Sponsors Link

7 Pengobatan Acne Rosacea Terbukti Langsung Sembuh

Sponsors Link

Ada banyak jenis-jenis penyakit kulit yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah acne rosacea. Acne rosacea adalah jerawat yang kronis dan tidak hanya bisa mengganggu kulit wajah melainkan juga bisa menyerang kulit leher, dada dan punggung. Seseorang yang menderita rosacea juga akan menemukan jaringan pembuluh darah muncul di wajah Anda, mulai dari bagian hidung dan semakin lama bisa menyebar ke area wajah lainnya. Jika Anda menderita acne rosacea, Anda akan perlu berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan acne rosacea yang sesuai. Pengobatan acne rosacea tersebut juga akan mencakup pengobatan untuk kulit yang kemerahan, pembuluh darah yang terlihat, serta gejala lainnya yang mungkin menyertai.

ads

Lalu, bagaimana cara mengobati acne rosacea ini? Acne rosacea memang tidak memiliki obat yang bisa menyembuhkannya secara instan. Semakin cepat penanganan diberikan, maka acne rosacea pun dapat dicegah untuk menjadi semakin parah. Dokter akan memberi pengobatan secara bertahap sesuai dengan tahapan penyakit dan tingkat keparahan acne rosacea yang dialami.

Mengetahui hal tersebut, maka sebelum kita mempelajari cara pengobatan acne rosacea ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu jenis dan tipe acne rosacea agar lebih mudah pula menentukan pengobatan yang sesuai. Tipe acne rosacea adalah sebagai berikut:

  • Tipe 1, dimana acne rosacea ditunjukkan dengan munculnya kemerahan di kulit
  • Tipe 2, kemerahan yang disertai dengan jerawat
  • Tipe 3, terjadi penebalan pada kulit
  • Tipe 4, terjadi iritasi pada mata

Dengan mengetahui tahapan acne rosacea di atas, maka kita pun harus melakukan pengobatan sesuai dengan tahapan acne rosacea yang dialami. Berikut ini beberapa cara pengobatan acne rosacea yang bisa Anda coba:

  1. Terapi laser

Perawatan yang satu ini mungkin terdengar seram dan sedikit kurang dipertimbangkan. Salah satu hal yang membuat perawatan ini terdengar seram mungkin karena adanya efek samping menghilangkan flek hitam dengan laser. Tidak hanya perawatannya yang cukup sulit dilakukan karena tidak bisa dilakukan sendiri di rumah, terapi laser ini akan relatif mahal. Menurut seorang ahli kulit dari Massachusetts di Boston, Molly Wanner, perawatan menggunakan laser kalium titanyl fosfat dan terapi cahaya bergelombang merupakan perawatan yang tepat untuk mengatasi pembuluh darah yang terlihat di tahapan acne rosacea ringan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya diperlukan 2 hingga 4 kali perawatan.

Terapi laser juga akan efektif dilakukan untuk mengatasi acne rosacea yang parah, terutama untuk mengatasi penebalan dan pembengkakan kulit. Terapi laser bisa membantu menghilangkan kelebihan kulit dan mengatasi pembengkakan yang terjadi.

  1. Penggunaan obat topikal

Di tahapan acne rosacea selanjutnya akan muncul jerawat dan kemerahan di kulit wajah. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan obat topikal yang dioleskan di bagian jerawat untuk mengurangi peradangan. Anda bisa mencoba antibiotik topikal untuk mengontrol benjolan jerawat dan kemerahan. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan antibiotik, Anda juga bisa memilih obat-obatan dengan azelaic acid yang bisa mengurangi peradangan dengan mengontrol benjolan, luka dan anti-inflamasi.

Selain obat-obatan tersebut ada banyak alternatif obat-obatan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi acne rosacea yang sedikit lebih parah ini. Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan obat yang sesuai. Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan oran dan topikal secara bersamaan untuk memaksimalkan hasil pengobatan.

  1. Hindari pencetus iritasi
Sponsors Link

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan demi menjaga agar acne rosacea yang Anda alami tidak semakin parah. Pilihlah produk perawatan kulit yang lembut dan bebas alkohol ataupun bahan-bahan lain yang keras. Segera hentikan penggunaan produk jika Anda mengalami reaksi panas, terbakar ataupun perih pada kulit, apalagi jika Anda mengalami kulit merah seperti terbakar. Hindari juga produk perawatan kulit yang mengandung pewangi karena bahan ini cenderung iritan untuk kulit.

Ada baiknya jika Anda mencoba produk dahulu sebelum membeli. Jika Anda ingin mencoba menggunakan produk tertentu, usahakan Anda mencoba satu produk pada satu waktu. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengenali produk mana yang cocok dan produk mana yang perlu Anda jauhi.

  1. Gunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya merupakan hal yang wajib untuk Anda lakukan. Hal ini dikarenakan sengatan matahari akan bisa memicu peradangan yang bisa memperparah kondisi acne rosacea. Gunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 30 setiap pagi sebelum Anda keluar rumah. Tabir surya dengan kandungan titanium dioksida dan zinc dioksida biasanya akan bekerja lebih baik baik pada seseorang yang memiliki acne rosacea. Menggunakan tabir surya secara teratur juga bisa membantu pengobatan hiperpigmentasi.

  1. Jaga kebersihan kulit

Anda harus menjaga kebersihan kulit untuk mencegah adanya bakteri atau kotoran yang bisa mengiritasi kulit Anda. Pilihlah pembersih wajah yang berbahan lembut. Jangan menggosok kulit terlalu keras ketika membersihkan kulit. Cukup pijat ringan area kulit ketika mencuci dengan sabun atau bahan pembersih lainnya. Setelah Anda membilasnya dengan air bersih, sebaiknya biarkan kulit mengering dengan sendirinya. Hindari menggosok kulit dengan handuk karena akan membuat kulit rentan mengalami iritasi.

Sponsors Link

  1. Gunakan kompres dingin

Acne rosacea seringkali akan menjadi lebih parah ketika cuaca sedang panas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga kulit agar tetap sejuk dan tidak terlalu panas. Caranya, Anda cukup menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Gunakan handuk tersebut untuk mengkompres area kulit yang mengalami rosacea. Sebisa mungkin pilih handuk yang memiliki serat halus dan lembut agar tidak menggores kulit.

  1. Jaga pola makan

Menjaga pola makan akan sangat berpengaruh untuk membuat kondisi acne rosacea membaik. Anda bisa memilih makanan organik yang bebas bahan pengawet untuk mencegah peradangan pada kulit. Selain itu, mengkonsumsi sayur dan buah yang termasuk makanan sehat untuk kesehatan kulit akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kulit. Hindari makanan olahan, terutama yang mengandung banyak gula , serta minuman beralkohol, kopi serta makanan pedas yang bisa melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan kulit memerah.

Pengobatan acne rosacea di atas sangat patut untuk Anda coba demi membuat kondisi kulit Anda membaik. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan