Sponsors Link

Penyebab Herpes di Kelopak Mata yang Harus Anda Waspadai Sekarang Juga!

Sponsors Link

Penyakit di dunia ini beraneka macam. Ada beberapa yang tidak membahayakan tapi sangat menganggu aktifitas dan kepercayaan diri. Salah satu penyakit yang dapat sangat menganggu kepercayaan diri adalah herpes. Ada macam-macam penyakit herpes dan penyakit herpes dapat muncul di mana saja. Bisa di bagian kaki, tangan, bahkan kepala.

ads

Seluruh bagian tubuh terancam herpes ketika terpapar oleh virus penyebab herpes. Sehingga tidak heran bila ditemukan seseornag yang memiliki herpes di area kelopak mata hingga menginfeksi bagian dalam bola mata. Berikut adalah penyebab herpes di kelopak mata untuk anda ketahui supaya anda dapat menghindarinya atau mencegahnya menyerang anda.

Herpes di kelopak mata

Herpes di kelopak mata disebabkan oleh infeksi HSV pada mata dan kelopak mata. Diperkirakan hingga 90 persen orang dewasa telah terpapar HSV pada usia 50 tahun. Pada herpes mata, HSV-1 menginfeksi bagian-bagian berikut ini:

  • Kelopak mata
  • Kornea (kubah yang jelas di bagian depan mata Anda)
  • Retina (sel lembar sensing cahaya di bagian belakang mata Anda)
  • Konjungtiva (lembaran tipis jaringan yang menutupi bagian putih mata Anda dan bagian dalam kelopak mata)
  • Pahami juga ciri-ciri herpes di kulit wajah akibat perluasan virus herpes mata

Herpes mata tidak menular secara seksual, tetapi dapat terjadi bila seseorang mengalami kontak langsung dengan kulit penderita herpes. Selain itu, penularan ekstrim bisa terjadi pada seseorang yang berkontak langsung dengan cairan seseorang yang mengidap HSV-1 aktif. Misalnya, seperti Herpes genital yang biasanya terjadi karena ada hubungan kontak langsung antara pasien dengan seseorang yang mengidap tipe 2 HSV. Keduanya berhubungan seksual, dan memudahkan virus untuk masuk ke tubuh pasien lainnya.

Penyebab Herpes di Kelopak Mata

Meski ada salep untuk mengobati herpes genital, setelah terinfeksi HSV, Anda tidak dapat sepenuhnya menghilangkan virus dari tubuh anda. seteleah diberi salep, virus bisa dalam keadaan tertidur. Kemudian suatu hari nanti dapat kembali aktif karena dipicu oleh suatu hal. Misalnya ketika seseorang mengambil prosedur perawatan kulit dengan laser kulit.

Berbeda dengan herpes bibir yang dapat diobati dengan salep. Di mana salep untuk mengobati herpes di bibir mudah ditemukan di pasaran. Mengobati herpes mata membutuhkan prosedur dari dokter karean berhubungan dengan organ mata lainnya. Jika anda terinfeksi anda bisa mengonsumsi Obat antiviral untuk membantu meminimalkan kerusakan selama virus menginfeksi bagian tertentu di tubuh anda. Kebanyakan orang terkejut ketika mengetahui bahwa dua jenis virus herpes, berikut penjelasan singkat terkait dengan penyebab herpes di kelopak mata yang berhubungan dengan dua jenis virus.

  • Varicella Zoster Virus

Ada virus yang bernama Varicella zoster virus – yang menyebabkan luka dingin dan yang menyebabkan cacar air. Virus ini dapat menyebar dan menimbulkan kondisi yang disebut dengan penyakit mata herpes. Tidak seperti virus terpisah yang menyebabkan herpes genital, penyakit mata herpes tidak menular secara seksual. Virus ini juga dapat menyebabkan cacar air dan ruam. Ketika virus ini mempengaruhi mata, pada saat itulah penyakit tersebut disebut sebagai herpes zoster ophthalmicus.

Jadi, disarankan agar anda memiliki cara mencegah herpes zoster menyerang tubuh anda, salah satunya ialah dengan menghindari kontak dengan orang-orang yang pernah mengalami cacar air. Untuk mengatasinya, bila masih ringan, anda bisa menggunakan antibiotik untuk herpes kulit yang disebabkan oleh varicella zoster virus ini. namun bila sudah esktrim, perlu konsultasikan keadaan tersebut dengan dokter ahli. Mungkin diperlukan tindakan laser atau yang lainnya untuk menjinakkan virus herpes di tubuh anda.

Sponsors Link

  • Herpes Simpleks Tipe 1

Virus lain yang menyebabkan penyakit herpes di kelopak mata ialah herpes simpleks tipe 1. Herpes simpleks tipe 1 adalah virus yang sama yang menyebabkan luka pada bibir dan mulut. Bila menyerang mata, umumnya akan menyebabkan infeksi pada bagian kornea. Infeksi tersebut disebut dengan herpes simplex keratitis.

Sementara itu, ada dua jenis virus herpes simplex, antara lain:

  • Simplex Tipe 1 adalah penyebab timbulnya luka di sekitar mulut dan menjadi penyebab herpes simplex di mata
  • Simplex Tipe 2 adalah penyebab umum herpes genital. Tipe ini Jarang menyebabkan luka dingin atau infeksi pada bagian mata.

Cara penularan penyakit herpes simplexs atau herpes mata pada orang dewasa bisa melalui beberapa hal berikut ini:

  • Seks anal
  • Seks oral
  • Menggunakan alat bantu seks
  • Kontak langsung dengan penderita herpes simplexs
  • Obat perawatan wajah dan tubuh terpapar virus herpes
  • Anda melakukan perawatan laser kulit yang memicu kebangkitan virus herpen yang selama ini jinak di tubuh anda.

Kebanyakan orang terkena kedua virus tersebut selama masa kanak-kanak mereka dan membawa virus aktif atau tidak aktif  di tubuh mereka sepanjang hidup mereka. Penanganannya kadang membutuhkan obat yang berbeda bila disertai dengan kemunculan tanda-tanda infeksi.

Demikian pemaparan tentang penyebab herpes di kelopak mata secara umum. Bila anda melihat diri anda memiliki tanda-tanda penyakit herpes, segera lakukan tindakan dengan berkonsultasi ke dokter. Sebab, untuk melakukan pengobatan, dokter membutuhkan diagnosa yang tepat supaya dapat meresepkan obat yang tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herpes