Sponsors Link

15 Penyebab Menstruasi Berlebihan yang Sering Terjadi Berkali-kali

Sponsors Link

Keadaan normal terjadinya menstruasi atau haid yaitu berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Tetapi apabila haid kemudian bertambah lama hingga ebih dari 7 hari atau lebih dari 1 minggu, maka hal ini sudah termasuk sebagai gangguan menstruasi atau haid yang disebut haid memanjang atau biasa disebut sebagai menorrhagia dalam istilah medis. Sebenarnya kejadian haid yang berkepanjangan dapat terjadi oleh bebrapa sebab. Oleh karenanya, sangat penting mengetahui cara membersihkan kemaluan setelah haid, agar tetap terjaga sehat. Berikut beberapa penyebab menstruasi berlebihan:

ads

1. Tidak seimbangnya hormon

Seperti diketahui, siklus haid berhubungan dengan kesuburan. Kedua hal tersebut terjadi dengan dipengaruhi oleh fungsi dari hormon. Hormon yang berperan dalam kedua hal tersebut adalah hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon tersebut memilliki korelasi naik dan menurun menciptakan terjadinya siklus haid secara teratur. Namun bila fungsi kedua hormon tersebut terganggu dan menjadi tidak seimbang, maka tentu dapat mengganggu dari siklus haid. Salah satu gangguan pada siklus haid adalah masa haid yang memanjang.

2. Pengaruh penggunaan KB

Penggunaan alat kontrasepsi ternyata dapat mempengaruhi siklus haid pada wanita. Pada umumnya beberapa wanita akan mengalami perubahan siklus haid yang dapat berupa tidak mengalami menstruasi, atau malah justru mengalami menstruasi panjang. Hal ini diduga akibat fungsi atau cara kerja KB yang dapat mempengaruhi  sistem hormonal di dalam tubuh. Selain itu, haid yang memanjang biasa terjadi pada wanita yang baru saja mengganti jenis KB yang digunakan. Selain haid memanjang, dapat juga terjadi keputihan yang juga kita perlu rahu ciri-ciri keputihan berbahaya.

Apabila seorang Ibu atau wanita yang sedang menggunakan kontrasepsi atau KB kemudian justru mengalami menstruasi yang panjang, perlu mengunjungi dokter kandungannya. Konsultasi bertujuan untuk mengevaluasi kembali kerja KB yang digunakan. Apakah perlu di ganti, atau tetap dilanjutkan. Karena haid berkepanjangan juga kemungkinan bisa menyebabkan anemia nantinya.

3. Polip rahim

Pada umumnya secara normal wanita sehat tdak memiliki polip pada rahim. Definisi polip sendiri merupakan tumbuhnya jaringan ikat pada suatu bagian tubuh. Polip pada umumnya tampak berupa penonolan jaringan yang tidak norma dan sifatnya jinak. Polip juga bisa dikatakan sebuah tumor yang sifatnya jinak. Polip sendiri dapat tumbuh pada beberapa bagian tubuh, salah satunya pada rahim wanita.

Pada rahim wanita, polip dapat tumbuh akibat dari pengaruh hormon yang juga tidak stabil. Pada umumnya peningkatan hormon yang terjadi memicu terjadinya pertumbhan polip. Salah satu dampak dari polip sendiri bisa memicu terjadinya perdarahan atau haid yang memanjang dan juga menghambat kehamilan.

4. Dysfungtional uterine bleeding (DUB)

Dysfungtional uterine bleeding (DUB) atau perdarahan uterus disfungsional merupakan kelainan berupa hadi yang terjadi secara terus-menerus. Hal ini merupakan gangguan yang terjadi pada wanita dengan usa produktif. Namun perdarahan ini lebih sering terjadi pada wanita yang menjelang menopause atau usia diatas 40 tahun. Walaupun hal ini terjadi karena gangguan pada kestabilan hormon yang mempengaruhi rahim, namun kebanyakan perdarahan uterus disfungsional tidak diketahui penyebabnya.

5. Adenomiosis

Adenomiosis merupakan kelainan yang terjadi pada rahim tepatnya pada dinding rahim. Susunan dinding rahim terdapat lapsan endometrium yang merupakan lapisan paling dalam dari rahim. Endomerium ini akan menebal dan meluruh pada saat menstruasi. Dibawah endometrium terdapat lapisan yang tersusun dari jaringan otot yang disebut miometrium. Kelainan adenomiosis merupakan kelainan dimana jaringan atau lapisan endometrium bertumbuh di dalam lapisan atau jaringan miometrium.

Sponsors Link

Ketika jaringan endometrium tambahan ini tmbuh pada miometrium, lapisan endometrium tambahan tersebut akan menebal dan meluruh layaknya lapisan endometrium normal. Akibatnya akumulasi darah dan gumpalan jaringan pada mentsruasi akan bertambah sehingga membuat proses haid menjadi lebih panjang karena hal tersebut.

6. Gangguan pembekuan darah

Komponen-komponen darah tertentu serta faktor pembekuan darah secara normal ada di dalam tubuh dan mempunyai fungsi penting dalam menghentikan proses perdarahan. Prinsip kerjanya bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, bila kita mengalami luka ringan dan berdarah maka biasanya beberapa detik hingga menit akan berhenti. Hal tersebut terjadi karena adanya peran dari proses pembekuan darah tersebut. Hal yang sama juga berlaku pada saat proses menstruasi atau haid berlangsung.

Apabila seorang wanita sedang mengalami gangguan pembekuan darah dan secara kebetulan pada saat yang sama juga sedang dalam masa haid, maka bisa jandi perdarahan haid akan terus terjadi dan belum berhenti. Hal ini karena proses pembekuan tidak dapat berlansung karena gangguan tersebut. Oleh karenanya, biasanya pada orang dengan riwayat haid yang panjang akan diberikan obat yang membantu proses pembekuan darah untuj menghentikan darah haid yang terus keluar. Contoh obat yang sering diberikan misalnya asam traneksamat.

7. Stress

ads

Penyebab menstruasi berlebihan juga bisa karena stress. Secara umum sering dikatakan bahwa beberapa penyakit juga terjadi karena faktor pikiran. Karena hal tersebut biasanya dokter tidak menemukan kelainan fisik pada orang yang mengalami suatu keluhan tertentu. Hal ini juga bisa terjadi pada orang dengan menstruasi yang panjang. Dikatakan bahwa keadaan sedang dalam beban pikiran atau sedang stress dapat membuat seorang wanita tidak mengalami haid, atau bisa juga malah mengalami haid yang berkepanjangan. Diketahui bahwa tingkat sterss juga turut mempengaruhi fungsi dari hormon, termasuk pengaruhnya pada siklus menstruasi.

8. Keganasan

Bentuk keganasan suatu jaringan yang dikenal sebagai tumor ganas atau kanker merupakan salah satu penyebab terjadinya perdarahan haid yang lama. Salah satu contoh kanker yang dapat menyebabkan haid yang panjang adalah kanker serviks. Sifat dari keganasan sendiri adalah mudah mengalami berdarah. Hal ini karena terjadinya neovaskularisasi dan rapuh pada jaringan kanker tersebut. Akibatnya jaringan tersebut mudah mengalami luka dan menyebabkan mudah terjadinya perdarahan. Karena hal tersebutlah banyak wanita mengeluh mengalami haid yang panjang, terutama setelah berhubungan suami istri. Oleh karenanya, sangat penting mengetahui cara pencegahan kanker rahim.

9. Keguguran

Angka keguguran masih sering ditemui di dunia medis. Keguguran dapat terjadi secara spontan karena suatu gangguan, atau secara sengaja digugurkan (bersifat kriminal). Keguguran ditandai dengan keluarnya jaringan atau darah pada usia kehamilan masih muda. Ketika selesai terjadi keguguran, umumnya perdarahan akan berhenti. Namun terdapat beberapa kasus ketika terjadi keguguran dan masih tersisa jaringan janin didalam rahim. Hal tersebut dapat menyebabkan terus terjadinya perdarahan seperti haid yang panjang. Perdarahan ini dapat menyebabkan terjadinya anemia. Penanganan pada keguguran yang tidak bersih ini biasanya dilakukan tindakan kuret oleh dokter.

10. Hiperplasia endometrium

Hiperplasia endometrium merupakan kelainan yang dapat terjadi pada dinding dari rahim, tepatnya pada lapisan paling dalam atau lapisan endometrium. Tidak seimbangnya produksi hormon antara estrogen dan progesteron mempengaruhi terjadinya hiperplasia endometrium. Hiperplasia endometrium merupakan keadaaan dimana sel-sel endometrium berkembang lebih besar dan lebih banyak daripada umumnya, sehingga membuat lapisan endometrium menjadi menebal.

