Sponsors Link

30 Penyebab Biduran di Malam Hari dan Tiap Hari

Sponsors Link

Penyebab Biduran di Malam Hari dan Tiap HariBagi anda orang tua yang memiliki anak dan bukan hanya bagi anak – anak saja bisa saja orang dewasa terkena yang namanya biduran. Salah satu jenis reaksi alergi terhadap kulit manusia yang membuat para penderitanya merasakan rasa gatal yang amat sangat terhadap permukaan kulitnya yang muncul biduran tersebut. Tampak dari biduran sendiri seperti bentol – bentol yang banyak dan terkadang ukurannya bisa besar bisa juga kecil. Akibat dari terkena biduran ini membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman dikarenakan rasa gatal yang amat sangat tersebut.

ads

Jadi apabila anda pada kulit anda muncul beberapa gejala seperti biduran segeralah melakukan penanganan untuk mengurangi rasa gatal dan mempercepat proses penyembuhan biduran yang ada pada kulit anda. Ada beberapa penyebab dari terjadinya biduran pada kulit kita dan apa sajakah penyebab tersebut ? Kita akan membahas sebanyak 30 penyebab dari biduran pada kulit anda yang muncul setiap harinya pada kulit manusia.

Penyebab-Penyebab Terjadinya Penyakit Kulit Biduran

Bukan hanya itu ternyata ada beberapa orang apabila bulu dari binatang terkena hirup, maka bagi seseorang tadi yang menghirupnya akan menyebabkan tubuhnya terkena sesak nafas yang dimana bagi para pengidapnya akan sulit sekali dalam melakukan pernafasan seperti hal normalnya. Apabila telah terjadi seperti ini maka harus ada penangan khusus dari dokter untuk melakukan pengobatan lanjutan agar bagi para penderitanya bisa langsung diobati. Karena bila terlambat dalam penanganannya bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Setelah kita ulas bersama anda harus memperhatikan beberapa faktor tersebut yang mungkin anda belum mengetahuinya sehingga anda dapat melakukan pencegahan agar tidak terkena penyebab terjadinya biduran pada tubuh anda. Dan dari beberapa penyebab diatas mungkin anda harus memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan sekitar anda terutamanya karena merupakan hal paling kecil serta kebersihan dari pakaian dan rumah anda. Karena apabila anda mengabaikannya mungkin saja bibit-bibit penyakit lainnya bisa menyebabkan keluarga anda terkena penyakit yang menyebabkan kesehatannya terancam. Inilah penyebab mengapa terkadang penyebab biduran bisa sering terjadi pada malam hari dan terjadi setiap harinya pada malam hari, sebagai berikut:

1. Olahraga berlebih

Kulit orang yang terkena biduran ternyata bisa terjadi karena olahraga yang dilakukannya secara berlebih. Untuk kasus terkena biduran karena olahraga berlebih masih belum diketahui penyebab pastinya kenapa bisa terjadi. Tetapi itu bisa saja terjadi dikarenakan apabila tubuh yang melakukan olahraga berlebih suhu tubuhnya meningkat atau terlalu panas dan tubuh yang kondisinya terlalu lelah dan kemudian terkena penyebab terjadinya biduran terhadap kulitnya. Apabila anda terkena biduran dikarenakan semacam hal ini maka kemungkinan besar anda akan sering terkena biduran pada kulit anda. (baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Kulit)

2. Cuaca

Akibat dari tidak menentunya cuaca yang berubah – ubah bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya biduran pada kulit anda. Pada perubahan cuaca yang mempunyai tingkat tekanan yang tinggi dan perubahannya yang berbeda – beda misalnya seperti cuaca panas dan dingin, beberapa orang dapat mengalami penyebab biduran dalam situasi seperti cuaca yang tidak menentu dan apabila menderita akibat salah faktor ini biasanya penderitanya akan sembuh dari biduran dengan sendirinya yang hanya memakan waktu selama 4 jam. Kemudian apabila terjadi cuaca yang berubah-ubah penderita tadi akan kambuh lagi.

Baca juga ini :

3. Pewarna makanan

Didalam pewarna makanan terdapat suatu zat kimia yang mungkin bisa menjadi pemicu munculnya biduran terhadap penderitanya. Penderita yang telah mengkonsumsi makanan yang memakai bahan pewarna makanan mungkin bisa langsung muncul penyebab biduran terhadap kulitnya. Zat kimia didalam pewarna makanan bisa jadi menjadi alergi khusus bagi penderita yang tidak bisa menerima zat tersebut.

4. Obat-obatan

Beberapa obat memiliki efek samping yang bisa menimbulkan biduran terhadap orang yang memakainya. Ada cara lain agar orang yang meminum obat-obatan ini bisa tidak terkena biduran jika meminumnya yaitu dengan cara melakukan tes alergi agar bisa tau tubuh anda alergi terhadap zat apa dan anda bisa mencegahnya untuk tidak mengkonsumsi obat tersebut. (baca juga: Penyebab Mandul)

5. Pengawet tambahan

Sponsors Link

Sekarang banyak sekali makanan yang diberikan pengawet makanan yang bertujuan agar makanan tersebut bisa disimpan lebih lama lagi. Biduran dipicu karena adanya reaksi alergi terhadap zat yang mengawetkan makanan tersebut. Sehingga yang mengkonsumsinya bisa langsung terkena dampak dari zat pengawet tersebut akan tubuhnya yang muncul biduran.

6. Infeksi pada tubuh anda

Seseorang yang sedang terkena infeksi pada tubuhnya ternyata bisa juga terkena biduran pada kulitnya. Orang yang terkena infeksi seperti penyakit demam, dan yang sedang mengalami pengobatan tertentu sudah sangat sering dialami oleh orang yang terkena infeksi dengan penyakit tersebut. Karena dengan begitu kondisi tubuh dimana sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah tidak bisa menerima obat untuk proses penyembuhannya. (baca juga: Gejala Kandidiasis)

7. Alergi

Beberapa orang yang memiliki alergi tertentu bukan hanya pada suatu zat kimia dan zat yang ada pada obat tetapi pada makanan juga akan bisa terkena biduran pada kulitnya. Beberapa makanan bagi pengidap alergi suatu makanan akan langsung mendapatkan reaksi terhadap kulitnya dengan munculnya biduran.

8. Sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa mengakibatkan munculnya biduran pada kulit anda dikarenakan beberapa orang yang tidak terbiasa terkena paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit orang tersebut mendapatkan tekanan dan rasa panas yang berlebih. Karena ketidakbiasaan tersebut dari terkena paparan sinar matahari, kulit anda akan dengan mudah terkena biduran. (baca juga: Obat Biduran Alami)

9. Alergi debu

Akibat dari debu ternyata ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap debu dan dari itu bisa menyebabkan tubuhnya terkena biduran. Biasanya pengidap yang seperti ini akan langsung sembuh dalam waktu kurang dari 7 jam dari waktu munculnya biduran. Dan akan kambuh kembali apabila alergi tersebut dipicu.

10. Flu

Penyakit flu atau influenza bagi para pengidapnya bisa dengan mudah terkena biduran pada kulitnya dikarenakan kondisi tubuhnya yang sangat lemah sangatlah mudah untuk terserang berbagai macam penyakit terutama biduran. Reaksi tubuh yang mengidap flu tersebut mengakibatkan tubuh susah untuk meningkatkan kekebalan tubuh sebagai antivirus untuk berbagai penyakit. Jenis biduran yang disebabkan oleh penyebab yang satu ini biasa dijumpai pada anak – anak.

11. Gigitan serangga

Dampak dari gigitan serangga ternyata bisa menyebabkan kulit anda terkena yang namanya biduran yang awalnya dampak terkecilnya hanya sedikit gatal pada kulit dan kemudian akan melebar menjadi sebuah biduran. Untuk mencegah terjadinya biduran, sebaiknya apabila terkena gigitan suatu serangga maka langkah awal adalah dengan mengobatinya. (baca juga: Gejala Cacar Air)

12. Stres

ads

Apabila tubuh anda sedang dalam keadaan stres ternyata bisa memicu terjadinya biduran pada kulit anda. Karena stres sendiri bisa menyebabkan reaksi alergi terhadap tubuh anda yang berlebihan. Apabila anda mengalami sakit biduran akibat dari salah satu faktor yang satu ini maka tidak ada perawatan khusus yang anda perlukan tetapi anda hanya bisa mencegahnya dengan cara alami atau natural dengan menghilangkan stres yang ada pada tubuh anda.

