Sponsors Link

12 Pengobatan Herpes Simplex Paling Ampuh

Sponsors Link

Penyebab Herpes Simplex

ads

Herpes simplex merupakan infeksi yang terjadi secara akut dan disebabkan oleh virus herpes simplex tipe I dan tipe II. Faktor resiko yang berperan menjadi penyebab terkenanya infeksi dari virus herpes simplex. Biasanya orang yang beresiko atau mudah terkena penyakit herpes simplex karena menderita imunodefisiensi atau riwayat seksual aktiv. Karena faktor resiko inilah mengapa herpes simplex termasuk menjadi penyakit menular seksual. Faktor resiko ini penting diketahui untuk mengetahui cara menyembuhkan herpes.

  • Faktor imunodefisiensi memiliki arti terjadinya penurunan daya tahan tubuh. Pada beberapa kasus, beberapa penyakit dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Sehingga pada akhirnya  dapat membuat infeksi herpes simplex mudah masuk ke dalam tubuh.
  • Faktor aktivitas seksual merupakan sebagai metode transmisi atau perpindahan virus yang paling utama. Oleh karenanya, orang yang memiliki rivata sering melakukan hubungan seksua berganti pasangan memiliki resiko tertular herpes simplex yang lebih besar. Bahkan dikatakan aktivitas seksual yang  tidak baik seperti seks oral dapat menyebabkan herpes simplex juga menyerang daerah mulut yang disebut perioral.

Gejala Herpes Simplex

Pada umumnya  pasien datang berobat ke dokter jika gejala herpes genital atau perioral yang timbulkan sudah berupa pembentukan gelembung kecil yang berisi cairan dan disebut vesikel. Vesikel ini tumbuh secara berkelompok pada permukaan kulit dan kemerahan. Vesikel sendiri dapat berubah menjadi keruh dan kemudian bisa pecah mengakibatkan luka, basah. Apabila luka lebih dalam (bertambah buruk) maka disebut sebagai ulkus.

Gejala penyakit kelamin ini sendiri dapat timbul pada daerah perioral atau sekitar mulut yang biasanya disebabkan oleh virus herpes simplex tipe I. Sedangkan gejala yanng timbul pada daerah kemaluan biasanya  disebabkan oleh virus herpes simplex tipe II.

Disisi lain, gejala juga kadang disertai demam atau peningkatan suhu tubuh akibat infeksi, perasaan yang sedikit lemas, nyeri-nyeri sekujur tubuh, nyeri kepala, serta pembengkakan kelenjar limfatik pada pangkal atau lipatan paha atau kelenjar limfe yang berada didekat mulut. Perlu dingat lesi atau luka akibat herpes simplex ini dapat terjadi berulang pada daerah yang sama (rekuren).

Pengobatan Herpes Simplex

Pengobatan dari herpes simplex pada umumnya memiliki prinsip penanganan berdasarkan penyebab dan gejala yang ditimbulkan. Prinsipnya adalah pengobatan pada penyebabnya  secara spesifik dalam hal ini virus herpes simplex, pengobatan bila ada gejala tambahan, dan juga pencegahan kekambuhan.

  • Jangan Berhubungan Seksual Dulu

Sebaiknya selama mengalami penyakit herpes simplex, penderita untuk sementara jangan dulu berhubungan seksual dengan pasangannya. Terutama bila terdapat tanda berupa lesi atau luka herpes simpex pada daerah kelamin. Hal ini dikarenakan salah satu resiko penularan terjadi melalui aktivitas seksual. cara ini juga dapat sebagai cara mencegah herpes genital dan perioral sebelum terinfeksi.

Tujuan pencegahan dari hubungan seksual bertujuan agar pengobatan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebab jika suami mengalami penyakit herpes simplex, maka kemungkinan istrinya atau pasangannya  juga mengalami keluhan yang  sama, begitupula dengan sebaliknnya. Apabila salah satu pasangan belum sembuh, maka ketika melakukan aktivitas seksual, akan dapat kembali menginfeksi pasangannya yang sudah  sembuh atau sehat. Maka siklus ini dapat terus berulang nantinya.

