Sponsors Link

10 Penyebab Herpes di Bibir oleh Paparan Sinar Matahari

Sponsors Link

Penyakit herpes sering kali dikaitkan dengan kanker kulit, mengapa begitu? Karena lepuhan yang dihasilkan terlihat parah dan bisa membuat penderita merasa tidak nyaman dengan badannya sendiri. Padahal sebenarnya ciri-ciri kanker kulit bukanlah apa yang ditunjukkan pada penyakit herpes, hanya saja pengetahuan masyarakat yang kurang membuat mereka mendiagnosa sendiri penyakitnya. Seperti pada ciri-ciri herpes di bibir memiliki dampak yang tidak enak bagi penderitanya, karena pasti akan mengalami gangguan saat makan, saat berinteraksi seks dengan berciuman hingga ketika berbicara. Penyakit herpes di bibir juga bisa menular dan bisa membuat peradangan pada kulit bibir bagian luar. Maka dari itu apabila anda adalah penderita sebisa mungkin jaga diri anda untuk mengurangi interaksi dengan orang lain sampai penyakit and asembuh benar, bagi anda yang tidak ingin tertular lakukan upaya pencegahan herpes simplex agar kelangsungan hidup selalu sehat.

ads
  1. Virus herpes simpleks

Pada awalnya virus herpes simpleks ini akan menginfeksi tubuh penderita pada area sekitar pipi, wajah, leher hingga daerah bibir dan mulut. Gejala awal dari penyebab herpes di bibir yang satu ini akan ditandai dengan rasa nyeri pada otot hingga penderita akan merasakan demam pada tubuhnya. Jangan sepelekan tentang cara penularan herpes yang terkadang masih sering diabaikan dan menjadi bibit penyakit baru pada orang lain, seperti hal nya tidak berbagi barang pribadi, tidak menggunakan produk kecantikan secara bersamaan hingga tetap menjaga kesehatan bibir dan mulut dengan tidak melakukan kontak fisik terlebih dahulu. Virus herpes ini sangat mudah menular ke orang lain, dan parahnya ada yang tertular dan tidak sadar bahwa dirinya terinfeksi. Maka dari itu melakukan check up setiap bulan adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.

  1. Cedera atau luka pada bibir

Penyebab penyakit kulit herpes yang lain adalah dikarenakan karena adanya luka pada bibir yang parah hingga menjadi herpes. Masyarakat pada umumnya sering menyebut herpes dengan dompo, bahkan jika kita menyebut kata herpes banyak yang tidak paham dan menyalahkan kita. Perlunya mempelajari se detail mungkin mengenai penyakit kulit memang menjadi hal sampingan yang perlu agar kualitas hidup juga semakin terjamin. Herpes memang berawan dari luka, namun ketika anda mengalamai luka pada bibir tanpa ada sebab sebelumnya maka anda patut waspada. Karena bisa saja itu adalah pertanda akan terkena herpes. Namun jangan mudah berasumsi dengan pendapat sendiri dan membuat anda stress, lebih baik segera berobat ke dokter dan mintalah pengobatan herpes simplex yang terbaik untuk penyakit herpes pada bibir atau mulut anda.

  1. Terkena sinar matahari terlalu lama

Paparan sinar matahari yang telah mengandung UV / Ultra Violet memang menyebabkan kerusakan kulit. Karna itu penggunaan krim pelindung dengan SPF yang sesuai untuk kulit sangat dianjurkan untuk melindunginya dari penyakit kulit yang tidak diinginka. Begitu juga dengan bibir, gunakan lip balm agar bibir tetap lembab meskipun dalam keadaan panas. Memang tidak selamanya sinar matahari mengandung zat buruk untuk tubuh, tapi mencegahnya dengan menggunakan tabir surya adalah cara terbaik melindungi diri dari penyebab herpes bibir yang mampu meningkat lebih subur ketika terpapar cahaya matahari. Ketika keluar rumah pun sebisa mungkin gunakan pelindung yang mampu menjaga tubuh anda agar tidak terkena sinar matahari langsung, seperti topi, paying, jaket hingga masker mulut.

  1. Cuaca yang dingin

Selain paparan sinar matahari yang berlebihan, cuaca dingin ternyata juga menjadi penyebab herpes di bibir yang terkadang tidak disadari oleh masyarakat. Saat suhu udara mulai rendah, maka pada saat itulah potensi berkembangnya virus herpes di mulut juga semakin besar. Bibir akan menjadi lebih kering daripada biasanya, gunakan pelembab supaya bibir tidak mudah pecah-pecah hingga akhirnya mengalami luka. Meskipun cuaca dingin dapat mempengaruhi perkembangan virus itu sendiri, namun rupanya masyarakat juga dibuat bingung dengan cara mengobati herpes es batu yang malah menjadi kontra di telinga masyarakat. Jika untuk mengobati es batu memang bisa digunakan, karena es batu memiliki kandungan dingin yang sesaat dan bukan lama berkelanjutan seperti cuaca dingin yang hamper mengenai seluruh tubuh penderitanya. 

Sponsors Link

  1. Stress

Setiap orang pasti butuh hiburan untuk menjaga dirinya dalam keadaan pikir yang stabil dan emosional yang selalu terjaga. Anda bisa mendapat kualitas hiburan yang baik dengan menciptakannya sendiri, seperti mendengarkan musik, melihat fim favorit, bercanda bersama sahabat hingga hal lain seperti piknik dan petualangan. Semua hal tersebut sudah menjadi kebutuhan untuk menjaga tubuh anda juga tetap dalam keadaaan sehat. Lalu apakah dampak buruk jika kita kekurangan hal tersebut? Tentunya ada, yakni anda akan mengalami stress dimana hal ini menjadi penyebab datangnya penyakit dengan mudah. Karena saat stress anda akan malas makan, pikiran terasa sesak hingga ke dada, dan alhasil daya tahan tubuh akan menurun kemudian mengundang penyakit masuk ke dalam tubuh anda.

ads

  1. Kelelahan

Hampir sama dengan faktor stress, kelelahan juga menjadi penyebab herpes yang paling tidak bisa dihindari. Pasalnya siapapun pasti melakukan aktifitasnya yang sampai-sampai membuat dirinya merasa lelah. Namun sebenarnya hal tersebut bisa dihindari dengan mudah jika istirahat tetap dijadikan sebuah kebutuhan ketika aktifitas mulai padat merayap hingga menyita waktu anda untuk melakukan olahraga dan lain sebagainya. Jangan lupakan mengenai makanan yang perlu anda konsumsi untuk melengkapi kebutuhan gizi dan vitamin dengan tidak melanggar pantangan makanan untuk penyakit dompo. Karena jika masih dilanggar maka bagaimanapun jenis pengobatan yang ditempuh maka akan menjadi sia-sia. Karena semua hal tersebut tergantung diri anda, bagaimana anda menjaga, merawat dan membuat diri tetap sehat.

  1. Perubahan hormon pada wanita

Sikluas perubahan hormon biasanya dialami oleh wanita yang akan atau telah selesai menstruasi. Jadi pada saat itulah wanita juga harus pintar-pintar mengelola emosi mereka agar tidak mudah stress hingga kelelahan. Perubahan hormon ini bukanlah sesuatu yang mengerikan hingga sampai diperiksakan, karena hal ini wajar dialami oleh semua wanita dan anda tidak perlu khawatir. Hanya saja perubahan hormon menjadi pemicu penyakit herpes di bibir yang tidak bisa dihindari, selain itu penyakit lain seperti tumor payudara dan lainnya juga lebih aktif ketika hormon sedang tinggi-tingginya. Selalu jaga kesehatan tubuh anda jangan sampai malah membuat diri anda sakit dan nantinya jadi sulit diobati.

  1. Tertular oleh penderita lain

Herpes di bibir menjadi penyakit yang rawan karena mudah sekali menular ke orang lain. Tentunya melalui hal yang berdasarkan dari jarak hingga interaksi penderita dengan orang lain. Sebisa mungkin jika anda adalah  penderita jaga jarak dengan orang lain dan kurangi interaksi fisik hingga tidak melakukan seks terlebih dahulu, dalam kasus ini seks oral wajib dihindari. Kemudian jika anda adalah orang lain yang sehat, jangan gunakan barang pribadi secara bersamaan dengan penderita karena virus akan mudah sekali berpindah dari tubuh penderita ke tubuh anda melalui benda yang dipakai bersama. Sebisa mungkin tanpa adanya penyakit menular atau apapun tetap gunakan barang pribadai hanya untuk diri sendiri. Karena menjaga dan mencegah datangnya penyakit amat lebih baik daripada harus mengobatinya.

  1. Penyakit cacar

Apakah anda pernah mengalami penyakit cacar air hingga menjaring ke daerah mulut atau bibir? Jika iya maka anda layak waspada karena bisa jadi hak tersebut adalah awal anda terkena penyakit herpes di bibir. Pada mulanya mungkin akan seperti cacar pada bisanya, dengan ciri khas gelembung berisi air yang terasa gatal menyiksa saat sedang tumbuh menjadi besar. Namun lama kelamaan gelembung tersebut berubah menjadi parah hingga membuat anda terserang herpes simplex. Lalu bagaimana cara menyembuhkan herpes yang benar? Pertama kali anda diharuskan untuk konsultasi ke dokter dengan begitu anda akan diberi obat-obatan yang bisa meringankan penyakit anda. Jika sudah, anda bisa melanjutkan kembali perawatan di rumah dengan mengkonsumsi bahan tradisional untuk mengimbangi obat dokter agar penyakit lebih cepat sembuh.

Sponsors Link

  1. Pola hidup yang buruk

Yang terakhir adalah pola hidup yang buruk yang terus menerus dilakukan tanpa memikirkan risikonya di kemudian hari. Pola hidup itu adalah apa yang kita konsumsi seperti alkohol dan terbiasa merokok setiap saat. Lalu olahraga juga jarang dilakukan, mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi atau terbiasa mengkonsumsi junk food yang tergolong praktis padahal tidak memberi manfaat sedikitpun. Hal itulah yang perlu diubah untuk menghindarkan diri anda dari penyakit herpes di bibir. Kemudian jangan lupa untuk beristirahat, karena kelelahan juga menjadi penyebab herpes yang paling banyak dialami seperti yang telah kita bahas sebelumnya.

Virus herpes di bibir ini akan tetap aktif meskipun kita tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkannya bangkit, virus tetap ada dalam tubuh kita tinggal bagaimana kita menjaganya agar tidak bangkit kembali. Menjaga dengan mencegah adalah hal tersulit untuk dilakukan, karena kebiasaan manusia saat ini adalah mengobatinya ketika penyakit sudah tampak di permukaan. Padahal hal tersebut sudah jelas keliru dan membuat kita stress pada ujungnya. Pahami penyebab herpes di bibir yang lain agar kita semakin terhindar dari penyakit mengerikan ini.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Herpes