13. Protein

Pada tubuh protein memiliki pengaruh khusus bagi anda. Pastinya setiap orang punya antibodi yang bekerja untuk melawan virus yang ada pada tubuhnya. Dan ketika antibodi tersebut menghasilkan yang namanya histamin apabila sedang bekerja untuk tubuh anda. Dan dari histamin ini ada beberapa dari tubuh seseorang yang tidak dapat menerima histamin tersebut bagi tubuhnya dan menyebabkan reaksi yang memicu munculnya biduran.

14. Penyakit autoimun pada tubuh

Jika tubuh anda dalam jangka waktu yang lama mengidap penyakit ini memungkin untuk anda terkena biduran. Selain itu kondisi ini sering dialami oleh para penderita penyakit HIV dan lupus. Untuk pengobatan biduran akibat salah satu faktor ini membutuhkan penangan khusus dari dokter.

15. Rheumatoid arthritis

Bagi para penderita penyakit ini bisa mendapatkan biduran pada kulit sang pengidap penyakitnya. Dan biduran yang sering muncul akibat penyakit ini ada pada bagian tubuh seperti kaki, tangan, persendian, dan bisa menyebar kedaerah tubuh lainnya dengan mudah. (baca juga: Cara Mengobati Kutil Kelamin Secara Alami)

16. Telur

Sebagian orang memiliki tubuh yang berbeda dan memiliki suatu reaksi alergi apabila dipicu oleh sumber alerginya. Telur contohnya bisa memicu terjadinya biduran. Dan apabila anda memiliki alergi terhadap telur, maka sebaiknya anda mencegah untuk memakannya karena bisa memicu terjadi reaksi alergi lainnya bukan cuma hanya biduran saja. Apabila anda terkena biduran akan faktor yang satu ini, anda hanya perlu mengurangi konsumsi telur dan menunggu hingga biduran pada kulit anda hilang.

17. Seafood

Seafood atau dengan kata lain adalah makanan yang berasal dari laut seperti ikan, udang, kerang, dan lain lainnya. Mungkin tubuh anda tidak bisa untuk menerima zat yang ada pada makanan laut ini dan bisa mengakibatkan munculnya biduran pada kulit anda. Dikarenakan tubuh anda memiliki alergi terhadap makanan laut sehingga anda dapat mencegahnya dengan mengurangi konsumsi makanan dari laut seperti seafood.

18. Keju

Memang tidak disangka bahwa keju bisa menyebabkan biduran pada kulit anda. Tubuh manusia memang memiliki sistem kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap suatu zat yang berbeda – beda sehingga ada beberapa tubuh seseorang apabila mengkonsumsi keju atau makanan yang mengandung keju bisa memicu reaksi alergi dan munculah biduran pada kulitnya. Berarti anda memiliki alergi terhadap zat yang terdapat didalam keju tersebut. Anda cukup mengurangi atau menghentikan mengkonsumsi makanan yang berbahan keju untuk mencegah terjadinya biduran.

19. Air

Dari sekian banyak faktor penyebab terjadinya biduran pada kulit anda, air ternyata bisa menjadi salah satu penyebab munculnya biduran pada kulit anda. Mungkin dari air yang anda gunakan sebagai air minum, atau untuk anda gunakan sebagai mandi, bisa tercemar suatu bakteri atau virus yang menyebabkan dari munculnya biduran itu sendiri pada kulit anda.

20. Udara dingin

Bagi beberapa tubuh manusia memiliki ketahanan khusus untuk tubuhnya. Dan ada beberapa tubuh seseorang yang tidak tahan akan cuaca dingin mungkin bisa memicu terjadinya biduran pada kulitnya. Sehingga apabila sedang terjadi cuaca dingin sangat mungkin dengan cepat akan muncul biduran pada kulitnya. Biasanya apabila dengan faktor ini pada awal munculnya biduran hanya sedikit bentolan yang muncul, tetapi kelamaan bentol akan dengan cepat menyebar keseluruh bagian tubuh anda.

21. Virus

Apabila anda sedang berada di ruang publik atau sedang berada di ruangan terbuka bukan tidak mungkin untuk anda akan terkena yang namanya paparan virus yang masuk kedalam tubuh anda. Virus itu sendiri berbeda – beda yang mungkin bisa memicu suatu penyakit terhadap tubuh anda sendiri. Salah satunya adalah dengan munculnya biduran pada kulit anda. Biduran sendiri bisa diakibatkan tubuh anda terkena paparan suatu virus dan menyebabkan suatu reaksi alergi pada tubuh anda dan munculah biduran tersebut pada permukaan kulit anda.

22. Susu

Untuk yang satu ini mungkin bisa banyak digemari oleh setiap orang karena rasanya yang enak dan menyehatkan tubuh. Tetapi bagi beberapa orang bisa membuat tubuhnya terpicu akan terjadinya sebuah reaksi alergi yang menyebabkan biduran pada kulitnya. Memang tidak semua orang untuk dapat mengkonsumsi minuman yang satu ini dikarenakan tubuhnya yang memiliki alergi terhadap zat yang terdapat didalam kandungan susu itu sendiri. Untuk mencegah terjadinya sangatlah mudah bagi anda yang alergi, cukup untuk mengurangi dalam mengkonsumsi susu itu sendiri agar tubuh anda tidak terkena biduran terlalu sering. (baca juga: Cara Menghilangkan Keloid)

23. Pemakaian produk tertentu

Suatu produk makanan atau kosmetik dan produk semacamnya yang berhubungan langsung atau kontak langsung dengan tubuh serta kulit anda, mungkin bisa menyebabkan terjadinya iritasi dan menimbulkan biduran pada kulit anda. Dari suatu produk tersebut mungkin bisa menyebabkan suatu reaksi alergi tertentu yang mengakibatkan kulit anda muncul penyakit biduran itu sendiri. Usahakan dalam membeli atau memakai suatu produk itu, anda harus memastikan bahwa produk tersebut aman untuk anda pakai dan zat yang ada pada produk tersebut tidak membuat anda terkena suatu reaksi alergi yang memicu sebuah penyakit dan alergi pada tubuh anda.

24. Kacang-kacangan

Dari sumber makanan yang satu ini ternyata bisa memicu tubuh anda untuk terkena suatu reaksi alergi yang efeknya menimbulkan sebuah biduran pada permukaan kulit anda. Pastikan anda tidak memiliki alergi pada makanan yang satu ini sehingga anda aman untuk memakannya jadi apabila anda memiliki alergi dengan satu bahan makanan ini, anda dapat mencegahnya agar tidak muncul biduran pada kulit anda dengan tidak mengkonsumi kacang – kacangan setiap harinya.

25. Kedelai

Salah satu makanan ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh untuk kesehatan dan cara mengolahnya pun bermacam – macam sehingga menjadi suatu santapan yang sangat nikmat untuk dimakan. Tetapi bagi beberapa orang ada yang memiliki alergi terhadap bahan makanan yang satu ini. Karena jika mengkonsumsinya bisa menyebabkan sebuah reaksi alergi terhadap kulitnya dan menyebabkan muncul sebuah biduran pada permukaan kulit. Memang tidak mudah untuk memilih suatu makanan apakah itu cocok untuk tubuh kita atau tidak tetapi jangan sampai anda untuk ragu untuk memilih makanan sehat untuk anda konsumsi setiap harinya. (baca juga: Penyebab Kutil Kelamin)

26. Gandum

Sponsors Link

Bahan makanan yang satu ini memang jarang untuk dikonsumsi setiap harinya dan kebanyakan bahan makanan yang satu ini lebih banyak ditemukan didalam sebuah kemasan yang mengandung gandum itu sendiri. Ada beberapa orang yang memiliki alergi apabila mengkonsumi suatu makanan yang mengandung gandum dapat menyebabkan sebuah reaksi alergi yang menyebabkan munculnya biduran terhadap kulitnya. Dengan begitu jika makanan yang dikonsumsinya mengandung gandum reaksinya bisa sangat cepat dengan muncul biduran pada kulit serta penyebarannya keseluruh bagian tubuh. Pencegahannya sendiri anda dapat mengurangi konsumsi terhadap bahan makanan yang mengandung gandum tersebut.

27. Kebersihan pakaian

Anda harus tetap menjaga kebersihan dari pakaian yang anda pakai sehari – harinya. Apabila anda telah berolahraga dan berkeringat berlebih segeralah ganti pakaian tersebut jangan terlalu untuk dipakai. Pakaian yang kotor bisa memicu berbagai macam penyakit dan bakteri. Dan bukan tidak mungkin apabila bakteri dan kutu pun bisa bersarang dipakaian kita dan apabila kita memakai pakaian tersebut mungkin bisa menyebabkan anda terkena yang namanya biduran terhadap kulit anda. Walaupun begitu anda seharusnya harus tetap menjaga kebersihan dari pakaian yang anda pakai sehari-harinya agar nyaman dan kesehatan anda pun terjaga dari berbagai macam bakteri yang membuat tubuh anda terkena berbagai macam penyakit baik dari kesehatan kulit tubuh anda ataupun sistem kekebalan tubuh anda.

28. Gigitan kutu

Kutu biasanya sering bersarang pada pakaian atau seprai yang ada pada tempat tidur anda. Bukanlah tidak mungkin apabila dalam kain dan pakaian kita terdapat sebuah kutu yang bersarang yang mungkin suatu saat kulit anda akan tergigit dari kutu tersebut. Dari gigitan kutu tersebut yang ada pada kain, seprai tempat tidur, atau pakaian anda dapat menyebabkan terjadinya biduran yang muncul pada kulit anda nantinya. Bukan hanya biduran saja yang bisa muncul apabila kutu menggigit kulit anda tetapi masih banyak lagi kemungkinan penyakit lain yang menyerang kesehatan kulit anda jika terkena gigitan kutu tadi. (baca juga: Cara Menghilangkan Bau Pada Vagina)

29. Faktor lingkungan anda

Ternyata dari faktor terkecil hingga dari lingkungan sekitar anda bisa menjadi pemicu tubuh anda terkena penyakit biduran itu sendiri. Dilihat dari faktor lingkungan seperti cuaca, suhu, dan kelembapan yang berlebih bisa memicu munculnya biduran pada kulit anda. Memang tidak semua orang tahan terhadap suatu kondisi sebuah lingkungan tertentu dan tahan terhadap serangan berbagai virus yang menyerang tubuhnya. (baca juga: Penyebab Gatal Pada Kemaluan Wanita)

Beberapa orang memiliki sensitifitas kulit yang sangat tinggi karena perbedaan suhu dan kelembapan udara saja yang berbeda sedikit bisa menyebabkan kulitnya mendapatkan sebuah reaksi alergi salah satunya seperti terkena biduran yang muncul pada permukaan kulitnya yang membuat penderitanya terasa sangat gatal dan mengganggu aktivitas sehari-harinya. Bukan hanya itu yang perlu anda perhatikan dari yang lainnya adalah kebersihan lingkungan anda yang harus anda jaga agar bibit – bibit penyakit dan virus bisa terhindar. Lingkungan sekitar yang bersih membuat anda lebih nyaman dan mungkin saja lebih sedikit faktor terkena paparan penyakit.

Baca :

30. Alergi bulu

Beberapa orang ada yang memelihara sebuah binatang seperti kucing, anjing, atau marmut. Dari beberapa hewan yang bermacam-macam hewan peliharaan tersebut memiliki bulu yang indah dan lucu untuk dilihat. Tetapi bagi beberapa orang menganggap bahwa bulu tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit dan serangan virus lainnya. Memang bagi beberapa orang apabila terjadinya kontak langsung terhadap bulu hewan peliharaan tersebut bisa menyebabkan terjadinya suatu reaksi alergi yang menyebabkan kulitnya terkena biduran. Sangatlah jarang bagi seseorang apabila mendapati alergi terhadap bulu binatang peliharaan tersebut, namun apabil memang memiliki alergi maka reaksi alergi yang ditimbulkan bisa menyebabkan sebuah penyakit yang berdampak pada kesehatannya.

Satu hal lagi yang perlu anda cermati adalah makanan yang anda konsumsi apakah sudah aman bagi kesehatan anda atau tidak. Anda juga harus memperhatikan zat – zat atau kandungan yang ada pada makanan yang anda makan sebelumnya karena jika salah dalam memakan suatu makanan saja bisa mengakibatkan tubuh anda akan terkena suatu penyakit. Dan dengan pola hidup yang sehat tentunya dapat lebih membantu anda dalam menjaga pola hidup anda yang sehat kedepannya nanti.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :