Sponsors Link

6 Penyebab Penyakit Kurap di Selangkangan yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Munculnya kurap di permukaan kulit memang bukan tanpa alasan, apalagi kurap di selangkangan yang pasti sangat mengganggu. Penyebab penyakit kurap di selangkangan inilah yang sangat perlu untuk diketahui agar kita dapat mencegah dengan menghindari penyebab-penyebab tersebut. Kurap sendiri adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dermatofit, yaitu jenis jamur yang bisa tumbuh di permukaan kulit. Jamur jenis ini akan menggunakan keratin dan sel-sel kulit mati sebagai sumber makanan untuk mereka hidup di permukaan kulit. Ada tiga jenis jamur dermatofit yang berperan dalam terjadinya penyakit kurap, yaitu Tricophyton *T.), Microsporum (M.), dan Epidermophyton (E.).

ads

Perlu diingat bahwa jamur yang menyebabkan terjadinya kurap ini akan sangat mudah tumbuh di kondisi kulit yang mendukung. Seperti jamur pada umumnya, jamur dermatofit ini juga mudah tumbuh di area yang lembab, sering basah dan kurang terjaga higienisitasnya. Karena hal inilah kulit di area selangkangan menjadi salah satu area ideal untuk jamur penyebab kurap ini tumbuh. Area selangkangan yang sering tertutup, sangat lembab dan mudah berkeringat menjadi lingkungan yang mendukung pertumbuhan kurap. Kenali ciri-ciri jamur di selangkangan dan ketahui hal-hal apa saja yang memudahkan jamur tersebut tumbuh sehingga menyebabkan penyakit kurap di selangkangan. Simak pembahasan berikut, ya!

  1. Kontak kulit langsung

Spora jamur kulit dermatofit mampu bertahan di permukaan kulit hingga berbulan-bulan. Tidak hanya itu, spora juga bisa bertahan di sisir, handuk, dan peralatan lainnya hingga akhirnya dia berpindah ke kulit orang lain. Ketika seseorang melakukan kontak dengan benda yang terinfeksi spora jamur, maka dia akan beresiko untuk terinfeksi kurap juga. Apalagi, jika spora terkena di kulit yang ideal untuk tumbuh dan berkembang, maka spora akan berkembang menjadi jamur kulit yang menyebabkan kurap.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak meminjam barang pribadi orang lain, terutama handuk dan pakaian dalam. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan kulit tubuh, terutama setelah Anda melakukan kontak dengan barang-barang yang berpotensi menjadi media penularan jamur.

  1. Keringat berlebihan

Aktivitas harian seperti bekerja dan olahraga yang banyak menghasilkan keringat akan membuat Anda beresiko terkena kurap. Hal ini terutama jika Anda tidak segera berganti pakaian setelah berkeringat, terutama pakaian dalam yang bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Keringat akan menjadi kondisi ideal yang mendukung pertumbuhan jamur dan bakteri lain yang bisa menyebabkan timbulnya kurap di selangkangan.

  1. Pakaian yang terlalu ketat

Pada wanita, pakaian yang terlalu ketat dikenali sebagai penyebab kemaluan wanita bengkak sehingga penggunaan pakaian ini pun sangat tidak dianjurkan. Pakaian ketat juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih lembab. Kulit menjadi lebih sulit ‘bernapas’ akibat pakaian yang terlalu ketat sehingga area kulit tersebut menjadi lebih panas. Hal ini pun akan memicu keluarnya keringat yang berlebih yang pada akhirnya akan membuat area tersebut lembab. Kondisi ini membuat jamur kulit udah tumbuh dan menyebabkan kurap.

Hal inilah yang mungkin sering menjadi penyebab penyakit kulit di selangkangan. Memakai celana ketat ataupun underwear yang ketat membuat jamur dermatofit bisa tumbuh subur dan menimbulkan penyakit kurap.

  1. Tertular kurap dari bagian tubuh lain

Jamur penyebab kurap ternyata tidak akan berdiam diri di satu tempat saja. Jamur akan sangat mudah menyebar ke bagian tubuh lain melalui kontak langsung. Misalnya, ketika Anda mengalami jamur di kuku Anda dan Anda memegang area selangkangan yang lembab, maka sangat mungkin jamur akan menginfeksi area selangkangan juga dan menyebabkan kurap di area tersebut.

Sponsors Link

Seringkali, mudahnya penyebaran penyakit kurap ke bagian tubuh yang lain ini menyebabkan orang salah mengenali penyakit tersebut merupakan kurap atau eksim. Padahal, terdapat perbedaan kurap dan eksim yang mudah dikenali. Oleh karena itu, sangat perlu bagi Anda segera mengetahui jenis penyakit yang sedang Anda alami untuk segera bisa mengatasi kurap atau penyakit kulit lainnya sebelum penyakit tersebut menyebar ke bagian tubuh yang lain.

  1. Kekebalan tubuh kurang

Siapa bilang bahwa kekebalan tubuh hanya akan menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus? Ternyata kondisi kekebalan tubuh kita juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit, bahkan dari penyakit ‘sesepele’ kurap. Pada beberapa orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah akan sangat berpotensi mengalami infeksi oportunistik apapun, salah satunya kurap.

Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh orang tersebut tidak mampu melawan pertumbuhan jamur dengan baik. Misalnya, pada orang yang memiliki peyakit diabetes melitus atau HIV/AIDS. Hal ini juga berlaku pada orang-orang yang mengkonsumsi obat-obatan yang menurunkan kekebalan tubuh, misalnya obat imunodepresan yang berguna untuk mengatasi peradangan maupun alergi.

Sponsors Link

  1. Genetik

Percaya atau tidak, terkadang ada kecenderungan seseorang menderita kurap, bahkan kettika sistem kekebalan tubuhnya baik. Jika seseorang memiliki keluarga yang semuanya menderita kurap, meskipun dari segi sanitasinya baik, bisa jadi dia dan keluarganya memang memiliki bakat genetik menderita penyakit kurap.

Melihat banyaknya penyebab kurap di atas yang umumnya disebabkan oleh faktor kebersihan, maka Anda telah mengetahui bahwa kebersihan harus sangat dijaga agar terhindar dari kurap. Hal ini terutama jika Anda tergolong seseorang yang memiliki bakat genetik untuk menderita kurap. Jika Anda terlanjur terkena penyakit kurap di selangkangan, Anda bisa mencoba cara menghilangkan kurap di selangkangan yang alami, seperti cara mengobati kurap dengan bawang putih yang pasti aman dan tanpa efek samping.

Sementara itu, anak-anak dan pria lebih berpotensi untuk menderita penyakit kurap. Hal ini dikarenakan dua golongan tersebutlah yang biasanya memiliki tingkat kebersihan kurang sehingga membuat penyebab penyakit kurap di selangkangan mudah terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang Anda lebih memperhatikan tubuh dan lingkungan Anda agar tetap bersih agar terhindar dari penyakit kurap ini.

Sponsors Link
, , ,