Sponsors Link

Bolehkah Penderita Cacar Air Minum Susu? Baguskah?

Sponsors Link

Banyak beredar rasa ragu mengenai apakah penderita cacar air minum susu diperbolehkan atau malah dilarang. Bahkan juga terdapat sederet rasa penasaran mengenai apakah susu termasuk dalam makanan yang dilarang untuk penderita campak. Cacar air merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dalam tubuh. Untuk itu, cara mengobati cacar air dengan jagung serta susu pun harus diperhatikan. Tidak hanya dengan konsumsi obat yang teratur saja.

ads

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab cacar air, baik itu pada orang dewasa hingga anak-anak. Salah satu penyebab yang pasti, adalah penurunan imunitas atau daya tahan tubuh sehingga virus dengan mudah menginfeksi. Untuk itu, cara penularan cacar air pun sebenarnya sangat cepat. Bahkan melalui makanan pun, cacar air bisa dengan mudah menular. Bila terdapat penderita cacar air di sekitar Anda, wajib memperhatikan tanda-tanda terkena cacar air pada diri sendiri dan orang sekitar.

Seperti yang dibahas di atas, terdapat rasa penasaran apakah penderita cacar air minum susu diperbolehkana. Atau sebenarnya malah akan menjadi penyebab munculnya gejala cacar air. Lebih parah lagi, apakah susu malah menjadi salah satu penularan cacar air yang banyak terjadi. Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, di bawah ini akan kami berikan dalam poin-poinnya mengenai konsumsi susu pada penderita cacar air.

  1. Susu merupakan salah satu makanan yang sebenarnya dianjurkan untuk penderita cacar air. Disinggung di atas, cacar air disebabkan oleh infeksi virus pada tubuh. Terutama pada daya tahan yang menurun. Hingga pada akhirnya, virus tersebut lebih cepat berkembang dan menjadi cacar air. Untuk mencegah penularan cacar air sendiri, daya tahan tubuh harus dipastikan sudah kuat. Untuk itu konsumsi makanan memiliki peranan besar.
  2. Minuman susu atau pun makanan olahannya, memiliki banyak sekali kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan inilah yang membantu memperkuat sel jaringan di dalam tubuh. Sehingga daya tahan pun akan meningkat dengan sendirinya.
  3. Tak hanya minuman susu saja yang malah sebaiknya dikonsumsi oleh penderita cacar air. Hasil olahan susu seperti yoghurt dan juga keju juga dianjurkan.
  4. Yoghurt merupakan salah satu makanan penunjang penuh nutrisi serta kandungan bakteri baik yang berlimpah. Makanan ini juga memiliki tekstur yang halus sehingga cocok dimakan oleh penderita cacar air. Seperti diketahui, penderita cacar air dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan tekstur yang kasar. Ini karena lambung penderita cacar air biasanya mengalami luka. Sehingga konsumsi makanan kasar hanya akan memperparah kondisi lambung.
  5. Selain itu juga, susu memiliki banyak kandungan yang baik untuk pencernaan. Membantu proses pembuangan virus yang sudah “mati” dan “dikalahkan” oleh sistem imunitas di dalam tubuh. Proses ini nantinya akan mempercepat proses penyembuhan penderita cacar air. Setelah sembuh, baru perhatikan lagi cara agar cacar air tidak berbekas.

Susu memiliki banyak kandungan baik untuk penderita cacar air. Semoga setelah pembahasan yang kami berikan dalam poin di atas, Anda sudah tak ragu lagi mengenai apakah penderita cacar air minum susu diperbolehkan atau malah dilarang ya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Cacar