Sponsors Link

Penebalan Kulit di Jari Tangan – Akibat, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Tangan kita adalah bagian tubuh yang sangat aktif dan paling mudah untuk dilihat orang lain. Tangan sering kita gunakan untuk mengambil barang, bersalaman, hingga sering dijadikan tempat memasang aksesoris seperti gelang ataupun cincin. Maka, tidak heran jika keindahan tangan kita sangat penting untuk dijaga.

ads

Keindahan tangan tidak hanya dilihat dari warna kulit tangan, melainkan kehalusan dan kelembutan tangan yang bisa diperoleh dengan cara mengecilkan pori-pori kulit. Namun, hal ini sering terganggu dengan gangguan penyakit kulit yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan menebal. Penebalan kulit di jari tangan ini memiliki banyak penyebab dan bahaya.

Akibat

Kulit jari tangan yang menebal bisa disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Penebalan kulit bisa saja merupakan akibat dari gejala awal penyakit kusta, namun jika demikian biasanya juga disertai dengan bercak kemerahan. Penyebab lain yang paling sering muncul adalah karena mata ikan (clavus) atau kapalan (callus). Kedua penyakit ini adalah kondisi dimana kulit menebal dan mengeras akibat mengalami tekanan dan gesekan yang terus menerus. Kondisi clavus dan callus ini sering dibarengi dengan gejala kulit bersisik dan kering yang membuatnya mudah terluka dan mengalami infeksi.

Namun, ternyata penebalan kulit di jari tangan tidak hanya merupakan akibat dari dua penyakit di atas. Kulit jari tangan yang menebal juga bisa menjadi akibat dari kondisi seperti berikut:

  • Radang sendi akibat asam urat
  • Lichen planus
  • Neuroma digitalis
  • Keratoderma palmoplantar
  • Keratosis
  • Acanthosis
  • Digital sclerosis

Masih banyak kondisi lain yang bisa menyebabkan kulit jari tangan menebal. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih akurat. Namun jika memang kulit yang menebal di jari tangan itu disebabkan oleh kapalan atau mata ikan, ada beberapa akibat yang akan Anda rasakan berikut ini:

  • Kulit menjadi kurang sensitif, yang berarti akan sangat mengganggu Anda karena salah satu fungsi dari jari-jari tangan adalah untuk menyentuh dan merasakan sesuatu.
  • Mengganggu penampilan, yang artinya kulit jari-jari yang mudah terlihat menjadi tidak indah dan akan mengganggu kepercayaan diri saat harus bersalaman dengan orang lain.
  • Rasa nyeri, yang menjadi salah satu gejala dari kapalan di kulit. Rasa ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda.
  • Mudah terluka dan infeksi, seperti yang sudah dibahas singkat sebelumnya.

Bahaya

Jika penebalan kulit di jari tangan hanya disebabkan oleh kapalan atau mata ikan, pada dasarnya tidak ada bahaya yang ditimbulkan selain hanya mengurangi sensitivitas kulit. Namun, jika ada penyebab lain yang ditunjukkan dengan menebalnya kulit di jari-jari tangan, bisa jadi akan muncul bahaya kesehatan yang serius di kemudian hari, sebagai berikut:

  • Salah satu penyakit serius yang ditunjukkan dengan penebalan kulit di jari-jari tangan adalah penyakit paru-paru dan jantung.
    Sponsors Link

  • Penyakit paru-paru dan jantung bisa menyebabkan terganggunya suplai darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit.
  • Jika hal ini terjadi, maka jaringan kulit di bantalan jari akan tumbuh dan menebal, yang disebut sebagai digital sclerosis.
  • Bahaya yang ditimbulkan jika gangguan ini tidak segera diatasi adalah kebutuhan oksigen di seluruh tubuh tidak tercukupi sehingga pasti akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Penyakit lainnya yang mungkin ditunjukkan dengan menebalnya kulit di jari tangan adalah acanthosis, yaitu gangguan kulit yang disebabkan oleh resistensi insulin yang berkaitan dengan obesitas, yang juga menyebabkan tumor ovarium, dan diabetes. Maka, akan sangat berbahaya jika Anda mengabaikan penyakit ini karena diabetes akan bisa berdampak buruk untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Penanganan

Hal yang paling pertama untuk Anda lakukan terkait dengan menebalnya kulit di jari tangan Anda adalah mencari tahu penyebab dari gejala tersebut. Jika penebalan itu merupakan gejala dari gangguan paru-paru, jantung atau penyakit degeneratif lainnya, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter yang spesialis di bidangnya. Dokter akan memberi pengobatan yang sesuai dengan penyakit yang Anda alami hingga nantinya juga akan bisa mengatasi kulit jari tangan Anda yang menebal.

Sponsors Link

Namun, jika penebalan di kulit tersebut merupakan kapalan, akan ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh dokter untuk menangani gangguan tersebut, yaitu:

  • Memotong kelebihan kulit, yang akan dilakukan oleh dokter spesialis kulit untuk mengurangi tekanan di jaringan bawah kulit yang menebal dan mengeras tersebut.
  • Pemberian salep atau krim, biasanya salep yang mengandung zat asam salisilat. Penggunaan salep atau krim ini harus berdasarkan anjuran dokter karena jika penggunaan yang tidak tepat bisa menimbulkan iritasi kulit dan memicu infeksi. Penggunaan salep atau krim juga bisa menjadi cara mengobati kapalan yang sudah terkelupas.
  • Penggunaan pelembab, yang menjadi cara mengatasi kulit mengelupas, juga bisa membantu melunakkan kulit yang nantinya akan mengurangi rasa tebal dan keras di kulit jari-jari tangan.

Akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan terhadap gangguan kulit ini. Anda harus memperhatikan kesehatan Anda secara keseluruhan yang akan sangat berdampak untuk kesehatan kulit Anda. Selain itu, usahakan untuk selalu memakai sarung tangan pelindung ketika berinteraksi dengan bahan-bahan yang keras untuk kulit. Anda juga harus menghindari gesekan terus menerus pada jari-jari tangan, misalnya saat bermain gitar dengan menggunakan pin yang membantu memetik senar gitar tanpa bergesekan dengan jari tangan.

Demikian pembahasan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai penebalan kulit di jari tangan yang perlu kita ketahui.Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , ,