Sponsors Link

10 Penyebab Keloid Membesar dengan Rasa Perih dan Gatal

Sponsors Link

Sebenarnya keloid bukanlah suatu penyakit kulit yang berbahaya dan perlu perawatan khusus untuk menghilangkannya, karena keloid merupakan efek samping dari operasi yang dilakukan dengan prosedur sayat. Luka pada keloid akan menimbulkan jaringan parut yang sedikit timbul dari permukaan kulit normal, serta agak lembek jika disentuh. Anda tidak perlu khawatir dan menganggap bahwa penyakit ini menular, sulit disembuhkan bahkan menimbulkan kematian. Tidak ada hal berbahaya tersebut yang membuat hidup anda menjadi resah. Hanya saja banyak yang menyebutkan bahwa ciri-ciri keloid yang baik adalah tidak terlalu menonjol serta dalam kondisi yang tidak melebar, karena pada kasus tertentu keloid yang tidak segera disembuhkan juga akan merembet ke area terdekatnya sehingga anda tidak merasa percaya diri ketika berada di lingkungan.

ads

Para penderita penyakit keloid pastinya tidak mau ketinggalan informasi mengenai penyebab keloid membesar yang mereka alami. Karena bukan hanya menganggu aktifitas, keloid yang membesar terkadang juga menimbulkan rasa gatal yang ingin sekali menggaruknya serta rasa perih yang tidak tertahankan. Anda tentu tidak boleh menggaruk keloid yang gatal, karena akan timbul infeksi yang malah membuat keadaan keloid semakin buruk. Periksa apa saya penyebab utama keloid yang kian hari kian membesar, padahal anda tidak melakukan hal buruk yang secara langsung mengenai keloid tersebut, berikut penyebabnya seperti di bawah ini :

  • Kualitas tempat hidup kurang terjamin

Dalam beberapa kasus yang sering terjadi di masyarakat menyatakan bahwa keloid bisa timbul sendiri tanpa ada gangguan penyakit kulit atau interaksi berupa garukkan secara langsung, namun ada juga yang semakin hari semakin membesar dengan adanya pengaruh buruk dari lingkungan. Cara pencegahan penyakit kulit ini biasa anda atasi dengan selalu memperhatikan keadaan sekitar, seperti menggunakan barang pribadi hanya untuk sendiri, menggunakan sabun yang baik kualitasnya serta tidak menggunakan sembarang pakaian yang masih kotor. Kebiasaan buruk manusia biasanya terletak pada tingginya jumlah penduduk yang membuuat lingkungan hidup semakin kumuh. Maka dari itu selalu jaga kebersihan diri serta lingkungan untuk kini dan nanti.

  • Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi

Seseorang dengan penyakit tertentu sebaiknya bisa menjaga pola makan mereka dengan sebaik mungkin. Karena jika tidak upaya yang mereka lakukan demi mendapatkan kesembuhan tubuh akan sia-sia saja. Selain makanan yang memiliki lemak tinggi, ada baiknya anda juga perlahan meninggalkan makanan cepat saji, makanan bersantan serta seafood yang memiliki kadar kolestrol lebih tinggi dibanding makanan lainnya. Percayakan kesehatan tubuh anda pada sayur dan buah-buahan yang alami dan tanpa efek samping ketika di konsumsi. Hindari jenis-jenis makanan tidak sehat yang merugikan kesehatan anda, dengan mengatur pola hidup menjadi sehat anda telah melakukan upaya pencegahan datangnya penyakit apapun masuk ke dalam tubuh anda dengan jahat.

  • Alkohol yang terus dikonsumsi

Siapa bilang bahwa alkohol memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Karena minuman ini jika terus dikonsumsi bisa menjadi penyebab keloid membesar yang makin lama akan lebih membahayakan. Jangan pernah menyentuhnya meski hanya setetes dan hanya seteguk saja. Karena kandungan di dalamnya sangat tidak baik untuk penderita keloid. Pada dasarnya tidak untuk keloid saja, penyakit lain juga akan bertambah subur dengan alkohol. Tidak ada manfaat meski hanya setitik yang kita dapatkan dari mengkonsumsi alkohol.

  • Kebiasaan merokok yang terus menerus dilakukan

Sama seperti kebiasaan meminum alkohol tanpa alasan yang jelas, merokok juga mampu menyebabkan tumbuhnya keloid menjadi lebih besar dari ukuran sebelunnya. Selain itu kebiasaan merokok juga akan membuat kulit anda menjadi tidak sehat, lebih mudah keriput dan kehilangan vitamin penting di dalam tubuh. Di dalam rokok dalan jenis dan merk apapun mengandung zat yang tidak dibutuhkan untuk tubuh dan membahayakan tubuh meskipun hanya dikonsumsi tidak terlalu sering, lalu bayangkan saja jika dikonsumsi setiap hari setiap mengkonsumsi nasi? Bukanlah lebih berbahaya bukan. Hentikan kebiasaan merokok ini sebelum anda akan menyesal di kemudian hari. 

Sponsors Link

  • Radiasi sinar matahari berlebih

Sinar matahari memang memiliki manfaat penting seperti membut kulit kita cukup vitamin hingga terbantunya proses pertumbuhan pada anak usia dini. Tapi tentu ada kadar yang harus dipahami, karena jika berlebihan akan membuat dampak buruk bagi kesehatan. Jangan biarkan kulit yang terkena keloid terkena paparan sinar matahari secara berlebihan, karena dapat menyebabkan keloid dapat tumbuh lebih besar dan menjadi berbahaya. Sinar yang berbahaya bagi kulit adalah sinar ultraviolet atau UV yang secara tidak langsung membakar kulit seseorang dan menjadi penyebab keloid membesar yang tidak disadari.

  • Kurang berolahraga

Untuk mendapatkan kualitas hidup yang sehat bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit seperti buah dan sayuran serta mengimbanginya dengan olahraga teratur setiap hari. Dengan berolahraga setiap hari tidak akan menimbulkan efek buruk untuk keloid, malahan jika tidak berolahraga keloid bisa membesar dan menjadi penyakit serius mengerikan. Lakukan olahraga kecil yang santai namun bermanfaat baik untuk tubuh seperti lari-lari kecil, bersepeda, bermain sepak bola, bulu tangkis dan jenis olahraga lainnya yang tidak terlalu berat. Pikirkan juga mengenai keloid yang bisa tumbuh lebih mengerikan dengan mempertimbangkan jenis olahraga apa yang akan anda jalani.  

ads

  • Menggaruk keloid yang gatal

Keloid tidak sebaiknya digaruk atau disentuh secara kasar ketika dalam keadaan gatal atau tidak gatal sekalipun. Karena bekas luka sayatan ini memiliki tekstur kulit yang lebih lembut dari kulit normal pada umumnya. Anda harus lebih berhati-hati ketika memiliki keloid, karena biasanya jika terhantam oleh benda keras saja akan menimbulkan rasa ngilu yang membuatnya terasa perih. Rasa gatal dapat anda atasi dengan mengkonsumsi obat penyembuh keloid hingga mengompresnya dengan air hangat. Hal tersebut terjadi karena di dalam luka sayat telah tumbuh jaringan kulit baru dengan perwujudan gatal pada kulit. Jadi jangan sembarangan menggaruk kulit yang gatal apalagi jika ada keloid terdapat di atasnya. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan ini memang sulit dihilangkan dalam lingkup masyarakat, bermula dari anda sendiri yang mampu mengubah kebiasaan tersebut menjadi tidak menggaruknya ketika gatal. Yakni dengan mengupayakan cara terbaik untuk mengobati keloid yang batu tumbuh hingga yang akan membesar.

  • Kurang minum air putih

Kemudian yang tidak kalah penting dari semuanya adalah jangan pernah lupa untuk selalu minum air putih teratur setiap harinya. Karena selain mengatasi dehidrasi parah air putih juga merupakan obat tradisional keloid yang paling mudah ditempuh. Memang pada kenyataan di lapangan ada orang yang tidak terlalu suka mengkonsumsi air putih, namun bagaimanapun tetap harus dipaksakan meksipun tidak berasa dan memiliki rasa yang cenderung membosankan. Konsumsi air putih pada pagi sebelum tidur, sebelum serta sesudah berolahraga, sebelum dan setelah makan, hingga pada malam sebelum tidur. Tidak ada aturan pasti kapan anda bisa meminumnya, yang jelas miniman 7-8 gelas dalam sehari harus anda lakukan.

 

  • Luka bakar yang tidak segera diobati

Terdapat banyak kasus yang terjadi pada masyarakat dimana luka bakar yang tidak segera disembuhkan akan tumbuh keloid lain yang lebih besar atau keloid yang tumbuh pada are berbeda dalam tubuh. Padahal sebenarnya luka bakar yang semakin parah akan lebih mudah mudah tumbuh keloid dan risiko keloid membesar juga beriringan. Cepat lakukan pengobatan untuk mengatasi luka bakar yang membuat kulit tubuh anda mengalami kelainan, seperti mengoleskan salep atau segera membawanya ke dokter yang lebih mengerti akan hal itu. Karena jika terlambat, luka bakar akan lebih cepat berubah menjadi keloid sehingga penampilan menjadi tidak oke lagi seperti sedia kala.

Sponsors Link

  • Tidak mengikuti prosedur pengobatan dengan benar

Setelah melakukan pemeriksaan ke medis dokter akan menyarankan dan memberikan arahan bagaimana merawat keloid dengan benar. Dengan kata lain anda hanya perlu mengikuti arahan dokter untuk melakukan apa yang dirinya katakan seperti istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan sehat lainnya. Sama hal nya jika anda melakukan cara menghilangkan keloid secara tradisional seperti mengkonsumsi ramuan herbal yang anda buat sendiri atau obat herbal seperti ekstrak bahan-bahan lainnya. Agar penyakit keloid anda sembuh benar, ikuti langkah pengobatan secara baik dan jangan mengabaikan sedikit saja hal yang membuat keloid kembali tumbuh dan mengganggu lagi aktifitas anda.

Tidak banyak yang tahu bahwa penyebab keloid membesar dapat timbul dari hal-hal sederhana seperti yang telah kita ulas diatas. Yang membuat penderitanya merasa rishi bahkan terganggu aktifitas sehari-harinya. Siapa yang tidak khawatir jika dalam tubuhnya tumbuh keloid yang makin lama makin besar? Jelas semua orang tidak menginginkanya, anda hanya perlu menjaga kesehatan diri baik dari sisi lingkungan atau dari dalam pribadi anda. Saran kami untuk mendapatkan hasil yang lebih baik ketika anda sudah susah payah mengobati keloid yang membesar dan belum sembuh juga, segera terapakan cara pengobatan keloid dengan bawang putih dan bawang merah yang pastinya aman dan tanpa efek samping. Karena cara tradisional dinilai lebih baik bagi mereka yang kurang cocok dengan pengobatan medis. Jaga kesehatan anda untuk sekarang dan nanti di masa depan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Keloid