Pada keadaan ini, peningkatan dari hormon estrogen tidak diimbangi oleh hormon progesteron. Hal ini mengakibatkan estrogen terus menstimulasi jaringan endometrium secara terus menerus tanpa hambatan dari progesteron.  Hal ini dapat mengganggu siklus menstruasi, dapat berupa keadaan tidak haid hingga mengalami sering haid atau haid yang panjang. selain itu terdapat juga keadaan endometrium mengalami radang (endometriosis) dan mempunyai ciri-ciri endometriosis tersendiri.

11. Berat badan berlebih

Berat badan berlabih umumnya dikarenakan asupan yanng tidak seimbang dengan aktivitas yang kita lakukan. Dimana asupan atau makanan yang kita konsumsi lebih banyak daripada pembakaran atau aktivitas yang kita lakukan. Akibatnya akan terjadi penumpukan sumber energi di dalam tubuh yang dikonversi menjadi lemak dan terus menumpuk membuat tubuh menjadi gemuk dan berat.

Ternyata sel lemak yang banyak dapat memicu peningkatan estrogen yang tinggi. Hal ini dikarenakan sel lemak memicu produksi salah satu bentuk hormon estrogen yang disebut estron. Akibatnya akan terjadi gangguan pada dinding rahim sehingga menyebabkan lapisan dinding rahim terus bertambah sehingga dapat menyebabkan sering terjadinya haid secara terus-menerus.

Sponsors Link

12. Sindrom Poli Kistrik Ovarium

Penyebab menstruasi berlebihan juga adalah sindrom poli kistik ovariuam. Sindrom poli kistik ovarium merupakan keadaan dimana indung telur atau ovarium mengalami gangguan berupa pembesaran dan terbentuk banyak kantong-kantong berisi cairan yang disebut kista pada ovarium yang membesar tersebut. Hal ini juga menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan hormon progesteron dan estrogen. Hingga pada akhirnya akan timbul gejala berupa sering haid. Dimana haid yang terjadi mungkin sedikit-sedikit, namun tidak teratur.

13. Gangguan fungsi tiroid

Gangguan tiroid dapat berupa hipotiroid atau hipertiroid dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada menstruasi atau haid. Hal ini diduga bahwa gangguan tiroid juga mempunya dampak hingga terjadinya ketidak seimbangan hormon hingga menyebabkan tidak haid atau bahkan haid yang lama. Selain itu, dikatakan bahwa gangguan tiroid beresiko menyebabkan terjadinya gangguan pada kesuburan hingga menyebabkan dapat kesulitan untuk hamil.

14. Perimenopause

Perimenopause merupakan keadaan dimana wanita dengan siklus haid normal atau masa subur sedang beralih ke masa menopause atau berhenti haid (masa tidak subur). Pada saat masa peralihan tersebut terjadi ketidakseimbangan hormon. Hal in terjadi karena pada akhirnya hormon progesteron dan estrogen tidak lagi akan mengalami peningkatan seperti pada saat masa produktif. Pada saat ini hormon tersebut sedang dalam tahap mengalami penurunan dan masih belum stabil. Oleh karenanya, perlu juga tetap menjaga kesehatan vagina sepert mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan vagina. Biasanya keadaan menopause atau tidak haid terjadi pada  wanita dengan usia sekitar 50 tahun.

15. Kehamilan ektopik terganggu

Kehamilan ektopik terganggu merupakan keadaan dimana terjadi kehamilan pada wanita, namun bukan pada rahim. Kehamilan ini disebut hamil diluar kandungan dan paling sering pada daerah saluran tuba falopi. Ketika embrio semakin bertumbuh dan saluran tuba tak mampu lagi membesar, maka kemudian akan pecah hingga menjadi penyebab menstruasi berlebihan. Selain terjadi perdarahan seperti haid, biasanya wanita dengan kehamilan ektopik juga mengalami nyeri perut hebat dan anemia, bahkan syok.

Demikian itulah beberapa ulasan tentang menstruasi yang terjadi berlebihan yang bisa anda ketahui bagaimana penyebab itu bisa terjadi.

Sponsors Link
, , ,