Sponsors Link

7 Penyebab Kelamin Bengkak Membahayakan

Sponsors Link

Mengalami kelainan atau mengidap penyakit pada bagian alat kelamin menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang karena hal ini menjadi sangat berbahaya apabila dibiarkan. Hal ini akan menjadi satu hal yang mengerikan karena apabila tidak diobati secepatnya akan berbahaya bagi sistem reproduksi. Salah satu masalah penyakit kelamin adalah mengalami pembengkakan, terlebih biasa terjadi pada pria. Penis yang bengkak biasa dirasakan pada bagian kutup atau bagian kepala, dimungkinkan bahwa penderita kelamin bengkak ini mengalami penyakit balanitis. Hal ini biasa dirasakan oleh pria yang tidak melalui proses sunat. Sebenarnya penyakit ini bukan penyakit yang terlalu serius, tetapi dampak dari terinfeksinya penyakit ini adalah penderita akan mengalami kesakitan pada bagian penisnya akibat dari penyakit tersebut. Ada baiknya untuk mengetahui tentang cara mengobati jamur kulit untuk mengenali  jenis-jenis penyakit kulit.

ads

Balantis merupakan salah satu dari banyak penyebab kelamin bisa bengkak. Balantis merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada bagian kulup atau di bagian sekitar kepala penis. Gejala yang terlihat pada penyakit ini selain penis akan terlihat bengkak, gejala lainnya adalah penis yang terinfeksi akan berubah warna menjadi merah dan bagian kutup akan terasa sulit untuk digerakan dan penting untuk mengetahui  makanan sehat untuk kesehatan kulit. Tidak ada batasan usia untuk pernyakit ini. Sehingga harus berhati-hati dan pastikan untuk menghindari penyakit untuk terhindari dari efek buruk yang mungkin anda akan rasakan. Pada artikel ini akan membahas tentang penyebab kelamin bengkak untuk dapat mengedukasi anda untuk lebih berhati-hati terhadap penyakit yang menyebabkan alat kelamin terinfeksi penyakit. Berikut adalah beberapa penyebab kelamin bengkak yang harus anda ketahui dan hindati, yaitu :

  1. Adanya rasa trauma dan cedera

Berawal dari trauma,luka atau cidera bisa menjadi salah satu faktor testis menjadi bengkak. Salah satunya contoh adalah mengalami kecelakaan yang berakibat organ bagian berbentur dan menghasilkan cedera ataupun luka. Pada dasarnya banyak pria yang kebanyakan melakukan aktivitas berat dan lebh banyak seperti berolahraga. Sehingga kemungkinan untuk cedera akan lebih besar dibanding dengan perempuan, walaupun tidak menutup kemungkinan perempuan juga mengalami cedera pada organ kelaminnya.

  1. Terkena radang testis

Radang testis atau dalam dunia dokter disebut dengan orkitis, penyakit ini merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada jaringan testis yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada testis. Salah satu penyebab yang dapat mengakibatkan radang testis adalah adanya infeksi dari bakteri atau bisa juga dikarenakan penyakit menular seksual yang biasa terjadi pada pria yang aktif secara seksual. Selain itu radang testis terkadang difaktori juga karena adanya infeksi virus yang terjadi pada anak-anak. Gejala yang kerap diraskaan dari penyakit ini adalah testis yang terlihat bengkak dengan disertai dengan adanya rasa nyeri dengan demam yang ringan dan akan terasa mual.

  1. Epididimitis

Tepat di belakang kedua testis ada terdapat suatu jaringan yang biasa disebut dengan epididimis. Epididimis tersebut memiliki fungsi yaitu sebagai tempat pematangan sel sperma. Apabila terdapat epididimitis berarti terjadi peradangan yang pada jaringan ini akan membuat testis terlihat semakin membesar. Hal ini merupakan salah satu ciri-ciri utama dari adanya epididimitis adalah adanya bejolan kecil yang akan terasa sakit apabila ditekan.

  1. Varikokel

Varikokel adalah penyakit yang menyerupai penyakit varises, bedanya apabila varikokel akan menyerang bagian pembuluh darah testis. Proses terjadinya varikokel adalah ketika pembuluh darah balik atau biasa kita kenal dengan vena ini telah mengalami pembesaran, sehingga darah akan terkumpul dan tidak akan mengalir pada janteng dengan normal. Hal ini akan tampak seperti tonjolan-tonjolan urat yang akan berada pada samping atas kantung testis yang biasa dirasakan pada varises yang terjadi pada kaki.

Pada umumnya varikokel biasa dirasakan pada pria di usia 15-25 tahun dan akan dimlai dengan gejala-gejala ataupun tidak dengan gejala.

Sponsors Link

Gejala yang dirasakan bisa dimulai dengan rasa nyeri di bagian selangkangan dan di salah satu testis yang akan terlihat lebih besar dari ukuran normalnya. Varikokel akan menyebabkan gangguan pada kesuburan dan pada produksi sperma akan perlahan menurun apabila tidak segera diobati. Penyakit ini terkadang bisa hilang dengan sendirinya, tetapi sebagian kasus juga harus memerluka pembedahan untuk menghilangkannya.

  1. Hernia inguinal
  2. Torsio testis
  3. Kanker testeis

Demikian penjelasan mengenai penyebab kelamin bengkak. Dengan mengerti penyakit-penyakit apa saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya kelamin yang bengkak, maka dari itu pastikan untuk menjaga kesehatan kelamin anda dan hindari larangannya untuk menjaganya tetap sehat. Sekilas informasi yang harus anda ketahui pada dasarnya cara mengobati jamur kulit tergantung pada penyebab jamur kulit yang dialami. Hal ini dikarenakan, penis yang bengkak akan dianggap menjadi penyakit yang tidak akan menimbulkan bahaya dan resiko. Tetapi rasa sakit yang dirasakan akan membuat anda menjadi tidak nyaman dan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan komplikasi. Disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terkait untuk dapat diberikan pengobatan yang maksimal.

Sponsors Link
, ,