Sponsors Link

11 Penyebab Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

Sponsors Link

Pengertian dari kutil kelamin adalah adanya pertumbuhan lembut pada kulit dan selaput lendir pada kelamin. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual. Penyebab penyakit kutil kelamin pada pria atau yang dikenal dengan istilah Condyloma Accuminata yang disebabkan oleh sejenis virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV), adalah virus yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker. Akibat yang paling fatal dari penyakit ini dapat berakhir dengan kematian. Adapun penyebab dari infeksi menular kutil kelamin ini adalah sebagai berikut:

ads

1. Virus HPV (Human Papilloma Virus)

Virus HPV ini adalah jenis virus yang bersarang pada daerah lembab dan mudah basah. Daerah kelamin dan genital adalah daerah yang mudah terserang oleh virus ini. Virus ini dapat menjadi penyebab kutil kelamin pada pria dan wanita sekaligus. Kutil ini pertumbuhannya sangat lembut tidak langsung terdeteksi oleh mata jika tidak diperhatikan. Lama kelamaan akan terlihat jelas dan dapat disentuh. Didaerah tumbuhnya kutil, akan terasa gatal, perih dan serasa terbakar.

Untuk wanita akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker serviks. Adapun ciri-ciri dari penyakit ini dimulai dari munculnya benjolan-benjolan daging (tampak sekilas bisa seperti jengger ayam atau brokoli) yang berukuran kecil di sekitar area kelamin, dubur, penis dan buah zakar. Pada wanita benjolan-benjolan ini tumbuh di sekitar vagina, dubur dan leher rahim. Untuk pria maupun wanita, benjolan bisa juga tumbuh di area paha atas. Penyebaran sangat cepat dan dapat menutupi 90% dari bagian vital tersebut.
Sedangkan ciri-ciri orang yang sudah tertular virus ini adalah :

  • Mengeluarkan darah pada saat melakukan hubungan seksual.
  • Rasa gatal yang sangat parah di area genital, penis dan pangkal paha.
  • Terjadi pembengkakan di area genital.
  • Bau tak sedap di area genital.
  • Adanya tingkat kelembaban di area genital.
  • Adanya cairan yang keluar di area genital atau dubur. (baca juga: Penyakit Kurap Kering)

2. Sistim Kekebalan Tubuh/Imunitas Yang Tidak Bagus

Hubungan seksual adalah salah satu timbulnya penyebab penyakit kutil kelamin pada pria. Namun tidak berarti semua orang yang berhubungan seksual dan berpotensi sudah membawa virus ini akan terkena secara langsung. Pada orang-orang yang mempunyai Imunitas/sistim kekebalan tubuh yang bagus, pada beberapa kasus terbukti dapat membunuh virus ini sebelum mulai berkembang dan menyebar.

Faktor-faktor yang mempercepat penyebaran kutil pada kondisi sebagai berikut:

  • Perokok.
  • Peminum Alkohol.
  • Penganut sex bebas.
  • Melakukan sex bebas pada usia terlalu dini.
  • Penyandang HIV/AIDS (pengaruh dari system kekebalan tubuh).
  • Sudah terinfeksi. (baca juga: Penyebab Penyakit Scabies)

3. Hubungan Seks Tanpa Pengaman

Melakukan hubungan seks tanpa pengaman atau kondom dapat menjadi pemicu penyebab kutil kelamin. Virus akan mudah menyebar pada daerah basah dan lembab, seperti daerah kelamin, buah zakar dan dubur. Masa inkubasi 3 minggu -8 bulan, dengan rata-rata berkembangnya virus sekitar 3 -5 bulan untuk laki-laki.

4. Hubungan Seks Dengan Banyak Pasangan

Hubungan sex yang dilakukan dengan banyak pasangan yang bukan pasangan tetap sangat beresiko tinggi tertular virus ini. Dengan tidak diketahuinya riwayat kesehatan serta perilaku pasangan sex semakin memperbesar penyebab penyeabab kutil kelamin pada pria ataupun wanita. Rata-rata usia laki-laki yang terjangkit virus ini ada pada kisaran usia 20-35 tahun. Dimana usia tersebut adalah usia yang mempunyai potensi besar terjangkit kutil kelamin karena termasuk usia produktif dan aktif secara seksual.

5. Penularan

Sponsors Link

Penularan penyebab penyebab kutil kelamin pada pria atupun wanita selain dapat ditularkan saat kontak fisik melalui hubungan seksual, penularannya juga dapat terjadi dari orang ke orang melalui kontak kulit ke kulit. Contohnya pada saat aktifitas seperti:

6. Mengganti Pasangan

Infeksi penularan kutil kelamin juga dapat terjadi melalui anal sex,terutama pada penderita yang sudah terinfeksi. Pemakaian kondom sebagai proteksi sangat dianjurkan apabila melakukan aktifitas anal sex. Tetapi tetap tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual secara berganti-ganti pasangan dan bukan pasangan tetap. (baca juga: Cara Menghilangkan Keloid)

7. Terkena Virus Pasangan

Satu catatan yang berkaitan dengan penetrasi sex adalah bahwa penularan virus kutil kelamin tidak dapat ditularkan melalui ciuman,berpelukan dan berpegangan tangan. Penetrasi sex yang dapat menjadi penyebab kutil kelamin adalah hubungan yang dilakukan melalui alat kelamin ataupun dubur. Penggunaan pelindung seperti kondom dapat melindungi penis ataupun vagina dari penyakit ini. Dalam kehidupan sehari-sehari penularan juga tidak dapat terjadi dengan cara bertukar pakaian, bertukar handuk, peralatan makan/minum ataupun barang-barang sehari-hari, selama barang-barang tersebut tidak tercemar oleh bagian tubuh yang terinfeksi.

8. Oral Sex

Kutil kelamin tidak hanya dapat melakukan penularan melalui kelamin.tetapi juga dapat ditularkan melalui oral sex. Pada saat aktifitas sex dilakukan, resiko penularan akan terjadi melalui mulut, bibir, lidah dan tenggorokan. Perbedaan antara penularan melalui kelamin dan penularan melalui mulut dan tenggorokan adalah terletak pada lokasi tempat berkembangnya virus. (baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Kulit)

9. Alat Sex Mainan (sex toys)

ads

Pemakaian alat-alat sex mainan (sex toys) yang tidak steril juga bersiko besar dapat menularkan penyakit kutil kelamin kepada si pemakai. Sama halnya dengan menggunakan toilet yang tidak bersih ataupun tidak membersihkan diri setelah buang air kecil, penularan ini pun dapat terjadi. Dianjurkan untuk sesering mungkin membersihkan peralatan setiap kali selesai digunakan seperti juga halnya seperti mengganti pakaian dalam sesering mungkin untuk menghindari bagian intim menjadi lembab dan kotor.

10. Penderita Diabetes (Kencing Manis)

Pada penderita diabetes (kencingn manis), akan mudah sekali terkena kutil kelamin karena kondisi fisiknya yang cukup rentan. Penyebaran mikroorganisme didalam organ vital yang lembab akan sangat mudah terjadi. Terutama didaerah seperti kelamin, buah zakar, penis, pangkal paha dan dubur, dapat menjadi pemicu berkembangnya virus ini pada tubuh. Dan sesuai dengan masa inkubasinya, pada akhirnya berpotensi menjadi penyebab penyakit. (baca juga: Makanan Sehat Untuk Kesehatan Kulit)

11. Kontak Dari Kulit Ke Kulit

Penyebaran virus selain melalui interaksi seksual, penyebaran juga bisa melalui kontak serentak dari kulit ke kulit yang berada didaerah genital ataupun dubur. Jika si penderita sudah terinfeksi tetapi belum sempat mengalami kemunculan kulit, kutil akan muncul setelah melewati masa inkubasi tertentu. Virus HPV tidak dapat dilenyapkan atau ditangani seluruhnya dari tubuh setiap orang. Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat jika terjangkit penyakit ini harus melalui proses pemeriksaan dokter terlebih dahulu.

Bebera jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani kutil kelamin adalah sebagai berikut:

  • Prosedur pembekuan nitrogen cair (Cryotherapy).
  • Terapi laser.
  • Penggunaan krim.
  • Operasi.
  • Pengobatan tradisional.
  • Pengobatan kutil topika Imiquimod.
    (Aldara),podifilin dan podofiloks (Condylox), asam trikloroasetat (TCA).
  • Elektrokauter, pengobatan dengan cara pembakaran dengan arus elektrikal. (baca juga: Penyakit Kulit Eksim)

Ada beberapa klinik yang khusus menangani jenis penyakit seksual sudah memiliki beberapa metode pengobatan seperti dibawah ini:

  • Terapi detoksifikasi untuk penetrasi kekebalan tubuh
  • Antivirus terapi
  • Pengobatan Auto Imun

Ada beberapa pengobatan gaya rumahan yang sudah pernah dicoba oleh sebagian orang untuk mengatasi kutil kelamin seperti dibawah ini:

  • Menggunakan kondom setiap kali berhubungan. Cara ini adalah cara yang paling sederhana untuk dapat  mengurangi resikotertular penyakit.
  • Menggunakan air hangat untuk membersihkan area genital. Bisa juga dengan cara menuang air hangat kedalam bak, dan duduk selama 10-15 menit didalamnya untuk membersihkan area pribadi.
  • Mengeringkan area genital setiap kali selesai dibasuh atau dibersihkan.
  • Cara-cara tradisional yang sudah pernah saya baca di beberapa artikel yang berkaitan dengan cara penyembuhan kutil kelamin adalah sebagai berikut, walaupun belum dapat dibuktikan secara ilmiah:
  • Pengobatan menggunakan sari apel cuka yang dipercaya sebagai  formula efektif untuk pengobatan segala bentuk infeksi. (baca juga: Cara Menghilangkan Bau Pada Vagina)
Sponsors Link

Cara Pemakaian hanya dengan cara mengoleskan sari apel cuka tersebut dengan kapas ke area yang terinfeksi  (setelah dibersihkan) setiap malam sebelum tidur. Tetapi  sayangnya ada efek samping dari pengobatan tradisional ini. Kutil akan terasa perih dan ada kemungkinan bengkak akibat reaksi dari keasaman cuka. Ada dua kemungkinan yang terjadi setelah pengobatan dilakukan. Kutil akan sembuh secara perlahan dalam beberapa minggu, atau hanya akan memperburuk kondisi yang sudah ada. Dan pada akhirnya akan  berujung dengan terjadinya penularan lainnya, dimungkinkan melalui tangan yang sudah tercemar oleh infeksi dari area yang luka.

  • Pengobatan kutil kelamin menggunakan bawang putih sebagai vitamin E. Cara pemakaian dengan memotong bawang putih dan dicuci, kemudian dioleskan ke area yang terinfeksi (dibersihkan terlebih dahulu). Gunakan secara teratur sampai sembuh. (baca juga: Ciri-ciri Sipilis)
  • Pengobatan kutil kelamin menggunakan bawang merah. Cara pemakaian dengan memotong bawang merah dan dicuci, kemudian dioleskan ke area yang terinfeksi (dibersihkan terlebih dahulu). Gunakan secara teratur sampai sembuh.
  • Pengobatan kutil kelamin menggunakan aloevera (lidah buaya). Cara pemakaian dengan memotong bagian badan dan dicuci, kemudian mengoleskan ekstraknya ke area yang terinfeksi (dibersihkan terlebih dahulu). Sifat dari aloevera yang dingin secara tidak langsung akan memberikan efek sejuk didaerah yang terjangkit kutil kelamin.
  • Pengobatan kutil kelamin menggunakan kulit pisang. Cara pemakaian dengan memotong kulit pisang dan dicuci, kemudian dioleskan ke area yang terinfeksi (dibersihkan terlebih dahulu). Gunakan secara teratur sampai sembuh. (baca juga: Cara Mengobati Kutil Kelamin Secara Alami)
  • Pengobatan kutil kelamin menggunakan daun dewa. Cara pemakaian dengan memotong daun dewa dan dicuci, kemudian dioleskan ke area yang terinfeksi (dibersihkan terlebih dahulu). Gunakan secara teratur sampai sembuh.
  • Pengobatan kutil kelamin menggunakan kentang. Cara pemakaian dengan memotong kentang dan dicuci, kemudian dioleskan ke area yang terinfeksi (dibersihkan terlebih dahulu).Gunakan secara teratur sampai sembuh.
  • Pengobatan kutil kelamin menggunakan  kombinasi antara garam dan bawang. Cara pemakaian dengan memotong bawang dan dicuci, kemudian dicampur dengan sedikit garam sebelumdioleskan ke area yang terinfeksi (dibersihkan terlebih dahulu). Gunakan secara teratur sampai sembuh.

Inilah beberapa alasan sebagai penyebab alasan mengapa terjadi terjadi penyakit kutil kelamin yang sering diterjadi oleh beberapa banyak orang, untuk itu kita harus lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan kelamin anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :