Sponsors Link

10 Penyebab Cacar Ular yang Disebabkan oleh Cacar Air

Sponsors Link

Banyak masyarakat yang sudah lama mengenal keberadaan cacar air  yang menyerang anak-anak, tapi taukah anda bahwa ada penyakit lain yang bernama cacar ular atau herpes zoster. Mengapa penyakit tersebut sering disebut dengan panggilan cacar ular? Karena bentuk kulit yang mengalami kelainan mirip seperti susunan kulit ular yang bersisik. Penyakit cacar ular masih sering dikait-kaitkan dengan herpes genital atau mirip seperti penyakit kelamin, padahal jelas-jelas tidak ada hubungannya sama sekali dengan perilaku seksual.

ads

Cacar air dan cacar ular hampir memiliki penyebab virus yang sama, yakni varisela zoster. Dalam suatu kasus, seseorang yang telah sembuh dari cacar air di dalam tubuhnya masih terdapat virus yang tinggal tanpa menandakkan dirinya ada atau tidak ada gejala yang tampak. Hingga pada akhirnya, setelah bertahun-tahun kemudian barulah ia kembali aktif dan membentuk susunan penyakit baru yang disebut dengan cacar ular. Jangan menganggap bahwa penyakit tersebut adalah hal sepele, karena seringan apapun jenis penyakitnya jika dibiarkansaja maka akan menjadi masalah serius yang hanya menimbulkan kekhawatiran di akhir nanti.

Penyebab cacar ular sendiri sangat beragam, ada yang mengatakan bahwa penyakit ini adalah bawaan dari keturunan, namun ada yang bilang bahwa akibat dari imunitas yang lemah. Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat penjelasan yang lebih spesifik seperti di bawah ini :

  1. Virus varisela zoster

Virus varisela zoster adalah penyebab penyakit cacar ular yang paling utama. Cacar air dan cacar ular juga saling berkaitan, saat penderita terkena cacar ular biasanya sebelumnya ia telah menderita cacar air terlebih dahulu. Virus tersebut masih belum aktif saat masih terkena cacar air, barulah ketika sistem imunnya menurun yang ditandai denan penyakit yang tak kunjung sembuh, virus ini akan kembali aktif. Penyebaran virus iti sendiri juga melalui saraf tepi sehingga akan timbul cacar ular di kulit. Kemudian anda juga perlu tahu bahwa bintik merah pada cacar ular adalah perwujudan diri dari virus yang menggandakan dirinya, dan bintik tersebut bila diteluskan akan mengeluarkan cairan.

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan adalah penyebab penyakit cacar ular yang tidak bisa dihindari, namun kita dapat mencegahnya. Hal ini juga mirip dengan penyebab hernia inguinalis dimana penyakit juga bisa diturunkan melalui hubungan keluarga. Jika posisi anda sekarang ini adalah orang tua, kakek atau nenek maka anda wajib waspada akan penyakit cacar ular yang akan menurun pada generasi di bawah anda seperti anak atau cucu. Dan  ketika saat ini posisi anda adalah seorang anak, maka lakukan upaya pencegahan untuk menangkal penyakit ini. Yakni dengan memperkuat sistem imun ketika cacar air jangan sampi anda benar-benar di titik lemah oleh cacar air. Karena faktor keturunan ini jika tidak diatasi maka akan menjadi penyakit yang membuat penderitanya payah.

  1. Riwayat penyakit kelamin HIV atau AIDS

Infeksi HIV memiliki tiga tahap yang berbeda-beda, yang pertama adalah fase dimana anda akan mengalami gejala seperti flu yang berlangsung dari satu hingga dua minggu lamanya. Hal ini dikarenakan tubuh sedang melawan virus dan pertanda imun yang sedang aktif bekerja. Kemudian fase kedua adalah gejala flu tadi akan hilang, dan anda akan merasa sembuh tanpa merasakan gejala lanjutan dan seperti tidak tampak berbahaya. Tapi anda harus selalu memperhatikan kesehatan anda, karena fase ini bisa menahuun dan perlahan-lahan membunuh sel darah putih, serta imunitas akan rusak. Lalu yang terakhir anda harus rutin mengkonsumsi obat untuk mengendalikan infeksi AIDS. Memang tidak dapat dipastikan apakah HIV merupakan penyebab cacar ular, namun infeksi berkaitan dengan imun maka anda perlu berhati-hati jika sewaktu-waktu gejala diatas anda alami.  

Sponsors Link

  1. Cacar air yang tidak kunjung sembuh

Cacar air yang tidak segera sembuh tentu akan membuat penderitanya khawatir. Karena saat cacar air penderita telah mengalai berbagai keluhan yang kurang nyaman terhadap dirinya sendiri. Penyakit cacar air juga baru aktif ketika cacar sudah mulai mengering, dan disitulah bahaya menular ke orang lain mulai kelihatan. Perhatikan cara agar cacar air tidak berbekas dengan tidak menggaruknya secara berlebihan. Periksakan diri anda selalu ketika mengalami hal aneh pada tubuh anda, karena hal tersebut dirasa perlu sekali untuk menghindarkan diri dari penyakti yang berbahaya.

  1. Sel darah putih menurun

Leukosit atau sel darah putih yang rendah bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, diantaranya keturunan, terganggunya kinerja sumsum tulang belakang hingga penyakit autoimun. Sel darah putih dan imunitas sangat berkaitan satu sama lain. Jadi ketika leukosit rendah bisa saja keadaan tersebut diakibatkan oleh imun yang rendah atau bahkan sebaliknya. Anda bisa mengkonsmi makanan untuk menstabilkan kembali leukosit anda. Jangan sampai saat imun anda menurun, anda malah mengidap penyakit lain yakni leukemia. Karena akan berbahaya sekali, leukemia adalah salah satu penyakit yang banyak menelan nyawa seseorang. 

ads

  1. Efek samping kemotrapi

Saat anda melakukan kemoterapi, secara otomatis sistem kekebalan pada tubuh anda akan ikut menurun. Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Tapi yang jelas anda bisa menaikkan kembali imun anda dengan mengkonsumsi bawang putih, daging merah, yoghurt dan makanan lainnya yang mengandung vitamin penting dan kandungan lain yang bermanfaat baik untuk tubuh. Menyoroti fungsi luar biasa dari bawang putih, cara menghilangkan kudis dengan bawang putih adalah teknik yang lagi trend dilakukan oleh masyarakat. Karena ia mampu mengatasi beragam penyakit kulit dari yang biasa hingga stadium lanjut.

  1. Stress yang berkepanjangan

Stress secara fisik atau emosional dapat menyebabkan datangnya masalah serius seperti penyakit cacar ular. Sudah banyak terjadi kasus bahwa penyakit bisa datang dari buah pikiran yang berat. Ada hal yang sebaiknya bisa kita pikirkan dan ada yang sebaiknya tidak kita pikirkan. Menyeleksi hal yang bisa berdampak buruk kepada kita adalah salah satunya dengan menjaga pola pikir supaya tidak stress berkepanjangan. Jika dikait-kaitkan mungkin kurang masuk akal jika penyebab cacar ular adalah stress pikiran yang berat. Namun sudah banyak kejadian yang membuktikan kebenarannya.

  1. Tidak mendapatkan vaksinasi ketika balita

Vaksinasi atau imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh non alamiah yang ditujukkan kepada balita untuk membentuk antibody sehingga dapat melindungi anak dan mengurangi keparahan suatu penyakit yang mungkin belum terjadi padanya. Waktu yang tepat untuk memberikan vaksinasi adalah usia 0-18 tahun. Jangan sampai anda terlambat memberikan upaya perlindungan ini kepada anak anda. Karena jika tidak risiko penyakit akan terasa ketika mereka sudah tumbuh dewasa. Ciri-ciri cacar ular yang tampak pada tubuh bayi mirip seperti pada orang dewasa. Tidak ada perbedaan yang jelas terasa, hanya tergantung pada sistem kekebalan tubuh setiap masing-masing tubuh manusia itu sendiri.

  1. Usia

Cacar ular memang bisa dialami oleh anak usia balita, dan juga orang tua yang menginjakkan usia diatas 50 tahun. Usia yang bertambah memang bisa menjadi pemicu daya titik lemah pada tubuh seseorang. Banyak insiden penyakit yang meningkat seiring dengan bertambahnya umur penderita. Memang tidak diketahui pasti mengapa orang tua menjadi sasaran empuk tempat penyakit cacar ular ini bersarang. Yang jelas dan yang perlu anda pahami bahwa orang tua memiliki sistem kekebalan tuuh yang berbeda dengan anak muda, karena semakin berusia senja tubuh juga kurang berperan aktif menangkal virus dan bakteri dengan imun yang kuat.

  1. Gaya hidup

Penyakit kanker kulit, kanker prostat, orchitis, hingga hernia inguinalis adalah contoh dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Perlu kita telaah lebih dalam bahwa gaya hidup berkaitan dengan apa yang dikonsumsi, waktu istirahat, kebiasaan berolahraga, menjaga pola pikir sebaik mungkin hingga bagaimana anda bisa mencegah penyakti sebagai bentuk pengobatan sebelum penyakit menampakkan wujud nyatanya di hadapan anda. Gaya hidup yang paling mudah kita pelajari adalah apa yang kita konsumsi. Karena makanan merupakan jembatan kesehatan yang akan berkaitan langsung dengan organ yang bekerja aktif pada tubuh kita. Banyak yang mengira bahwa kebiasaan minum alkohol disertai merokok atau sering memakan seafood yang jelas mahal di kota besar atau kebiasaan makan junk food cenderung dipercaya masih menjadi gaya hidup modern yang sulit dihindari.

Sponsors Link

Masih banyak muncul kebimbangan untuk meninggalkan junk food sebagai makanan pengusir lapar, karena di jaman yang serba cepat ini kita juga dituntut untuk hidup sepraktis mungkin untuk menghemat waktu, tenaga serta pikiran. Tapi sebaiknya pikirkanlah kembali apa yang menjadi keputusan anda tersebut.

Demikianlah yang bisa kami haturkan mengenai penyebab cacar ular yang masih belum banyak diketahui masyarakat. Diharapkan setelah membaca artikel ini kedepannya bisa lebih bermanfaat dan mengedukasi pembaca baik dari kalangan muda hingga lanjut usia. Selain itu jangan lupakan tentang pengobatan virus herpes zoster ini agar penyakit juga hilang dengan total. Meskipun masih diragukan apakah bisa penyakit cacar ular yang disebabkan oleh faktor keturunan ini dapat hilang, anda hanya harus tetap yakin bahwa diri anda bisa sembuh total dari jenis-jenis penyakit kulit ini. Tanamkan sugesti pada tubuh anda bahwa tidak ada penyakit yang tidak sembuh. Yang menghalangi hanya pikiran anda yang membuat penyakit terus tumbuh dan tumbuh.

Sponsors Link
, , ,