui  jenis-jenis penyakit kulit.

Tanda-tanda dari penyakit pigmen ini antara lain adalah dikarenakan munculnya uban yang terjadi pada rambut, bulu mata, alis, atau jenggot saat sebelum usia 35 tahun. Hal ini akan ditandai dengan berubah dan hilangnya warna pda retina dan jaringan yang melapisi bagian dalam mulut dan hidung. Adanya bercak putih yang terdapat pada area ketiak, pusar, alat kelamin dan dubur.

  1. Albinisme

Albinisme ini merupakan kelainan genetik yang berakibat pada mutasi gen yang akan menyebabkan sel-sel yang ada pada melanin tidak berfungsi dengan benar.

Demikian penjelasan mengenai penyebab perubahan warna kulit. Zat melanin yang ada pada lpisan kulit ini memang diproduksi sebagai hasil dari reaksi kulit yang terjadi karena ada rangsangan ari dalam ataupun luar. Jika metabolisme yang terjadi pada tubuh tidak sempurna maka hal ini akan menyebabkan prosuksi melanin yang ada pada kulit menjadi berlebihan sehingga akan terjadi penumpukan melanin yang terjadi pada lapisan kulit anda. Produksi melanin yang semakin kuat adalah faktor yang menjadikan kulit anda berwarna gelap. Hubungan antaracara mengobati jamur kulit dan penyebab jamur kulit saling berkaitan

Ada baiknya untuk mengkonsultasikan dengan dokter terkait yang memang mengerti mengenai kondisi yang dialami dan dapat diberikan penanganan lebih lanjut terkait tentang perubahan warna kulit yang tidak wajar, karena dimungkinkan juga terinfeksi penyakit kulit yang membahayakan. Pemeriksaan fisik yang dilakukan dapat membantu penanganan yang lebih spesifik dan dapat diketahui penyebabnya yang mendasarinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, ,