Sponsors Link

4 Penyebab Labia Minora Memanjang yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Alat kelamin wanita memiliki 2 macam labia, yakni labia mayora atau bibir vagina bagian luar, dan labia minora atau bibir vagina bagian dalam. Kedua labia tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Labia mayora berfungsi sebagai pelindung dari organ-organ bagian dalam sistem reproduksi wanita, sedangkan salah satu fungsi labia minora adalah untuk saluran urin dan pembukaan kelenjar bartholin.

ads

Sama halnya seperti bagian tubuh kita yang lain, labia tidaklah ada yang sama. Faktanya, hampir setiap wanita memiliki warna dan ukuran labia yang berbeda satu sama lainnya. Bahkan, labia yang terletak disebelah kanan dapat memiliki warna dan ukuran yang berbeda dari labia di sebelah kiri. Terlebih lagi, banyak wanita yang memiliki labia minora lebih panjang, besar atau hitam dari labia mayoranya. Hal ini menyebabkan banyak di antara wanita tersebut yang menjadi kurang percaya diri saat berhubungan seksual.

Jika Anda memiliki labia minora yang lebih panjang, besar, atau hitam dari labia mayora, kemungkinan besar itu adalah hal yang lumrah. Tentunya lain cerita jika kondisi tersebut disertai dengan gejala yang aneh, seperti gatal disertai bintik kecil di vagina atau keputihan yang tidak normal, atau rasa nyeri pada daerah labia minora. Jika demikian, maka ada kemungkinan Anda sedang menderita gejala penyakit kelamin, seperti bartholinitis pecah atau kista bartholin yang diakibatkan oleh terinfeksinya kelenjar bartholin yang terletak pada labia minora. Namun, jangan khawatir apabila Anda tidak merasakan keluhan apapun yang menjurus kepada penyakit serius di sekitar labia Anda. Itu tandanya bentuk labia minora yang lebih panjang, besar, atau hitam tersebut adalah normal dan bukan merupakan tanda-tanda terkena penyakit kelamin.

Sebenarnya apa sih penyebab labia minora memanjang? Yang pasti masturbasi, hubungan seksual, dan dan penyakit menular seksual bukanlah penyebabnya. Sampai saat ini, sebenarnya belum ditemukan apa penyebab pasti labia minora memanjang. Akan tetapi, beberapa faktor di bawah ini dapat menjadi acuan dalam menentukan penyebab labia minoria memanjang.

1. Puberti

Puberti diyakini menjadi penyebab labia minora memanjang. Pada masa akil balik, terjadi lonjakan hormonal yang disertai perubahan tubuh baik pada pria maupun wanita. Pada wanita, khususnya, pengaruh hormonal tersebut akan membuat organ reproduksi mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan organ genital tersebut diindikasikan menjadi salah satu penyebab labia minora memanjang.

2. Kehamilan

Selama masa kehamilan, darah lebih banyak mengalir deras pada daerah genital. Hal ini dapat menyebabkan labia minora lebih besar dan terlihat lebih memanjang dari pada labia mayora.

3. Melahirkan

Saat melahirkan normal, labia akan meregang ketika bayi bergerak keluar dari serviks. Pada umumnya, labia akan kembali ke bentuk semula setelah melahirkan, tetapi dalam beberapa kasus, labia yang meregang tidak kembali lagi ke bentuk semula. Hal tersebut menyebabkan labia minora membesar dan terlihat memanjang.

4. Bawaan Lahir

Pada beberapa wanita, genetik berperan dalam penyebab labia minora memanjang. Di antara mereka memang terlahir dengan keadaan labia monira yang telah memanjang. Faktor genetik juga merupakan salah satu penyebab labia minora menonjol keluar.

Demikianlah beberapa kondisi yang disinyalir merupakan penyebab labia minora memanjang. Perlu diingatkan kembali bahwa labia minora memanjang adalah keadaan yang normal selama tidak disertai dengan keluhan lain. Jika Anda merasa labia minora memanjang ini mengganggu, operasi estetik dapat menjadi solusi bagi Anda untuk mengubah labia mayora menjadi simetris dan labia minora menjadi tersembunyi di dalam labia mayora.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :