Sponsors Link

8 Penyebab Kulit Kaki Pecah-Pecah Yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Salah satu masalah kulit yang sering terjadi adalah kulit yang kering hingga pecah-pecah. Masalah kulit kering dan pecah-pecah ini biasanya paling sering terjadi pada area tumit kaki. Pecah-pecah dan kekeringan pada kulit biasanya diawali dengan kulit bersisik dan mengelupas. Masalah ini bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah penyakit kulit eksim, nah berikut adalah penyebab kulit kaki pecah-pecah.

ads

1. Kelebihan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih juga berisiko terhadap kulit kaki pada tumit menjadi pecah-pecah. Hal ini dikarenakan tumit harus menopang beban dari tubuh yang berat sehingga juga terjadi tekanan yang lebih besar pada tumit.

2. Kebiasaan Menggunakan Sandal

Kebiasaan menggunakan sendal juga bisa menjadi penyebab kulit kaki pecah-pecah. Hal ini dikarenakan sendal berbentuk terbuka sehingga kulit pada bagian tumit menjadi melebar saat dipijakkan dan juga kulit menjadi lebih kering yang akhirnya memicu keretakan pada kulit.

3. Kurang Minum Air Putih

Cukupilah mengkonsumsi air putih untuk kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Kekurangan cairan memicu kekeringan pada kulit dan membuat kulit menjadi dehidrasi, sehingga kulit pun juga menjadi mudah retak dan pecah pada bagian tumit.

4. Kekurangan Nutrisi Dan Vitamin

Selain kekurangan cairan tubuh, kulit kering dan pecah-pecah pada kaki juga bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan kandungan gizi seperti kandungan potassium, mineral, vitamin A, vitamin D, vitamin E dan asam lemak. Maka dari itu, cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh setiap harinya dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.

5. Kebiasaan Berdiri Berjam-jam

Kebiasaan berdiri hingga berjam-jam saat bekerja juga menjadi penyebab kulit kaki pecah-pecah pada bagian tumitnya. Hal ini lantaran tumit harus menopang berat tubuh yang berlebih terlalu lama.

6. Sering Terkena Sabun Keras Atau Detergen

Mencuci secara manual yang membuat tumit kaki sering terkena detergen juga merupakan salah satu penyebabnya. Sabun deterjen mengandung bahan yang keras sehingga bisa membuat kulit menjadi sangat kering dan kehilangan minyak alami dalam kulit. Cara membersihkan telapak kaki yang hitam karena kotoran gunakanlah sabun yang mengandung pelembab untuk menghindari terjadinya kulit mengeras dan hitam.

7. Kondisi Kulit Yang Terlalu Kering

Kondisi kulit yang terlalu kering dan tidak dirawat juga menjadi penyebab kulit pecah-pecah. Maka dari itu, selain banyak mengkonsumsi makanan bergizi dan cukup minum air putih, gunakan juga pelembab secara rutin setiap harinya. Pelembab bermanfaat dalam mengikat kadar air dan kelembaban kulit.

8. Sering Tidak Menggunakan Alas Kaki

Biasakan menggunakan alas kaki meski hanya beraktivitas di dalam rumah. Kulit yang sering bergesekan dengan lantai keramik bisa menyebabkan suhu panas sehingga menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah. Jadi, sediakan alas kaki khusus untuk dikenakan di dalam rumah untuk menghindari pecah-pecah pada kulit kaki di bagian tumit.

Itulah 8 penyebab kulit kaki pecah-pecah yang biasanya juga diiringi dengan kulit kaki sering gatal. Cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan salep untuk kulit kaki pecah-pecah dan salep penghilang kapalan kaki dan tangan secara rutin atau dengan rajin mengenakan lotion pelembab.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan