Sponsors Link

6 Penyebab Buah Zakar Bengkak Pada Anak yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Masa anak-anak merupakan masa yang memasuki pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat. Begitu juga pada sistem reproduksinya. Lantas ada beberapa penyakit yang menjangkit anak-anak tanpa Anda sadari. Terlebih pada alat kelamin yang tidak terlihat gejalanya. Seperti bengkak pada buah zakar anak. Jika Anda menemukan hal ini, jangan panik dan khawatir. Berikut akan dijelaskan beberapa hal mengenai bengkaknya buah zakar pada anak terutama penyebabnya dan penanganannya.

ads

Bengkaknya buah zakar pada anak hal yang umum terjadi. Penyebabnya dapat bermacam-macam. Tetapi penyakit tersebut bukan merupakan peyakit menular seksual dan dapat diobati maupun dicegah. Bagi Anda yang belum tahu seperti apa bengkak pada buah zakar, Anda perlu tahu beberapa gejala berikut yang dapat menjadi indikator bahwa anak Anda terjangkit bengkak pada buah zakar.

  1. Buah zakar kurang padat
  2. Membesar dengan adanya rasa sakit
  3. Kemerah-merahan akibat bengkak
  4. Sering muntah
  5. Demam
  6. Sakit saat buang air kecil

Jika anak Anda memiliki gejala tersebut, maka segera periksakan ke dokter. Sebab dengan demikian dokter akan melakukan beberapa uji pada kelamin anak untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Beberapa hal yang dilakukan misalnya mengambil sampel darah dan urin pada anak, pengecekan testis atau skrotum dengan sinar ultra khusus, serta memberikan beberapa pertanyaan mengenai keluhan anak Anda. Jangan anggap remeh sebelum pembengkakan tersebut menjadi masalah yang lebih besar. Jika dokter telah melakukan beberapa tes dan pengambilan sampel kemungkinan diagnosis dan penyebab bengkaknya buah zakar anak Anda adalah sebagai berikut.

  1. Epididimitis

Epididimitis bisa menjadi salah satu penyebab mengapa buah zakar anak menjadi bengkak. Penyakit ini disebabkan adanya bakteri atau virus sehingga buah zakar terinfeksi. Bakteri ini berada pada sekitar pembukuh nadi testis yang mejadi tempat penyimpanan dan pembentukan sperma. Dengan adanya bakteri tersebut, proses pembuatan sperma terhambat dan menjadi bengkak. Infeksi ini juga menyebabkan masalah lain pada kelamin anak terutama pada jalan keluarnya urin saat buang air kecil.

  1. Varikokel

Penyakit ini menyerang pembuluh vena pada kelamin anak sehingga daerah sekitar skrotum meluas dan proses aliran darah menjadi terganggu. Akibatnya darah mengalir kembali ke jantung dan membentuk benjolan atau bengkak pada buah zakar. Penyakit ini memang banyak menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa. Tetapi, penyakit ini bersifat non-kanker dan dapat disembuhkan secara bertahap. Bagi Anda yang terserang varikokel, ada beberapa cara mengobati varikokel.

  1. Torsio Testis

Ciri-ciri penyakit Torsio testis adalah keadaan testis yang terpelintir dan mengakibatkan proses peredaran darah pada kelamin anak terganggu. Selain pembengkakan pada buah zakar, torsio testis juga dapat dikenali dengan beberapa gejala lain yaitu mual, adanya darah pada air mani dan posisi testis menjadi lebih tinggi dari biasanya.

  1. Hidrokel

Hidrokel adalah keadaan dimana cairan yang seharusnya diserap tubuh justru penumpuk atau tertahan di skrotum. Akibatnya buah zakar anak akan membengkak. Ciri-ciri hidrokel memang lebih sering terjadi pada anak yang baru lahir atau bayi berumur satu tahun.

Sponsors Link

  1. Tumor

Adanya tumor pada buah zakar anak bisa juga menjadi salah satu penyebab buah zakar turun dan membengkak. Penyakit ini bisa dibilang paling serius dibanding penyebab lainnya yang telah disebut di atas. Apabila tumor ini tidak segera ditangani dan Anda abaikan begitu saja, maka bisa jadi tumor ini akan bertransformasi menjadi sel kanker yang lebih parah.

  1. Alergi atau Gigitan Insekta

Bisa juga anak Anda alergi pada makanan atau obat-obat tertentu yang mengakibatkan buah zakar membengkak. Gejala lain apabila hal ini terjadi yaitu mual, sakit perut, dan kemerah-merahan pada alat kelaminnya. Penyebab lainnya yaitu gigitan insekta. Karena anak laki-laki memiliki aktivitas yang lebih banyak, bisa jadi serangga tertentu mengigit kelamin anak Anda dan menyebabkan bengkak. Segera konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sponsors Link

Apabila buah zakar anak Anda bengkak, maka perlu penanganan khusus yang harus dilakukan dokter. Jelas pengobatan dan penanganannya tergantung pada penyebab. Beberapa hal yang biasanya disarankan oleh dokter untuk Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Apabila bengkaknya buah zakar dikarenakan oleh tumor dan hidrokel, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan pembedahan atau efek setelah operasi hidrokel. Selain itu, penyakit seperti torsio testis juga membutuhkan penanganan operasi jika penyakit memasuki tahap serius.
  • Pemberian antibiotik. Beberapa anak pasti alergi dengan antibiotik tertentu. Sehingga dengan pemeriksaan, maka akan diketahui antibiotik apa yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak Anda dalam mengobati bengkaknya buah zakar.
  • Pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya hal ini dilakukan apabila penyebab bengkaknya buah zakar adalah hal yang cukup serius namun Anda tidak menginginkan operasi.
  • Perawatan di rumah. Hal ini biasanya disarankan oleh dokter jika penyebabnya adalah gigitan serangga atau trauma lainnya yang pernah dialami oleh anak.

Bengkak pada buah zakar anak memang menjadi gejala atau tanda adanya penyakit lain pada kelamin anak. Sehingga jika Anda menemui beberapa gejala seperti di atas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya melalui dokter dan segera ditangani dengan serius. Sebab bengkak pada buah zakar tidak dapat diobati secara alami atau dengan obat buatan rumah. Pengobatan harus dilakukan atas saran dokter spesialis Anda.

Sponsors Link
, ,