  • Anti Virus Minum

Pengobatan herpes simplex secara medis dapat diberikan beruppa anti virus yaitu acyclovir. Acyclovir merupakan anti virus yang efektif terhadap virus herpes simplex, virus epstein barr, cytomegalovirus dan varicella virus. Acyclovir merupakan anti virus yang merupakan analog nukleosida purin asiklik.

Sponsors Link

Acyclovir dapat diberikan dengan dosis 200 mg 5 kali sehari, selama 7 hingga 10 hari. Terdapat juga jenis antivirus lain yaitu valacyclovir yang dapat dijadika alternatif. Valacyclovir dosis 500 mg dalam 2 kali sehari selama 7 hingga 10 hari.

  • Anti Virus Oles

Selain anti virus dalam bentuk minum, terdapat juga pengobatan herpes simplex dalam bentuk obat anti virus oles. Cara kerjanya langsung tertuju pada daerah luka herpes simplex dan tempat yang dicurigai terdapat virus. Contohnya krim oles pencicovir 1 % yang dioles tiap 2 jam selama 4 hari. Selain itu terdapat juga krim acyclovir 5 % yang dipakai tiap 3 jam selama 4 hari. Sebaiknya krim anti virus ini digunakan kurang lebih sejak 1 jam timbulnya gejala, hal ini bertujuan agar tidak semakin meluasnya lesi akibat herpes simplex.

  • Makanan Tinggi Gizi

Untuk mempercepat proses penyembuhan, maka sebaiknya penderita memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang tinggi. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh melalui vitamin dan antioksidan dari makanan.

Sebab sebagaimana yang diketahui, resiko dari penyebab herpes simplex salah satunya adalah imunodefisiensi, yaitu penurunan daya tahan tubuh yang memudahkan virus menginfeksi dan bereplikasi di dalam tubuh. Selain itu sumber nutrisi juga berperan dalam memperbaiki jaringan tubuh atau regenerasi jaringan akibat infeksi virus. Sehingga penyembuhan dapat menjadi lebih cepat dan lebih baik.

  • Makanan Cair

Makanan cair sebaiknya  diberikan pada penderita yang mengalami herpes simplex di daerah mulut. Hal ini bertujuan untuk memeprmudah penderita tetap makan dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Sebab pada beberapa kasus herpes simplex yang mengenai mulut, pasien mengalami kesulitan makan dan akibatnya nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan menjadi kurang.

ads

Selain itu, makanan yang memiliki kontur halus memiliki resiko yang kurang menyebabkan trauma pada luka terbuka akibat herpes simplex. Selain itu partikel kecil akan kurang menyebabkan trauma pada jaringan, sehingga tidak terlalu membuat nyeri.

  • Obat Kumur

Obat kumur juga merupakan pengobatan tambahan pada herpes simplex yang mengenai mulut. Hal ini bertujuan membantu mengobati luka herpes yang kemungkinan mengalami infeksi tambahan atau infeksi sekunder oleh bakteri. Infeksi sekunder dapat memperlambat proses penyembuhan, sehingga pemberian obat kkumur untuk mematikan bakteri.

Jadi diharapkan penggunaan obat kumur mampu membantu mencegah infeksi sekunder dan mempercepat penyembuhan. Namun perlu diingat, penderita juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan obat kumur ini. Sebab bisa saja penderita akan mengalami rasa perih akibat penggunaan obat kumur ini pada luka-luka di mulut.

  • Obati Penyakit Lain

Biasanya herpes simplex dapat mudah menyerang pada orang dengan penyakit tertentu yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Contohnya adalah pengidap HIV, yang mana virus HIV menyerang sistem pertahanan tubuh mengakibatkan daya tahan tubuh rendah. Pada keadaan inilah infeksi herpes simplex mudah masuk. Selain itu, penderita herpes simplex dengan riwayat menderita penyakit HIV cenderung mudah mengalami kekambuhan.

Oleh karenanya untuk mencegah kekambuhan dan mempercepat penyembuhan, maka HIV yang diderita juga harus diberikan penanganan, sehingga nantinya dapat dilakukan pengobatan herpes simplex. Pada keadaan ini kemungkinan penderita perlu berobat pada dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis kulit dan kelamin.

  • Istrahat yang Cukup

Untum membantu proses penyembuhan, maka daya tahan tubuh perlu dijaga bahkan ditingkatkan bila perlu. Oleh karenanya, dengan beristrahat diharapkan mampu mengembalikan dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus herpes simplex. Selain itu, dengan beristrahat juga dapat membantu mempercepat regenerasi sel atau jeringan kulit yang rusak terkena infeksi virus herpes simplex.

  • Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tubuh terutama daerah yang terkena herpes simpplex bertujuan mencegah terjadinya infeksi sekunder atau onfeksi tambahan dari bakteri. Selain itu, pastikan juga pakaian seperti baju, celana, handuk dan pakaian lainnya juga dijaga tetap bersih. Hal ini dikarenakan infeksi tambahan juga dapat berasal dari pakaian yang tidak bersih.

Selain itu, sebisa mungkin agar tidak berganti-gantian menggunakan pakaian seperti handuk atau celana dengan orang lain, sebab bisa jadi virus yang menempel dipakaian tersebut (dari luka pada kulit) dapat berpindah jika yang menggunakan memiliki luka kecil pada kulitnya yang dapat dilewati oleh virus herpes simplex.

  • Ke Dokter Kulit dan Kelamin

Apabila penyembuhan tidak menunjukkan hasil yang maksimal, maka sebaiknya pasien segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin. Hal ini bertujuan agar dilakukan pemeriksaan lebih mendalam dan diberikan pengobatan yang lebih cocok dengan keluhan yang dirasakan. Penderita dapat mengunjungi dokter segera apabila merasakan gejala, atau pasien sudah berobat, namun:

Sponsors Link

  • Penyakit tidak menunjukkan tanda-tanda penyembuhan dalam 7 hingga 10 hari.
  • Penderita sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh, atau penderita masih bayi atau pasien lanjut usia.
  • Terjadinya komplikasi dari penyakit herpes simplex
  • Penderita juga memiliki penyakit lain yang menyertai dan membuatuhkan pengobatan lain sesui penyakitnya.

Pengobatan Herpes Simplex secara Tradisional

  • Jagung

Jagung dapat dibuat halus dan dijadikan obat untuk herpes simplex. Jagung dikatakan mampu menyerap kelembaban dari kulit yang terkena herpes simplex. Selain itu, jagung juga dapat meredakan gejala gatal yang timbul. Bahkan produk jagung dalam bentuk tepung jagung juga dapat digunakan menjadi obat herpes simplex ini.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya dikatakan mempunyai manfaat sebagai anti virus yanng dapat membantu penyembuhan herpes simplex serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, dikatakan bahwa lidah buaya mmemiliki efek sebagai obat anti inflamasi yang baik untuk pengobatan radang yang juga terjadi akibat infeksi dari virus heroas simplex. Cara mengobati herpes dengan lidah buaya dari bentuk utuh yang dicuci bersih dan diambil isinya di oleskan pada kulit yang mengalami herpes simplex.

Lidah buaya ini dapat digunakan pada daerah kelamin dan sekitar mulut. Bahkan terdapat penelitian yang mendukung manfaat dari lidah buaya untuk pengobatan herpes simplex. Bahkan dikatakan lidah buaya ini diolah menjadi obat gel sebagai obat oles pada kulit.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Herpes