Sponsors Link

7 Penyebab Bekas luka Terasa Sering Gatal Beserta Cara Menanggulanginya

Sponsors Link

Setiap orang pasti mempunyai bekas luka, entah apa penyebab luka tersebut tetapi kebanyakan luka tersebut akan membekas pada kulit anda. Bekas luka yang anda mungkin akan membuat penampilan anda terganggu terlebih masih terasa efek yang mengganggu anda seperti rasa panas terbakar, gatal-gatal, nyeri, dll. Banyak cara untuk menghilangkan efek-efek tersebut, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah, apa yang menjadi penyebab dari bekas luka anda yang terasa sering gatal tersebut. Pada artikel ini akan menjelaskan tentang penyebab bekas luka terasa sering gatal yang mungkin anda alami. Berikut adalah penyebab bekas luka anda yang sering terasa gatal. Mengerti bagaimana cara mengobati jamur kulit untuk mengetahui jenis-jenis penyakit kulit merupakan hal penting.

ads

Penyebab bekas luka gatal

Pada umumnya kulit dimungkinkan untuk adanya perubahan, perubahan dapat dilhat dari teksturnya, warna, dan lain-lainnya. Hal ini terjadi dimungkinkan karena telah terkena bahan-bahan kimia dari obat-obatan yang anda konsumsi. Adanya rasa gatal pada kulit yang menjadi dari bekas luka yang anda miliki ini bisa menjadi sesuatu hal yang wajar bisa juga tidak, sehingga saran paling pertama adalah dengan konsultasi pada dokter spesialis kulit. Penyebab utamanya karena adanya regenerasi sel kulit dari luka yang ada. Kondisi gatal tersebut memang terjadi pada waktu yang cukup berdekatan dari luka muncul, paling tidak sebulan sampai dua bulan kemudian. Tetapi untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif dimungkinkan terjadi keluhan yang lebih panjang dibanding dengan yang memiliki kulit normal.

Gatal Pada Kulit

Gatal yang terasa pada bekas luka akan semakin terasa pada kulit yang terkena iritasi. Iritasi yang dimaksud dapat dengan bergesekan pada pakaian, terkena cakaran karena digaruk terlalu kencang, atau bisa juga disebabkan karena adanya infeksi yang disebabkan karena kebersihan diri yang tidak bagus, sehingga membuat kulit terinfeksi bakteri-bakteri yang akan menyebabkan gatal. Hal ini jelas dipengaruhi juga bekas luka lama yang tidak kunjung hilang,tidak lekas hilang biasanya disebabkan oleh pengaruh kedalaman atau luas luka yang anda miliki. Faktor lain yang dapat memicu luka tidak hilang-hilang bisa berupa karena perawatan luka yang tidak dimaksimalkan, asupan gizi yang buruk, perokok aktif, dan bisa juga dikarenakan genetik atau bawaan lahir, beserta efek-efek lainnya. Sesungguhnya apabila gatal dari luka anda tidak dengan bengkak dan luka yang berair maka anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya dan hal itu tidak berbahaya. Hal ini bisa ditanggulangi dengan cara yang mudah, yaitu :

  • Menghindari menggaruk bekas luka terlalu keras, karena akan merusak proses penyembuhan luka dan luka akan sulit hilang.
  • Menjaga selalu kebersihan diri dengan mandi teratus dan menggunakan pakaian yang bersih.
  • Mengurangi gatal dengan menggunakan lotion.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat
  • Hindari merokok.
  • Penting untuk mengetahui  makanan sehat untuk kesehatan kulit

Demikian penjelasan mengenai penyebab bekas luka terasa sering gatal. Memang seharusnya bekas luka itu tidak memiliki efek bagi kondisi kesehatan kulit kecuali akan mengganggu penampilan. Apabila terdapat efek yang terasa dan sangat mengganggu kondisi kulit ada baiknya anda menemui dokter untuk berkonsultasi terlebih dengan dokter spesialis yang lebih mengerti dan memahami permasalahan anda. Merupakan salah satu penting untuk mengetahui cara mengobati jamur kulit sesuai dengan penyebab jamur kulit.

Tahap-tahapnya setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis pada umumnya akan diberikan obat-obatan yang diaplikasikan pada bekas luka anda. Sehingga setelah itu dokter dapat memeriksa lebih lanjut dengan melihat kondisi kulit anda dan setelah itu dapat dilihat bagaimana penanganan yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Sponsors Link
, ,