Sponsors Link

11 Langkah Pencegahan Pruritus Paling Efektif

Sponsors Link

Pruritus atau lengkapnya pruritus senilis ialah penyakit kulit yang dengan sensasi rasa gatal yang menyiksa pengidapnya. Gatal yang timbul memang tergolong tidak terlalu lama, tetapi sangat menyakitkan. Oleh karena itu, agar jangan sampai kita terjangkit penyakit tersebut, kita harus mengetahui langkah-langkah pencegahan pruritus, yaitu:

ads
  1. Menjauhi Penyebab Alergi

Salah satu faktor yang memicu munculnya penyakit pruritus yaitu karena alergi terhadap zat tertentu. Untuk itulah, setiap zat penyebab alergi harus dijauhi dan dihindari untuk meminimalisir terjadinya infeksi pada kulit. Pemakaian perhiasan atau produk kecantikan yang berpotensi mengiritasi kulit juga perlu dihindari. Kurangi juga penggunaan kosmetik yang mengandung pewangi atau parfum. Gejala alergi biasanya berupa ruam merah [pada kulit tapi tidak gatal, atau kulit merah seperti terbakar.

  1. Hindari Kondisi Stress

Rasa gatal berlebihan saat mengidap pruritus atau jenis-jenis penyakit kulit lainnya akan semakin parah jika pengidapnya dalam kondisi stress. Nah, stress dapat dihindari dengan menjalankan relaksasi dengan yoga, meditasi, dan kegiatan lain yang membuat rileks.

  1. Kurangi Intensitas Menggaruk

Keadaan kulit yang telah teriritasi sedikit saja memang membuat gatal dan ingin menggaruknya. Namun, jika terlalu sering digaruk, justru kulit akan semakin meradang dan parah. Untuk itulah, agar pruritus tidak makin parah maka intensitas menggaruk kulit harus dikurangi. Gunakan juga salep untuk pruritus jika gatal tak juga hilang.

  1. Kompres Kulit Menggunakan Air Dingin

Tanda-tanda awal pruritus ialah munculnya rasa gatal pada kulit tubuh. Namun, menggaruk bagian yang gatal justru bakal memperparah keadaan. Untuk itulah lebih baik kompres bagian kulit yang gatal menggunakan air dingin agar rasa gatal menghilang perlahan.

  1. Mandi Air Hangat

Langkah pencegahan pruritus selanjutnya ialah mandi air hangat. Pada air hangat tersebut, bisa juga ditambahkan baking soda atau bahkan oatmeal mentah. Air hangat akan mampu meminimalisir dan mencegah timbulnya pruritus. Oh iya, jangan mandi air hangat saat malam hari.

  1. Pilih Sabun Mandi yang Minim Bahan Kimia

Penggunaan sabun mandi dengan kandungan bahan kimia berat akan menjadikan penyakit pruritus semakin parah dan sulit diobati. Oleh karena itulah, segera ganti sabun mandi dengan yang kandungan bahan kimianya rendah serta tidak beraroma menyengat agar proses pemulihan pruritus semakin cepat.

  1. Jangan Terlalu Lama Mandi

Apabila tubuh terus-terusan gatal, durasi mandi harus dikurangi menjadi paling lama maksimal 20 menit. Terlalu lama mandi akan memperparah kerusakan kulit.

  1. Rajin Memotong Kuku

Kondisi kuku yang terlalu panjang bisa membuat kulit terluka. Untuk itulah, Anda harus rajin memotong kuku agar ketika tak sengaja menggaruk tidak akan menggores kulit. Memotong kuku juga berguna untuk menjaga kebersihan kuku agar tidak ditumbuhi jamur kuku.

  1. Mengurangi Konsumsi Makanan Pedas

Pencegahan pruritus bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan pedas karena makanan pedas bisa memperparah iritasi pruritus. Beralihlah mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit yang tidak pedas seperti buah-buaha dan lain-lain.

Sponsors Link

  1. Menghindari Konsumsi Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol akan mengakibatkan perut sakit dan berdampak ke kondisi kulit yang terjangkit pruritus. Kulit yang teriritasi akan bereaksi berupa kulit sering bentol dan gatal parah ketika pengidapnya mengkonsumsi minuman beralkohol.

  1. Mengerikan Badan Secara Benar

Kondisi badan yang basah karena sehabis berenang, kehujanan, atau mandi harus dikeringkan dengan cara yang benar. Menggesek handuk secara kasar dan serampangan akan memicu parahnya penyakit kulit pruritus. Cara yang benar adalah dengan menepuk-nepuk badan menggunakan handuk secara perlahan.

Nah demikianlah artikel tentang 11 cara pencegahan pruritus yang paling efektif dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari penderitanya. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda dan orang-orang disekitar anda.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan