Sponsors Link

13 Penyebab Buah Zakar Turun Sebelah yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Setiap laki-laki pasti memiliki buah zakar di alat kelamin pria yang disebut dengan istilah testis. Buah zakar merupakan kelenjar kelamin yang ada pada laki-laki. Di dalam kelenjar inilah sperma diproduksi dan posisi kedua buah zakar menggantung di kantong di luar tubuhnya, istilah medisnya disebut dengan skrotum.

ads

Pembentukan testis terbentuk sejak di dalam rahim, terbentuk diperut sementara bayi berkembang di dalam rahim. Bayi laki-laki yang tumbuh dengan normal akan memperlihatkan buah zakar sudah turun ke skrotum pada bulan-bulan menjelang kelahiran, pada umumnya dua bulan sebelum hari lahir.

Perlu diketahui bahwa testis sangat sensitif terhadap rasa sakit dan suhu. Produksi sperma di dalam buah zakar membutuhkan kondisi yang tepat dan suhu yang tepat untuk terbentuk dengan tepat. Suhu di sekitar tubuh memiliki suhu yang sesuai untuk perkembangan buah zakar di dalam skrotum. Pada hari-hari yang dingin posisinya menggantung lebih rendah daripada saat hari-hari panas. Kondisi itu merupakan adaptasi alami yang terjadi pada buah zakar dan skrotum untuk mempertahankan suhu dingin yang berhubungan dengan produksi sperma di dalam buah zakar, sekalipun itu juga dipengaruhi oleh makanan yang baik untuk testis.

Penyebab Zakar Turun

Nah, sudah sedikit di singgung di atas penyebab buah zakar turun, dan mungkin tidak sama tingginya. Jangan khawatir, bila tidak disertai rasa sakit, hal itu adalah proses adaptasi alami yang memang harus terjadi pada buah zakar  di dalam skrotum untuk mempertahankan suhu dinginnya yang sanga penting untuk pertumbuhan sperma.

Akan tetapi ada juga kasus satu atau kedua buah zakar tidak turun ke tempatnya. Hal ini umum terjadi pada bayi laki-laki yang lahir prematur. Bila hal ini terjadi, anda tidak boleh menganggap remeh karena bisa jadi ada faktor penyebab lain yang membuat buah zakar turun sebelah saja.

Penyebab buah zakar turun sebelah saja bisa jadi karena hal-hal berikut ini:

  1. Kelahiran yang prematur sehingga membuat kondisi buah zakar yang sebelah tidak terkondisi untuk turun ke dalam skrotum secara sempurna seperti seharunya.
  2. Penyebab kedua kemungkinan karena adanya faktor gen, di mana dalam riwayat keluarga ada yang mengalami masalah perkembangan alat kelamin, bahkan ada juga yang sampai mengalami pembengkaka, jadi penting untuk mengetahui penyebab kelamin bengkak. Anda perlu memeriksakan diri secara menyeluruh bila hal ini terjadi, sebab penanganannya pasti dibutuhkan metode yang serius.
  3. Di samping gen, penyebab ketiga bisa jadi karena kondisi kesehatan yang berkaitan dengan mental Down sindrom, sehingga mempengaruhi pertumbuhan testis, buah zakart, dan lainnya sejak di dalam kandungan.
  4. Selain itu, pada bayi, ada juga kasus di mana penyebab buah zakar turun sebelah ialah karena berat badan bayi ketika lahir sangat rendah.
  5. Penyebab lain yang cukup fatal ialah kontek orang tua dengan bahan kimia tertentu seperti pestisida yang dapat membunuh serangga. Hal ini memicu kelainan pada buah zakar.
  6. Penyebabnya juga bisa terjadi karena ibu yang mengandung anak laki-laki menginap diabetes tipe 1 dan tipe 2.
  7. Di samping berat badan yang terlalu rendah bisa menjadi penyebab buah zakar turun sebelah ternyata obesitas juga bisa menjadi penyebab buah zakar turun sebelah.
  8. Asap rokok, merokok, dan minum alkohol selama ibu sedang hamil juga bisa menyebabkan pertumbuhan janin menjadi tidak sempurna sehinga dampaknya buah zakar turun sebelah atau malah testis tidak turun sama sekali. Dalam beberapa kasus alkohol juga bisa menjadi penyebab sperma bau busuk.
  9. Penyebab serius bisa berupa terkena burut, yakni kondisi di mana bagian usus membengkak melalui otot-otot perut bagian bawah sehingga menimbukkan kondisi di mana buah zakar turun sebelah.
    Sponsors Link

  10. Hal yang selalu dihindari oleh pria ialah mengalami cedera sebab ini bisa menyebabkan buah zakar turun sebelah yang berarti juga bisa merugikan kesuburannya. Ketika testis atau buah zakar tidak pada tempatnya atau kemungkinan besar mengalami kerusakan. Hal ini juga bisa menjadi penyebab kelamin pria bengkok.
  11. Penyebab serius lainnya yang tidak diharapkan oleh semua orang di dunia ini ialah terserang kanker. Seseorang yang memiliki buah zakar turun sebelah lebih mungkin terserang kanker testis. Diperlukan oeprasi untuk penyembuhannya dan juga pemeriksaan rutin agar pengobatan berhasil maksimal.
  12. Selain itu, penyebab buah zakar turun juga bisa disebabkan oleh hernia skrotalis. Penyakit hernia krotalis terjadi karena usus mencuat keluar dari dinding perut yang melemah. Penyakit ini jug akan menimbulkan pembesaran pada skrotum, bila pembesaran terjadi secara terus menerus dan menjadi cukup besar disertai dengan mual, muntah, dan nyeri, itu tandanya penyakit hernia skrotalis yang diderita mencapai titik akut. Seseorang yang terserang penyakit ini harus segera mendapatkan perawatan intensif karena hernia skrotalis dapat mengganggu produksi sperma yang akibatnya berujung pada kemandulan.
  13. Selain karena hernia, buah zakar yang turun bisa jadi disebabkan oleh beberapa penyakit lainnya seperti: Epididimitis, Hidrokel, Varikokel, Limfogranuloma venereum, Torsi testis, Tumor, Lipoma, Abses, dan lain sebagainya.

Selain penyebab-penyebab di atas, masih ada penyebab lainnya seperti

  • Testis ektopik
ads

Testis ektopik adalah istilah medis untuk menunjukkan kondisi di mana buah zakar tidak jatuh ke tempatnya, sehingga salah satunya terlihat sebelah padahal yang sebelahnya kosong. Anda harus melakukan pemeriksaan fisik jika hal ini terjadi.

  • Testis retractile

Testis retractile adalah istilah medis di mana buah zakar tidak dapat berpindah naik turun di dalam skrotum dengan tangan. Anda bisa melakukan tes dengan tangan anda, lakukan perpindahan ke atas dan bawah dengan lembut. Jika bisa dilakukan dan tidak terasa sakit, maka itu berarti kondisi buah zakar anda tidak dalam masalah serius. Bisa jadi ini hanya masalah adaptasi dengan suhu di sekitar anda.

  • Torsi testis

Istilah medis torsi testis berbeda ya dengan penyebab torsio testis, torsi testis berhubungan dengan urat syaraf yang bertugas membawa air mani ke penis mengalami masalah dan berubah menjadi bengkok. Hal ini akan sangat menyakitkan, sampai mendorong buah zakar turun sebelah dan juga memotong aliran darah ke testis.

Lalu apakah hal itu akan berhubungan dengan produksi sperma? Jawabannya adalah iya. Buah zakar sangat berkaitan dengan masalah kesuburan pria. Sebab, sperma diproduksi di dalamnya. Sperma harus diproduksi di dalam buah zakar yang terkondisi, di mana suhu di sekitarnya harus lebih dingin daripada bagian tubuh lainnya. Testis atau buah zakar yang tidak terkondisi secara wajar bisa menyebabkan masalah pada produksi sperma yang berarti juga berkaitan dengan masalah kesuburan. Bahkan ada juga indikasi mengalami masalah torsio testis, ciri-ciri penyakit torsio testis dapat anda baca di artikel yang lain.

Supaya anda bisa segera menangani masalah yang terjadi pada buah zakar, anda harus tahu tanda-tanda buah zakar anda atau anak laki-laki anda mengalami masalah serius, sebagai berikut:

  1. Tidak dapat melihat atau merasakan buah zakar di dalam skrotum. Skrotum terlihat datar atau lebih kecil dari yang Anda harapkan.
  2. Saat anda melakukan tes ringan dengan menyentuh buah zakar anda, anda merasa nyeri, mual, sampai muntah, maka anda harus segera melakukan pemeriksaan fisik. Bila hal ini anda dapatkan saat melakukan tes ringan, artinya sudah pasti buah zakar anda dalam masalah.
  3. Ketika anda merasa daya tahan tubuh anda mulai terganggu dan fungsi testis tidak normal, anda harus segera melakukan pemeriksaan.
  4. Ketika anda melakukan tes ringan dengan menggerak naik dan turunkan buah zakar anda dengan tangan anda secara lembut, anda tidak melihat adanya pergerakan, artinya ada masalah pada kondisi buah zakar anda.
  5. Ketika ada benjolan pada salah satu buah zakar, segera periksakan, bisa jadi ini adalah tanda-tanda kanker.

Akan tetapi, sekali lagi, anda tidak perlu panik jika tanda-tanda menyakitkan tidak terasa. Umumnya 90 persen laki-laki di dunia ini memiliki buah zakar yang turun sebelah. Testis kiri letaknya lebih rendah daripada testis kanan. Sisanya memiliki letak testis yang simetris. Perlu anda ketahui bahwa hal ini juga berlaku pada payudara perempuan, di mana posisi kanan atau kirinya bisa lebih rendah dan ukurannya juga tidak sama. Asalkan tidak terasa sakit saat di sentuh dan ukurannya tidak terlampau berbeda, itu berarti kondisi payudara baik-baik saja.

Sponsors Link

Pada dasarnya, testis memiliki ukuran dan berada di lokasi yang sama, dengan sedikit variasi dan perbedaan. Namun bila terjadi perbedaan verikokel dan radang testis atau buah zakar tidak berada di tempat yang semestinya yakni tidak berada di skrotum tapi di rongga abdomen, anda harus hati-hati karena mungkin mengidap cryptorchidism/undesensus testes atau retraktil testis. Pada saat masih bayi, kondisi tersebut sangat sulit untuk dideteksi. Perlu dilakukan uji klinis.

Penyebab retraktil testis bisa terjadi pada seseorang atau pada bayi ialah karena respon berlebihan yang menyebabkan testis tidak berada di skrotum. Bila bayi mengalami retraktil testis, tidak diperlukan pembedahan karena persoalan akan hilang. Seiring pertumbuhannya testis akan turun sendiri ke dalam skrotum. Hal itu akan terjadi pada masa pubertas.

Kondisi terbalik terjadi pada bayi yang mengalami Cryptorchidism/undesensus testes yang dipengaruhi oleh hormon pada bayi. Masalah ini berkaitan dengan kelainan genetik, seperti Sindrom Klinifelter. Pada kasus cryptorchidism/undesensus testes, testis akan menjadi normal pada usia 1 tahun. Bila tidak kunjung normal maka terpaksa dilakukan pembedahan. Oleh karena itu, sejak anak masih di dalam kandungan penting untuk memeriksa apakah pertumbuhan janin dapat terjadi secara normal atau tidak untuk menghindarkannya dari masalah serius di kemudian hari. Demikian informasi mengenai penyebab buah zakar turun yang semoga bermanfaat untuk referensi kesehatan anda.

Sponsors Link
, , , , , ,